13 Mantan Bankir Terbukti Melakukan Kejahatan Keuangan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 11 2019
No Comments
Penegakan Hukum

13 Mantan Bankir Terbukti Melakukan Kejahatan Keuangan

13 Mantan Bankir Terbukti Melakukan Kejahatan Keuangan

Foto : FILIPPO MONTEFORTE/AFP
BANK TERTUA I Warga melintas di depan kantor cabang Bank Monte dei Paschi di Siena, Roma, Italia, beberapoa waktu lalu. Salah satu bank tertua di dunia ini mengalami krisis keuangan akibat kesalahan pengelolanya.
A   A   A   Pengaturan Font

MILAN – Pengadilan Milan, Italia, menjatuhkan vonis bersalah kepada 13 mantan bankir di Bank Monte dei Paschi, Deutsche Bank AG, dan No­mura International Plc karena terbukti melakukan kejahatan keuangan. Peng­adilan juga menyita harta terdakwa se­besar 65 juta euro atau sekitar 71 juta dollar AS dari kasus Bank Deutsche, 88 juta euro dari kasus Bank Nomura, serta masing-masing didenda tiga juta euro dan 3,5 juta euro.

Keputusan yang keluar pada Jumat (8/11) itu setelah persidangan berja­lan selama tiga tahun dan investigasi lebih dari satu setengah tahun oleh kejaksaan Milan atas dua transaksi ke­uangan yang diatur oleh Bank Monte dei Paschi pada 2008, Nomura dan Deutsche Bank pada 2009, serta tran­saksi lain yang membuat Bank Tuscan mengalami masalah finansial.

Bank Monte dei Paschi yang ber­basis di Siena merupakan tertua di dunia, didirikan pada tahun 1472. Hakim memberikan hukuman pen­jara tujuh tahun enam bulan kepada mantan manajer Bank Monte dei Pas­chi, Giuseppe Mussari dan Antonio Vigni, dan lima tahun untuk mantan Manajer Deutsche, Michele Faissola, Michele Foresti, dan Dario Schiraldi. Sementara Sadeq Sayeed dan Raffaele Ricci, mantan bankir Nomura, dijatuhi hukuman antara tiga dan lima tahun.

Kuasa hukum mantan Mana­jer Deutsche, Giuseppe Iannaccone, mengatakan tidak bisa menyembu­nyikan keterkejutan atas putusan itu karena sebelumnya sangat yakin para terdakwa tidak bersalah. Dia mengata­kan para terdakwa akan mengajukan banding atas putusan tersebut. “Kami kecewa dengan putusan itu. Kami akan meninjau alasannya setelah diterbit­kan,” kata juru bicara Bank Deutsche.

Sementara itu, juru bicara Bank Nomura juga menyampaikan keke­cewaan yang sama atas putusan peng­adilan tersebut. “Setelah memeriksa dengan saksama isi putusan, per­usahaan akan mempertimbangkan semua opsi, termasuk banding. Hu­kuman tidak dapat ditegakkan sampai semua banding telah selesai,” ujarnya.

Secara khusus, jaksa menuduh la­poran keuangan Bank Monte dei Pas­chi antara 2008 dan 2012 palsu, dengan pendapatan aktual bank sebanyak 88 persen lebih rendah daripada yang di­ungkapkan dalam rentang waktu itu.

Sumber Masalah

Bank Monte dei Paschi telah se­jak lama menjadi sumber masalah di sistem perbankan Eropa. Selain bertahun-tahun mengalami kerugian jutaan dollar, bank ini terlibat skandal hukum yang berkaitan dengan tran­saksi derivatif yang merusak reputa­si dan akuisisi mahal, menyebabkan bank itu terpuruk.

Pemerintah Italia kemudian me­nyuntikan modal dan mengambil alih­nya. Diketahui, bankir korup berulang kali menghancurkan fondasi finansial nasional. Ironinya, rakyat yang tidak menikmati kredit bank harus menang­gung terus-menerus kredit-kredit ma­cet bank yang salah urus. WSJ/SB/AR-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment