Koran Jakarta | September 19 2019
No Comments

“Power Full” si SUV Kompak

“Power Full” si SUV Kompak

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Di pasar Indonesia, Jeep menghadirkan mobil terbaru pada segmen SUV kompak. Mobil ini punya kelebihan pada desain, tenaga, fitur yang kaya, dan kemampuan di medan off road ringan.

Meski telah dipasarkan di AS sejak 2008, Jeep Compass baru saja dihadirkan di Indonesia. Generasi kedua Compass dihadirkan oleh APM barunya Hascar sejak Desember 2018 dan mendapat sambutan cukup hangat dari konsumen.

Pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, mobil paling ringan dari jajarak Jeep ini bahkan berhasil terjual sebanyak 28 unit. Hal ini tidak lain karena harga Compass dinilai cukup terjangkau yaitu sebesar 589 juta rupiah (on road Jakarta).

All New 2018 Jeep Compass merupakan Sport Utility Vehicle (SU) kompak Jeep yang sukses. Produksinya dilakukan di empat negara yaitu Meksiko, Brasil, Tiongkok, dan India, dan telah di jual di lebih 100 negara. Untuk yang dipasarkan di Indonesia diproduksi di Ranjangaon, Pune India.

Di bawah APM baru Hascar yang menggantikan Garansindo, perusahaan ini akan serius dalam menangani penjualan merek Jeep. “Sebagai Autorized General distributor Jeep Indonesia Hascar akan tampil all out di sini,” kata CEO Hascar Group Ari Utama, di Jakarta.

Jeep Compass hadir dalam segmen SUV kompak. Mobil dengan penggerak roda depan ini tampil dengan desain segar, tangguh, otentik, dengan kesan premium yang cukup kuat.

Pesaing dari Volkswagen Tiguan, Mini Countryman, Jaguar E-Pace, tidak segarang produk Jeep lain, namun tampil lebih kalem. Namun karakter Jeep masih terlihat pada bagian grill depan menggunakan grill berbentuk segi empat dengan sudut tidak lancip, dari bahan krom. Lampu utama yang sejajara dan berukuran sama dengan grill seakan menyatu.

Lampu utama ini menggunakan LED, dengan sentuhan lampu kabut di bawah. Pada bagian samping SUV ini telihat kekar dengan garis yang tegas. Pada bagian belakang terdapat lampu LED yang memanjang hingga ke pintu.

Meski terlihat kecil namun dimensinya cukup besar. Pajang Compass mencapai 4.392 mm dengan lebar 1.819 mm dan tingginya yang mencapai 1635 mm, dengan ground clearance 198 mm, dengan berat 1.562. Sebagai kendaraan yang dirancang untuk mendukung petualuangan, kapasitas bahan bakar sendiri mencapai 65 Liter.

Dengan mesin 1,4 liter MultiAir Turbo Petrol Engine, yang relatif kecil dengan kapasitas 1.368 cc, tapi kekuatannya 4 mencapai 162 tenaga kuda tergolong cukup besar, dengan torsi mencapai 250 nm. Tenaga tangguh ini disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 7 percepatan.

Sebagai pengusung merek Jeep, Compass dinbekali dengan kak-kaki yang cukup kekar, untuk meredam getaran di jalur non aspal, dengan suspensi jenis coil spring pada roda depan dan belakang. Tidak hanya itu coil spring dikenal kemampuan memikul berat mobil yang besar.

Sietem pengeraman Compass dilengkapi dengan fitur EBD dan ABS yang tentunya mampu memberikan penggereman terbaik di berbagai kondisi jalan. Rodanya menggunakan ukuran ukuran 225/60 dibagian depan dan belakang, dengan pelek R17.

Sebagai kendaraan premiuam SUV ini dibekali dengan banyak fitur. Untuk mendukung hiburan Compass dibekali dengan, layar sentuh, koneksi Bluetooth, soket USB, pemutar CD, audio 2DIN, dan perintah suara. Fitur keamanannya berupa anti theft device, alarm, engine immobilizer dan central looking. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment