Koran Jakarta | November 12 2019
No Comments

6 Cara untuk Membuat Karyawan Aktif

6 Cara untuk Membuat Karyawan Aktif
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, bawahan saya di kantor bervariasi rentang usianya. Ada yg fresh graduate, tapi ada juga yang menjelang pensiun. Saya yakin mereka semua memiliki potensi yang berbeda-beda yang akan menjadi kekuatan yang luar biasa bila disatukan. Saya ingin mereka lebih aktif menjemput bola. Mohon tipsnya Bu.

Jawaban:

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami apa yang dibutuhkan bisnis Anda dan proyek jangka pendek yang dapat diselesaikan karyawan Anda.

Anda harus mengetahui kekuatan dan kelemahan, serta tujuan mereka untuk bekerja di sana. Ini membutuhkan komunikasi yang terbuka dan jujur.

Langkah selanjutnya adalah membuat rencana aksi dengan proyek dan tujuan realistis untuk setiap karyawan Anda, selalu ingat untuk menulis dan meneruskannya. Setiap orang harus menyadari harapan ini.

Untuk membantu mencapai beberapa tujuan yang realistis, berikut enam cara untuk membuat karyawan Anda aktif, seperti dikutip dari Laruno.id.

1. Meneliti berbagai program dan ide baru

Mintalah mereka mengikuti berita industri terbaru melalui blog, webinar, podcast, dan video. Semakin banyak karyawan Anda belajar, mereka akan menjadi lebih berpengetahuan dengan pelanggan. Ini juga berkontribusi pada pengembangan profesional mereka.

2. Membantu Anda

Waktu istirahat juga merupakan waktu yang tepat untuk meminta karyawan untuk melihat apakah ada yang bisa mereka lakukan untuk membuat hari Anda lebih mudah.

Mereka juga dapat memberi pembaruan tentang peristiwa hari itu atau kemajuan pribadi mereka untuk mencapai tujuan mereka.

3. Pertemuan atau diskusi kelompok

Entah itu dadakan atau direncanakan, salah satu cara yang bagus untuk mengumpulkan tim mengenai acara dan kegiatan, serta membangun hubungan adalah diadakannya pertemuan atau diskusi kelompok. Pertemuan rutin mingguan bisa menjadi salah satu cara untuk meng-update informasi, mengevaluasi kinerja dan memberi booster motivasi untuk karyawan.

4. Tindak lanjuti dengan pelanggan

Perangkat lunak menjadi tempat penjualan Anda yang harus dapat dimanfaatkan untuk memperoleh database daftar nomor telepon pelanggan dan alamat e-mail.

Minta karyawan Anda menjangkau pelanggan terbaru dan secara pribadi periksa untuk melihat apakah pelanggan puas ataukah mereka memiliki masalah dengan pembelian mereka.

5. Jaringan

Hampir semua orang memiliki halaman media sosial dan sering berbagi informasi dengan keluarga dan teman. Karyawan Anda dapat memberikan iklan gratis, mereka juga dapat membantu memperluas basis pelanggan Anda. Word of mouth adalah salah satu strategi pemasaran yang paling ampuh.

6. Berikan pelatihan

Carilah cara untuk melatih karyawan Anda di berbagai bidang bisnis. Ini akan memastikan cakupan tugas ketika seseorang tidak hadir, ini juga akan meningkatkan keterampilan karyawan di berbagai bidang. Latihan juga akan menyegarkan kembali semangat kerja karyawan dan membuat mereka lebih aktif menerapkan keahlian barunya. 

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment