Koran Jakarta | August 19 2019
No Comments
PREDIKSI RUPIAH

Akibat Perang Dagang Memanas

Akibat Perang Dagang Memanas

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

 

 

JAKARTA – Tekanan eksternal, terutama perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, kembali menahan rupiah bergerak ke area positif. Depresiasi tersebut berpotensi berlanjut apabila ketegangan antara kedua negara adi daya tersebut masih meningkat.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Selasa (13/8) sore, masih melanjutkan pelemahan seebsar 75 poin dari sehari sebelumnya menjadi 14.325 rupiah per dollar AS. “Ketidakpastian hubungan dagang Amerika Serikat (AS)–Tiongkok masih menjadi faktor yang mendorong minat investor untuk mengoleksi emas,” kata Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, kemarin.

Pasalnya, lanjut Ibrahim, pada akhir pekan lalu Presiden AS Donald Trump mengatakan dirinya masih belum siap untuk membuat kesepakatan dengan Tiongkok. Beberapa analis memperkirakan jika perang dagang AS-Tiongkok terus tereskalasi bisa menyebabkan perekonomian global jatuh kepada resesi.

Hal itu dikarenakan AS dan Tiongkok merupakan dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Pengaruhnya akan melebar ke seluruh penjuru negeri. 

 

Ant/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment