Koran Jakarta | August 19 2019
No Comments
Layanan Perbankan

Bank BJB Permudah Pembayaran PBB via “Online”

Bank BJB Permudah Pembayaran PBB via “Online”

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Bank BJB menargetkan peningkatan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) seiring bertambahnya fasilitas pembayaran secara online, termasuk melalui aplikasi BJB Digi.

Seperti diketahui, jumlah dana penerimaan PBB-P2 di wilayah Jawa Barat dan Banten yang terhimpun melalui Bank BJB pada 2018 mencapai 3,58 triliun rupiah dengan jumlah transaksi mencapai 9,89 juta nasabah. Sedangkan sepanjang Juli 2019, jumlah dana penerimaan PBB-P2 di wilayah Jawa Barat dan Banten berhasil terhimpun senilai 2,11 triliun rupiah.

“Penerimaan saat ini tumbuh 78,4 persen year on year (secara tahunan),” ujar Direktur IT, Treasury dan Internasional Banking Bank BJB Rio Lanasier dalam konferensi pers di Kantor Pusat Bank BJB, Selasa (13/8).

Menurutnya, inovasi dan upaya perusahaan memberikan kemudahan pembayaran pajak saat ini bagi masyarakat diharapkan dapat meningkatkan penerimaan pajak daerah setiap tahunnya. Aplikasi terbaru itu juga membantu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang akan melakukan transaksi perbankan atau akses layanan publik melalui kanal perbankan.

“Dengan berbagai kemudahan akses layanan ini, masyarakat dihimbau untuk melakukan pembayaran diawal sebelum jatuh tempo karena ketika menjelang jatuh tempo terjadi penumpukan antrian pembayaran dan beban loading sistem karena volume transaksi yang sangat banyak dengan jatuh tempo pembayaran bersamaan periode Agustus Oktober pada setiap tahunnya,” kata dia.

 

Fasilitas Digital

 

Direktur Operasional Bank BJB Tedi Setiawan menambahkan dalam pembaruan fasilitas Iayanan bjb Digi terdapat fitur QR Payment (transfer on us). Selain pembaruan fasilitas pada Iayanan bjb Digi, pembaruan fasilitasjuga ditambahkan dalam situs web resmi bank bjb.

Fitur Chatbot dalam situs web resmi Bank BJB ini merupakan Iayanan perbankan berbasis aplikasi chatting yang dapat diakses Iangsung oleh pengguna secara mobile untuk mengetahui informasi mengenai Bank BJB serta Iayanan dan promosi yang ditawarkan Bank BJB.

“Inovasi juga dilakukan dalam Iayanan E-Tax Bank BJB untuk menyetorkan PBB P2, dimana kami sudah bekerjasama dengan Layanan Penerimaan Pajak Daerah dengan Provinsi DKI Jakarta dan 34 Kota dan Kabupaten wilayah Jawa Barat dan Banten serta 2 Kota di luar wilayah Jabar dan Banten (Kota Batam dan Kota Pekanbaru),” jelasnya. 

 

tgh/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment