Bawaslu Bantul Awasi Proses Pembentukan PPK | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 27 2020
No Comments
JEDA

Bawaslu Bantul Awasi Proses Pembentukan PPK

Bawaslu Bantul Awasi Proses Pembentukan PPK

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

BANTUL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantul mulai mengawasi proses pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul 2020 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Diimbau KPU Bantul dalam merekrut PPK sesuai tahapan, waktu serta tempat, yang itu semua dilakukan secara terbuka dan transparan.

“Pada 15 Januari 2020, panitia pengawas kecamatan (Panwascam) telah mulai mengawasi pelaksanaan pengumuman pembukaan pendaftaran seleksi calon anggota PPK di seluruh wilayah kecamatan di Bantul,” kata Ketua Bawaslu Bantul, Harlina, di Bantul, Jumat (17/1).

Menurut Harlina, pengawasan pengumuman seleksi anggota PPK dilakukan pada 15 sampai 17 Januari 2020 untuk memastikan agar pengumuman pendaftaran dilaksanakan di tempat-tempat yang mudah dijangkau maupun diakses publik. Bawaslu Bantul dan jajarannya berusaha memastikan proses pendaftaran seleksi calon anggota PPK dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Harlina menjelaskan pada prinsipnya penyelenggara pemilihan harus berpedoman pada 13 asas yaitu mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi, efektivitas, dan aksesibilitas. 

 

YK/N-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment