Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | October 2 2020
iklan koran jakarta

Daya Beli Masyarakat Semakin Merosot

Jumat 2/10/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Inflasi inti yang tetap rendah menandakan pengaruh permintaan domestik belum kuat. » Kalau deflasi berlanjut akan mematikan produsen karena tidak sanggup jual...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Ikke Nurjanah Didapuk Jadi Duta dan Popolerkan Lagu "Gizi Seimbang"

Jumat 2/10/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta  Penyanyi dangdut Ikke Nurjanah didapuk Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia untuk mempopulerkan lagu dan menjadi duta "Gizi Seimbang" sebagai upaya mengkampanyekan konsumsi makanan bergizi yang seimbang di masyarakat.

Ketua Pergizi Pangan Indonesia Prof. Dr. Hardinsyah menyebutkan sampai saat ini fakta menunjukkan penerapan gizi seimbang di masyarakat belum optimal, masih dijumpai berbagai masalah gizi kurang dan gizi lebih, termasuk anemia, stunting dan obesitas, seperti diungkap dalam Riskesdas 2018.

"Juga masalah terkait dengan perilaku makan, perilaku hidup bersih dan sehat, serta penyakit-penyakit yang berkaitan dengan kekurangan dan ketidak-seimbangan
zat gizi serta kurang aktifitas fisik," katanya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Untuk itu pihaknya membuat promosi konsumsi gizi seimbang melalui berbagai media seperti poster, iklan, video, games dan lagu agar dapat diterima di masyarakat.

Lagu Gizi Seimbang yang di launching pada 30 September 2020, bermula dari kegiatan Lomba Cipta Media Gizi Seimbang yang dilakukan Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia tahun 2015.

Hardinsyah mengakui dalam perkembangannya, berbagai lagu pemenang lomba tersebut telah sering diperdengarkan di berbagai kegiatan seminar dan edukasi gizi, meskipun demikian, lagu tersebut belum popular di masyarakat.

"Oleh karena itu, kami bermaksud mempopulerkannya. Mengingat bahwa genre dangdut cenderung diterima luas di berbagai kalangan masyarakat Indonesia," ujarnya.

Untuk itu pada 2020, pihaknya berinisiatif bekerjasama dengan penyanyi dangdut nasional, Ikke Nurjanah, untuk mengaransemen ulang, menyempurnakan lirik termasuk mengenalkan istilah isi piringku, dan menyanyikan kembali lagu "Gizi Seimbang" sebagai media pendidikan gizi seimbang dan hidup sehat bagi masyarakat Indonesia.

Proses aransemen ulang lagu “Gizi Seimbang” dilakukan oleh Eron Momon sebagai music arranger, rekaman musik oleh tim pemusik, serta rekaman vokal oleh Ikke Nurjanah telah diselesaikan pada Maret 2020.

Selain dari pembaruan musik, lirik lagu “Gizi Seimbang” juga mengalami sedikit perubahan dari lirik awal untuk lebih mencerminkan makna “Gizi Seimbang” dan “Isi Piringku” secara utuh.

Selanjutnya, video klip lagu Gizi Seimbang pun dipersiapkan. Sebagai upaya untuk lebih mempopulerkan lagu ini serta kebiasaan aktifitas fisik sebagai salah satu pilar gizi seimbang maka dirancanglah empat buah video edukasi gizi seimbang.ant/P-4

 

Tampilkan Semua

Daya Beli Masyarakat Semakin Merosot

Jumat 2/10/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Inflasi inti yang tetap rendah menandakan pengaruh permintaan domestik belum kuat. » Kalau deflasi berlanjut akan mematikan produsen karena tidak sanggup jual rugi produknya.   JAKARTA – Penurunan harga...
Selengkapnya

Pemerintah Mulai Ganggu Independensi BI

Jumat 2/10/2020 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Rencana pemerintah dan DPR merevisi Un­dang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indone­sia (BI) dinilai sebagai salah satu upaya untuk mengganggu independensi Bank Indonesia (BI) sebagai otoritas mo­neter...
Selengkapnya

Puncak Penularan Covid-19 Tidak Bisa Diprediksi

Jumat 2/10/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Angka tersebut akan turun saat perilaku masyarakat kompak menjalankan protokol kesehatan.   JAKARTA – Puncak kasus Covid-19 tidak bisa diprediksi. Hal itu sangat bergantung ke­pada kepatuhan masyarakat dalam menerapkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Kementerian Luar Negeri Rumuskan Kurikulum Batik untuk Para Diplomat

Jumat 2/10/2020 | 00:05
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri RI melaksanakan langkah inovasi dalam menyongsong Hari Batik Nasional ke-11. Selama 2 (dua) hari berturut-turut, dengan menjadi tuan rumah untuk Focus Group Discussion (FGD) atau Diskusi Kelompok Terpumpun dengan menggandeng berbagai tokoh terkemuka dari industri batik Indonesia.

Kementerian Luar Negeri yang telah menjadikan batik sebagai bagian dari diplomasi Indonesia, memperhatikan bahwa saat ini, industri batik sedang menghadapi berbagai tantangan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, melakukan beberapa inisiatif untuk dapat berperan lebih dalam mengembangkan industri batik sangat diperlukan.

“Salah satu cara adalah melakukan pengarusutamaan batik ke dalam kurikulum yang dapat membuat suatu ekosistem untuk mendorong kesempatan-kesempatan untuk meningkatkan industri batik, Outcome dari hal ini adalah melahirkan para stakeholder, policymaker untuk menciptakan ekosistem yang baik untuk industri batik,” ujar Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar dalam Pembukaan dari FGD daring dengan tema “Mainstreaming Batik in Diplomatic and Training Curriculum and Tailor-Made Courses for Indonesian Diplomats and Officials” di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Luar Negeri pada Kamis (1/10) seperti dikutip dari laman kemlu.go.id.

Diharapkan Kurikulum yang dirumuskan akan berperan sebagai modalitas untuk para Diplomat dalam mempromosikan Batik di Perwakilan-perwakilan Republik Indonesia di luar negeri. Diharapkan usaha ini akan membangun kontribusi langsung bagi industri batik termasuk mereka yang berada di daerah terpencil.

Dipandu oleh Dr. Yayan GH Mulyana, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Luar Negeri. FGD tersebut membahas 9 (Sembilan) topik utama dari melestarikan nilai budaya batik hingga pendidikan, beasiswa dan kerja sama kewirausahaan terkait industri batik.

Narasumber dengan beragam latar belakang turut berkontribusi mulai para duta besar, pejabat pemerintah, tokoh di bidang batik, desainer, pelaku usaha kecil dan menengah, akademisi, Yayasan Batik Indonesia dan perwakilan dari Kedutaan Besar Australia dan Kantor UNESCO di Jakarta.

Dalam persiapan menyambut Hari Batik Nasional ke-11, Kementerian Luar Negeri telah menyiapkan beberapa aktivitas untuk mengintensifkan promosi batik sebagai bagian yang terintegrasi dengan diplomasi Indonesia.

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Webinar bertajuk Batik sebagai Warisan Budaya dan Aset Ekonomi Kreatif Indonesia (28/08) yang dibuka oleh Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar, diikuti tabletop sale UMKM untuk mengkampanyekan produk buatan Indonesia dengan tagar #BanggaBuatanIndonesia.

Acara yang bertujuan untuk menyediakan kontribusi langsung bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 menghasilkan penjualan online UMKM sebesar 2.595.821.910 rupiah. I-1

 

Tampilkan Semua

Menlu RI: Covid-19 Momentum Dunia Perkuat Sistem Kesehatan Global Hadapi Pandemi di Masa Depan

Jumat 2/10/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pandemi Covid-19 terus memperlihatkan betapa tidak siapnya kita semua dalam menghadapi pandemi. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi saat menjadi pembicara kunci pada pertemuan Sustainable Preparedness...
Selengkapnya

AS Blokir Impor CPO dari Perusahaan Malaysia FGV Holdings Bhd

Jumat 2/10/2020 | 00:02
A   A   A   Pengaturan Font
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) memblokir impor minyak kela­pa sawit (crude palm oil/CPO) dan produk turunannya dari Malaysia. Produk yang diblokir tersebut dipro­duksi oleh perusahaan CPO terbesar di dunia, FGV Holdings...
Selengkapnya

Senat AS Sahkan RUU Pendanaan Sementara

Jumat 2/10/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
WASHINGTON – Senat Amerika Serikat mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendanaan Sementara untuk mendanai pemerin­tah hingga Desember 2020. Pengesahan ini bertujuan un­tuk menghindari penutupan pemerintah Amerika...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

4 Kasus Baru Covid-19 Dideteksi di Kulon Progo

Senin 28/9/2020 | 09:27
A   A   A   Pengaturan Font

KULON PROGO - Empat kasus baru Covid-19 dideteksi di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu (27/9) sehingga jumlah akumulatif kasus infeksi virus korona tipe baru di wilayah itu bertambah menjadi 164 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati, di Kulon Progo, Senin (28/9), mengatakan empat pasien yang baru dikonfirmasi terserang Covid-19 terdiri atas lelaki 45 tahun warga Galur, perempuan 62 tahun warga Wates, pria 54 tahun warga Kalibawang, dan pria 38 tahun warga Pengasih.

Menurut dia, satu dari pasien yang baru dirawat di Rumah Sakit Panembahan Senopati, satu dirawat di Rumah Sakit dr Sardjito, satu dirawat di RSPKU, dan satu menjalani isolasi mandiri.

Tiga dari empat pasien itu punya riwayat kontak dengan pasien Covid-19 dan satu lainnya punya riwayat perjalanan dari Bekasi. Baning mengatakan penelusuran riwayat kontak empat pasien baru itu telah dilakukan untuk mencegah penularan lebih lanjut.

Ia mengatakan jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 di Kulon Progo pada Minggu (27/9) juga bertambah empat, semuanya warga Wates.

"Dalam dua hari terakhir, sembilan pasien yang sembuh. Kita berdoa, semoga pasien yang masih dirawat juga segera sembuh," katanya.

Menurut data terkini pemerintah, jumlah akumulatif pasien yang dikonfirmasi sakit Covid-19 di Kulon Progo sebanyak 164 orang dengan perincian 20 orang menjalani isolasi di rumah sakit, 45 orang menjalani isolasi mandiri, 95 orang sudah sembuh, dan empat orang meninggal dunia.

Di wilayah kecamatan/kapanewon, kasus Covid-19 paling banyak dilaporkan di Wates dan Pengasih dengan masing-masing 26 kasus disusul Kokap (25), Lendah (21), Temon (19), Sentolo (19), Galur (13), Panjatan (5), Nanggulan (4), Kalibawang (3), dan Samigaluh (2).

"Sampai hari ini, ada satu kecamatan/kapanewon yang nol kasus, yakni Girimulyo," kata Baning. Ant/N-3

Tampilkan Semua

Muara Berbagai Bantuan Sosial

Rabu 26/8/2020 | 13:21
A   A   A   Pengaturan Font
Bantuan sosial (bansos) merupakan salah satu jaring pengaman sosial masyarakat terdapak pandemi, saat ini Covid-19. Langkah ini juga sebagai upaya menekan peningkatan jumlah orang miskin. Bantuan juga diharapkan dapat mengungkit daya...
Selengkapnya

BukuKas Galang Dana untuk Digitalisasi UMKM Indonesia

Selasa 25/8/2020 | 18:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - BukuKas, aplikasi keuangan digital untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia mengumumkan putaran pendanaan Pra-Seri A sebesar 9 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan 134 miliar rupiah. Pendanaan...
Selengkapnya

Facebook Blokir Pendukung Presiden Jair Bolsonaro secara Global

Minggu 2/8/2020 | 17:33
A   A   A   Pengaturan Font
  Brasilia - Facebook menyatakan pada Sabtu (1/8) bahwa pihaknya melakukan pemblokiran secara global terhadap akun-akun tertentu yang dikelola oleh pendukung Presiden Brazil Jair Bolsonaro yang terlibat dalam penyelidikan berita...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

Pelaku Pariwisata Sepakat Protokol Kesehatan Sebagai Harga Mati

Jumat 2/10/2020 | 05:30
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Pelaku pariwisata mencakup maskapai penerbangan, agen perjalanan, serta pengusaha hotel dan restoran, sepakat menerapkan serta menjalankan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19  adalah " harga mati" agar masyarakat percaya kembali melakukan perjalanan.

"Semester pertama 2020 merupakan tahun berat bagi industri penerbangan dan semua sektor industri, terlihat dengan anjloknya jumlah penumpang," kata Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) Denon Prawiraatmadja dalam Webinar Bincang Santai: Amankah Untuk Berlibur Sekarang? di Jakarta, Kamis (1/10).

Menurut Denon, sektor pariwisata, khususnya industri penerbangan, merupakan sektor yang juga ikut membangkitkan perekonomian nasional mengingat akan memberikan pergerakan bagi penumpang dan barang/logistik ke berbagai penjuru daerah.

Oleh sebab itu, kata dia, sebagai upaya untuk menjaga kepercayaan masyarakat menggunakan pesawat akan sehat dan aman, pihak maskapai terus melakukan kampanye dan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat.

Pihaknya bersama seluruh pemangku kepentingan sektor pariwisata dalam beberapa bulan ke depan akan menggencarkan kampanye keselamatan dan kesehatan penerbangan, apalagi menjelang liburan akhir tahun yang biasanya terjadi peak season.

"Menjelang liburan akhir tahun yang biasanya peak season kita akan terus menggencarkan sosialisasi keselamatan dan kesehatan penerbangan kepada masyarakat," katanya seperti dikutip Antara.

Sekjen Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran mengatakan hampir semua hotel dan restoran alami pukulan telak saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, yang terlihat dengan turunnya tingkat okupansi hotel.

"Contohnya adalah setiap ada kebijakan yang dilakukan di Ibu Kota Jakarta dilakukan seperti PSBB, maka dampaknya langsung terasa yakni okupansi hotel anjlok," katanya.

Sama seperti di industri penerbangan, pihak PHRI juga telah mensyaratkan kepada anggotanya untuk patuh menjalankan protokol kesehatan di hotel dan restoran, sehingga memberikan rasa nyaman dan aman bagi tamu.

"Sektor pariwisata membutuhkan suatu kepercayaan dari masyarakat. Kalau masyarakat tak percaya bagaimana mereka akan bepergian dengan rasa aman," kata Maulana.

Ketua Bali Tourism Board (BTB) IB Agung Partha Adnyana mengatakan saat ini setidaknya sudah ada 425 hotel di Bali yang tersertifikasi menjalankan protokol kesehatan, sehingga diharapkan wisatawan merasa nyaman dan aman saat berwisata ke Pulau Dewata.

Seluruh pemangku kepentingan pariwisata di Bali menyadari bahwa perekonomian daerah tersebut sangat bergantung pada sektor pariwisata, sehingga menjalankan protokol kesehatan merupakan keharusan yang harus dilakukan.bud/E-9

 

Tampilkan Semua

Pelaku Pariwisata Sepakat Protokol Kesehatan Sebagai Harga Mati

Jumat 2/10/2020 | 05:30
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Pelaku pariwisata mencakup maskapai penerbangan, agen perjalanan, serta pengusaha hotel dan restoran, sepakat menerapkan serta menjalankan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19  adalah " harga mati" agar masyarakat...
Selengkapnya

Uang Muka Pembelian Kendaraan Berwawasan Lingkungan Dihapus

Jumat 2/10/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Bank Indonesia (BI) menghapus uang muka bagi pembelian secara kredit atau pembiayaan kendaraan bermotor kepada konsumen yang hendak membeli kendaraan bermotor berwawasan lingkungan menjadi nol persen. Kepala Departemen...
Selengkapnya

Sinergi Bisnis

Jumat 2/10/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Aktivitas Penerbangan di Bandara Sultan Hasanuddin Meningkat 49,47 Persen

Jumat 2/10/2020 | 05:15
A   A   A   Pengaturan Font

MAKASSAR- Aktivitas penerbangan domestik baik yang datang, berangkat dan transit di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada periode Agustus 2020 mengalami peningkatan 49,47 persen.

“Dari Juli ke Agustus 2020 itu ada peningkatan aktivitas penerbangan domestik di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar yakni dari 326.854 penumpang menjadi 488.538 orang. Kalau secara persentase itu 49,47 persen,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan Yos Rusdiansyah di Makassar, Kamis (1/10).

Ia mengatakan, selama Agustus 2020 tidak ada penumpang internasional yang datang, berangkat dan transit di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Kondisi tersebut, kata dia, dikarenakan kebijakan beberapa negara yang melarang penerbangan internasional di tengah situasi global yang masih diliputi kecemasan karena belum ditemukannya vaksin Covid-19.

Yos Rusdiansyah menyatakan, aktivitas penerbangan domestik bisa meningkat karena adanya pelonggaran kebijakan pada penerbangan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

"Kenapa peningkatannya cukup besar untuk penerbangan domestik karena adanya pelonggaran kebijakan, tetapi itu pun harus dibayar dengan protokol kesehatan yang ketat," katanya seperti dikutip Antara.

Untuk jumlah penumpang domestik di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin yang datang (arrival) pada bulan Agustus 2020 adalah 236.057 orang atau mengalami kenaikan sebesar 44,24 persen dibandingkan dengan jumlah pada bulan Juli 2020 sebanyak 163.658 orang.

Sementara jika membandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya mengalami penurunan sebesar 44,93 persen atau dari 236.057 orang pada Agustus 2020 berbanding 428.651 penumpang pada Agustus 2019.

Untuk jumlah penumpang domestik yang berangkat (departure) dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada bulan Agustus 2020 berjumlah 134.060 orang atau naik 67,67 persen dibandingkan dengan jumlah pada bulan Juli 2020 (79.957 orang).

Jika membandingkan jumlah penumpang secara tahunan atau year on year (yoy) pada Agustus 2019 sebanyak 291.482 orang atau terjadi penurunan 54,01 persen.

"Kalau yang datang perbandingannya secara month to month itu turun 44,93 persen. Yang berangkat juga meningkat 67,67 persen," katanya.

Yos Rusdiansyah menambahkan, untuk penumpang transit pada Agustus 2020 berjumlah 118.421 orang atau naik sebesar 42,27 persen dibandingkan dengan kondisi bulan Juli 2020 (83.239 orang).

Namun mengalami penurunan sebesar 37,80 persen dibandingkan kondisi bulan Agustus 2019 yakni sebanyak 190.390 orang.bud/E-9

Tampilkan Semua

Agustus, Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Sumut Anjlok 86,15 Persen

Jumat 2/10/2020 | 05:10
A   A   A   Pengaturan Font
MEDAN- Jumlah kedatangan wisatawan mancanegara ke Sumatera Utara (Sumut) hingga Agustus 2020 anjlok 86,15 persen dibanding periode sama 2019 akibat pandemi Covid-19. Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut,...
Selengkapnya

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Pacu Pembangunan Jalan Wisata

Jumat 2/10/2020 | 05:05
A   A   A   Pengaturan Font
RANTEPAO- Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, menargetkan pembangunan jalan menuju tempat-tempat wisata akan dituntaskan sampai 70 persen pada 2021. Dalam kunjungan kerjanya di Toraja Utara, Kamis (1/10), dia mengatakan bahwa...
Selengkapnya

Kelompok Tani Kaifo Binaan BI di NTT Terapkan Digital Farming

Kamis 1/10/2020 | 16:51
A   A   A   Pengaturan Font
KUPANG- Kelompok Tani Kaifo Ingu yang merupakan binaan Bank Indonesia (BI) wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan pemasangan sensor tanah dan cuaca di lokasi lahan kelompok tersebut di Airbauk, Kelurahan Babau, Kecamatan Kupang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Pasar Kendaraan Hybrid Makin Menjanjikan

Selasa 29/9/2020 | 17:57
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA-Direktur Marketing PT. Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandi optimistis pasar kendaraan hybrid ke depannya semakin menjanjikan. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir permintaannya meningkat signifikan. Bahkan selama pandemi ini, permintaannya tetap tinggi.

Tren itu sangat berubah dibanding sepuluh tahun lalu yang mana demand kendaraan lebih ramah lingkungan ini masih sangat kecil. Jika selama pandemi saja permintaannya tetap bagus, apa lagi kalau tidak ada pandemi.

“Kami melihat marketnya sangat prospektif ke depannya. Tiga tahun terakhir demand-nya sangat meningkat, jauh dibanding sepuluh tahun lalu,”ungkap Anton Jimmy saat menggelar Workshop Wartawan Industri di Jakarta, Selasa (29/9).

Anton mencontohkan penjualan Corolla Cross yang  penjualan sebulannya di luar perkiraan manajemen. Perkiraan awal penjualannya hanya 200 unit sebulan, namun faktanya ternyata sebanyak 500 unit.

Hal yang sama juga untuk varian lainnya seperti Toyota Camry, yang mana setelah diluncurkan permintaan untuk jenis Hybridnya langsung melejit hingga 15 sampai 20 persen dari total penjualan. Kondisi yang sama juga dengan Toyota CHR.

Lebih lanjut Anton menjelaskan soal kondisi pasar saat ini. Dirinya mengakui market benar-benar drop pada April selama pekan-pekan awal pandemi Covid-19, namun sejak Juni sudah berangsur-angsur pulih hingga Agustus.

“Market share bahkan meningkat menjadi 31,7 persen pada Agustus kemarin. Jika dibandingkan Agustus 2019 peningkatan market  share-nya hanya 13,4 persen,”tambah Anton.

Di saat pandemi ini perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Selain dengan cara peluncurkan produk baru juga skema promo dan marketing digital yang harus benar-benar sampai di konsumen.

“Selama pandemi ini konsumen yang membeli dengan menjadikan promo digital sebagai medium mencapai 4-5 persen. Info awalnya melalui digital, lalu merela follow up,”terang Anton

Ketika ditanya soal target penjualan tahun ini, Anton pesimis jika penjualannya bisa mencapai 600 ribu unit sesuai dengan prediksi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). “Rupanya di bawah itu (600 ribu), namun harapannya sampai 550 ribuan ke ataslah,”harapnya.

Kembangkan Properti

Wakil Presiden Astra Properti Nilawati Irjani, menambahkan sebagai pilar ketujuh bisnis Astra, perusahaannya tetap menjalankan bisnis di tengah pandemi, termasuk pengembangan untuk sejumlah properti di beberapa titik di Jakarta.

“Kita tetap kerjakan agar bisa selesai sesuai target. Tentu ada penyesuian juga termasuk standar kesehatan yang diterapkan di properti kita,”pungkas Nilawati. ers/E-9

Tampilkan Semua

VW ID4 akan Lebih Lama Masuk ke Pasar Asia

Minggu 20/9/2020 | 14:05
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Calon konsumen mobil listrik (electric vehicle/EV) Volkswagen di Asia tampaknya harus lebih lama menunggu kehadiran sport utility vehicle (SUV) VW ID4, karena perusahaan Jerman itu memilih Eropa dan Amerika sebagai pasar...
Selengkapnya

Tesla Menang Gugatan Kasus Pencurian Data Oleh Mantan Pegawai

Sabtu 19/9/2020 | 19:55
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Produsen mobil listrik AS, Tesla, memenangkan gugatan atas mantan pegawainya yang didepak dari perusahaan karena meretas data kemudian mengirimkan informasi itu kepada perusahaan pihak ketiga, menurut dokumen pengadilan pada...
Selengkapnya

Sepeda BMX Lahir Kembali dengan Penggerak Listrik

Minggu 13/9/2020 | 13:16
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Jika Anda mengingat sepeda BMX yang sempat populer di era 1990-an, kini sepeda berjenis urban lifetyle itu muncul kembali dengan fitur motor listrik. Perusahaan sepeda asal AS, Zooz Bikes, merilis tiga sepeda listrik bermodel...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun ke-22 Google

Minggu 27/9/2020 | 22:17
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Google genap berusia 22 tahun, yang dirayakan lewat Google Doodle hari ini dengan tema pembatasan sosial, yang sangat berkenaan dengan situasi pandemi saat ini.

Diketahui dari laman Doodles, Minggu (27/9), doodle perayaan ulang tahun Google kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Pada ulang tahun ke-10, ke-13 dan ke-18, misalnya, masing-masing huruf "Google" meniup lilin dan balon bersama-sama. Sementara, pada doodle tahun ini, tampak huruf "G" sedang merayakan ulang tahun, lengkap dengan topi, kado serta kue ulang tahun, bersama dengan huruf lain pada kata "Google," namun dilakukan lewat panggilan video.

Dalam laman Doodle, Google juga menceritakan kisah kelahiran perusahaan tersebut. Kisah Google berawal dari kampus Stanford, di mana sang pendiri, Larry Page dan Sergey Brin bertemu.

“Sebagai mahasiswa pascasarjana, keduanya berupaya meningkatkan cara orang berinteraksi dengan kekayaan informasi di World Wide Web (www.). Pada 1998, lahirlah Google,” demikian seperti dilansir Antara, Minggu.

Sedangkan, kata "Google" diambil dari "googol," konsep bilangan digit 1 diikuti oleh seratus nol. Sebutan ini dungkapkan 1920 oleh Milton Sirotta, keponakan dari ahli matematika Amerika Edward Kasner.

Kasner kemudian mempopulerkan konsep ini dalam bukunya "Mathematics and the Imagination" pada 1940. Selanjutnya, pada 2006, kata "Google" secara resmi ditambahkan ke Kamus Inggris Oxford sebagai kata kerja.

Google Doodle perayaan ulang tahun ke-22 Google ini menjangkau seluruh dunia.

Sementara itu, saat membuka laman Google Search hari ini, logo Google juga menjadi lebih semarak dengan taburan konfeti, huruf "G" mengenakan topi ulang tahun dan huruf "O" kedua berubah menjadi kado ulang tahun. I-1

Tampilkan Semua

Google Meet Gratis Batasi Rapat Hingga 60 Menit Mulai Akhir Bulan

Minggu 27/9/2020 | 22:10
A   A   A   Pengaturan Font
  JAKARTA - Google akan mulai mengenakan biaya untuk Meet mulai 30 September, dan setelah itu versi gratis untuk layanan konferensi video tersebut akan dibatasi tidak lebih dari 60 menit. Hal itu dipastikan Google kepada The...
Selengkapnya

Apple Kabarnya akan Hadirkan iPhone 12 Mini

Minggu 27/9/2020 | 21:40
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Apple akan mengumumkan empat iPhone baru akhir tahun ini, salah satu dari ponsel tersebut kabarnya akan dinamai "iPhone 12 mini." Julukan "mini" menjadi hal baru bagi iPhone, sementara Apple sebelumnya telah memanggil...
Selengkapnya

Nokia C1, Ponsel Tak Sampai 1 Juta Rupiah

Sabtu 26/9/2020 | 18:04
A   A   A   Pengaturan Font
  JAKARTA - HMD Global Indonesia meluncurkan ponsel entry level Nokia C1, dijual tidak sampai 1 juta rupiah. "Seiring kebutuhan konsumen di Indonesia untuk meng-upgrade dari ponsel fitur ke smartphone, kami ingin memastikan yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Topping Off Hotel Episode Serpong

Jumat 28/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Hotel Episode merupakan hotel berbintang empat yang terletak di Gading Serpong yang dikenal sebagai kota satelit yang ramai, terletak di lokasi yang strategis karena dekat dengan pusat pameran terbesar di Indonesia yakni ICE BSD dan berjarak 40 menit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 
 
Hotel ini mulai dibangun dari 9 Desember 2017 dan akan beroperasi pada semester pertama di tahun 2021. Nantinya, Hotel Episode Gading Serpong akan dikelola oleh hospitality management yaitu JHL Collections yang merupakan salah satu unit bisnis dari JHLGroup.
 
Hotel dengan interior yang unik ini menghadirkan konsep kebudayaan Banten ditengah bangunan seluas 55.000 m2. Provinsi Banten yang kental dengan kebudayaan lokalnya yakni Baduy dan Peranakan serta topologi yang bervariasi menjadi inspirasi utama yang dituangkan dalam konsep perhotelan dan desain Hotel Episode Gading Serpong.
 
Dengan hal itu maka para tamu akan disuguhkan pengalaman yang unik. Episode akan membawa para wisatawan mengenal lebih jauh tentang Banten dengan beragam aktivitas terkait kebudayaan Banten di dalam area hotel hingga paket wisata kebudayaan di daerah Banten. 
 
Terdapat 320 kamar yang memiliki 2 konsep utama yakni Baduy dan Peranakan dengan beberapa tipe, diantaranya adalah Deluxe Room, Family Room,dan Junior Suite untuk masing-masingkonsep.
 
Bangunan 28 lantai ini memiliki fasilitas yang lengkap, terdapat Ballroom dan Exhibition Hall dengan kapasitas 1000 pax yang dapat digunakan untuk acara pernikahan, ulang tahun, gathering, dan pameran. Selain itu, terdapat Mini Ballroom, 8 meeting rooms, swimming pool, gym, spa, gift shop, dan organic shop.
 
Episode juga mempunyai restoran dengan pengalaman bersanta pall day dining dan hotel ini akan mengenalkan makanan khas lokal banten di menu breakfast maupun a la carte.
 
Sesuai dengan makna kata Episode yaitu sepenggal peristiwa dalam kehidupan manusia yang berarti, managemen berharap pengalaman tamu saat menginap, menikmati layanan dan sajian di Hotel Episode Gading Serpong ini menjadi pengalaman yang berarti dalam hidup mereka. mza
 
” Unfolding history and retelling the story” – Hotel Episode Gading Serpong
Tampilkan Semua

Di Tengah Pandemi, Struktur Pencakar Langit St Regis Selesai Dibangun

Senin 17/8/2020 | 18:58
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Meski sempat terhambat oleh kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19, PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN) anak usaha Rajawali Property Group (RPG) akhirnya berhasil menyelesaikan...
Selengkapnya

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut...
Selengkapnya

Pandemi Covid-19 Bakal Pengaruhi Desain Interior

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 dinilai bakal mampu menelurkan ide baru dan memengaruhi adanya perubahan dalam desain interior, baik untuk hunian maupun perkantoran. Selain itu, adanya pola hidup untuk selalu menjaga kebersihan juga akan menjadi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Petenis Muda Kanada, Leylah Fernandez Taklukkan Hercog di French Open

Jumat 2/10/2020 | 05:25
A   A   A   Pengaturan Font

PARIS- Petenis berusia 18 tahun asal Kanada Leylah Annie Fernandez melaju ke putaran ketiga French Open 2020 setelah menaklukkan Polona Hercog dari Slovenia dalam tiga set dengan kedudukan 6-4, 3-6, 6-1 pada Kamis (1/10).

Kemenangan tersebut menambah catatan prestasi Fernandez, yaitu untuk pertama kalinya dia mencapai putaran ketiga turnamen Grand Slam, demikian dikutip dari Reuters, Kamis.

Permainan Fernandez yang santai namun tetap akurat saat itu rupanya cukup membuat Hercog frustasi. Pemain berusia 29 tahun itu bahkan sempat melampiaskan kekesalannya kepada raketnya pada pertengahan set ketiga dan mendapatkan peringatan.

Saat ini, Fernandez menjadi atlet termuda yang tersisa pada babak penyisihan Roland Garros 2020. Petenis belia lainnya, yakni Clara Tauson asal Denmark terhenti pada putaran kedua setelah ditumbangkan oleh petenis Amerika Serikat Danielle Rose Collins dengan skor 2-6, 3-6.

French Open 2020 merupakan turnamen Grand Slam ketiga yang diikuti Fernandez. Sebelumnya, dia kalah pada putaran pertama Australian Open 2020. Kemudian di turnamen US Open tahun ini, dia hanya mencapai putaran kedua.Ant/E-9

Tampilkan Semua

Kvitova Puas Atasi Paolini Dua Set Langsung di French Open

Jumat 2/10/2020 | 05:20
A   A   A   Pengaturan Font
PARIS- Unggulan ketujuh Petra Kvitova mengaku puas dengan hasil yang didapat pada babak kedua French Open dengan kemenangan dua set langsung 6-3, 6-3 atas petenis Italia Jasmine Paolini di Paris, Perancis, Kamis (1/10). Dengan...
Selengkapnya

Dominan, Lakers Tundukkan Miami Heat di Gim 1 Final NBA

Kamis 1/10/2020 | 20:40
A   A   A   Pengaturan Font
ORLANDO - Anthony Davis mencetak 34 poin ditambah sembilan rebound untuk mengantarkan Los Angeles Lakers menang 116-98 melawan Miami Heat dalam pertandingan pertama Final NBA Rabu malam waktu setempat atau Kamis (1/10) pagi WIB di...
Selengkapnya

Menpora Optimistis Liga 1 Bergulir November

Kamis 1/10/2020 | 20:17
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali berharap kelanjutan Liga 1 musim ini dapat menemui titik cerah dalam sebulan ke depan. Dia optimistis kompetisi bisa bergulir pada November 2020. “PSSI menunda Liga 1...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

Konflik Wilayah Nagorno-Karabakh

Kamis 1/10/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di bawah hukum internasional, Nagorny-Karabakh diakui sebagai bagian dari Azerbaijan.

Pertempuran antara pasukan Azerbaijan dan Armenia memasuki hari keempat pada Rabu (30/9). Pertempuran bahkan telah menyebar jauh melampaui perbatasan di Nagorno-Karabakh. Puluhan prajurit dari kedua belah pihak tewas.

Pemimpin Armenia maupun Azerbaijan menolak usulan pembicaraan damai yang diserukan berbagai negara. Kedua negara hingga saat ini masih saling tuduh sebagai pihak yang menghalangi negosiasi atas wilayah Nagorno-Karabakh.

Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, berpendapat untuk menyelesaikan konflik Nagorno-Karabakh, wilayah ini seharusnya dikembalikan ke Azerbaijan. Tapi Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan, secara terbuka menyatakan Nagorno-Karabakh adalah bagian dari Armenia.

Armenia dan Azerbaijan merupakan pecahan bekas Uni Soviet di Kaukasus. Kedua negara saling berselisih mengenai perbatasan wilayah, terutama Nagorno Karabakh, selama puluhan tahun. Perselisihan tersebut sering berakhir menjadi pertempuran bersenjata yang cukup mematikan.

Perselisihan utama antara Azerbaijan dan Armenia adalah perebutan wilayah Nagorno Karabakh di perbatasan kedua negara. Nagorno Karabakh terletak di perbatasan Armenia dan Azerbaijan. Wilayah tersebut berada pegunungan dengan luas sekitar 4.400 kilometer persegi. Secara tradisional, wilayah tersebut dihuni oleh orang-orang Armenia Kristen dan Muslim Turki.

Pada 1921, pemerintah Uni Soviet menggabungkan wilayah yang didominasi etnik Armenia tersebut ke dalam wilayah Azerbaijan. Setelah Uni Soviet runtuh pada 1991, separatis Armenia mengambil Nagorno Karabakh dalam sebuah insiden yang didukung oleh pemerintah Armenia.

Tidak terima wilayahnya direcoki, meletuslah pertempuran antara Azerbaijan dan Armenia yang menewaskan 30.000 orang. Ratusan ribu orang juga menjadi korban dan mengungsi dari rumah mereka saat itu.

Pada 1994, Azerbaijan dan Armenia melakukan gencatan senjata yang dimediasi oleh Russia, Amerika Serikat (AS), dan Prancis. Namun, pertempuran antara kedua negara masih sering meletus. Pada 2016, terjadi bentrokan hebat yang menyebabkan sekitar 110 orang tewas.

Dalam konflik ini, Russia menjadi sekutu Armenia, sedangkan Turki sebagai sekutu Azerbaijan. Turki berkepentingan dalam konflik ini, apalagi Azerbaijan kaya minyak. Turki ingin menjadi negara yang berpengaruh di kawasan Kaukasus.

Aliansi keduanya dipicu oleh saling curiga terhadap Armenia. Bahkan, Turki secara rutin mengeluarkan pernyataan-pernyataan keras untuk mendukung ambisi Azerbaijan merebut kembali Nagorno Karabakh.

Sebaliknya, Armenia memiliki dendam terhadap Turki karena telah membantai sekitar 1,5 juta orang Armenia di bawah Kesultanan Turki Ottoman, selama Perang Dunia I. Lebih dari 30 negara mengakui pembunuhan itu sebagai genosida, meskipun Turki dengan keras membantah istilah itu.

Russia memiliki hubungan dekat dengan Armenia. Russia juga memimpin aliansi militer Organisasi Traktat Keamanan Kolektif (CSTO) yang beranggotakan enam negara pecahan Uni Soviet termasuk Armenia. Armenia mengandalkan dukungan Russia dan jaminan militernya.

Kepemimpinan Armenia telah diguncang oleh ketidakstabilan politik dan ekonomi sejak negara itu memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet. Kepemimpinan Armenia pasca-Uni Soviet menekan oposisi terhadap pemerintahannya.

Pihak oposisi juga dituduh memalsukan hasil pemungutan suara. Tuduhan tersebut sebagian besar disinyalir bertujuan untuk mengamankan kepentingan Russia. Pada 2018, terjadi aksi unjuk rasa dan mengantarkan Nikol Pashinyan menjadi Perdana Menteri hingga sekarang.

Sedangkan Azerbaijan adalah negara mayoritas Muslim di Laut Kaspia, telah berada di bawah cengkeraman otoriter dinasti keluarga sejak 1993. Heydar Aliev memerintah negara itu dengan tangan besi sampai Oktober 2003. Mantan perwira intelijen Russia, KGB, tersebut menyerahkan kekuasaan kepada putranya, Ilham, beberapa minggu sebelum kematiannya.

Seperti ayahnya, Ilham telah menghancurkan kekuatan oposisi terhadap pemerintahannya. Pada 2017, Ilham menjadikan istrinya, Mehriban, sebagai Wakil Presiden pertama Azerbaijan. ν

Tampilkan Semua

Lahan Makam Khusus Covid-19

Rabu 30/9/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebenarnya, tanpa ada peningkatan jenazah pasien Covid-19 pun, kota sebesar dan sepadat Jakarta ini kekurangan lahan pemakaman. Bisa dibilang, Jakarta ini krisis lahan pemakaman. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak Januari lalu...
Selengkapnya

Nasib Pekerja Migran Indonesia

Selasa 29/9/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kalau kondisi ini terus dibiarkan, martabat bangsa kita diinjak-injak oleh perusahaan di negara tersebut. Perrlakuan tak manusiawi dan kekerasan seakan-akan tidak pernah berhenti menimpa tenaga kerja Indonesia (TKI) atau pekerja migran...
Selengkapnya

Bangun Papua dengan Hati

Senin 28/9/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Beri kesempatan lebih luas lagi kepada putra-putri terbaik Papua menduduki posisi penting, di pemerintahan, BUMN, dan di perusahaan swasta. Perrsoalan Papua seolah tak kunjung usai. Sejak Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) pada 1969 yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

“Caregiver” Berperan Penting Pengobatan Kanker

Kamis 1/10/2020 | 19:55
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pengasuh atau caregiver memainkan peran  sangat krusial dalam proses pengobatan pasien kanker payudara metastatis. Hal ini karena keberadaanya terkait berbagai aspek mulai dari kondisi fisik, emosional, sosial, keseharian, hingga aspek keuangan yang dihadapi pasien.

Bagi sebagian besar pasien dengan diagnosis kanker metastasis sangat menegangkan dan keadaan ini terkadang sulit jika ditanggung sendiri. Hal ini karena kanker kategori payudara metastasis menyebar ke organ di luar asalnya yang menciptakan keparahan.

Menurut DR dr Cosphiadi Irawan, spesialis Penyakit Dalam Hematologi & Onkologi Medik, pasien payudara metastasis sebagai kanker stadium memiliki pilihan pengobatan jangka panjang untuk dapat mempertahankan kualitas hidup yang baik. Dalam pengobatan ini pasien perlu perhatian dan dukungan psikososial guna membantu mengatasi tekanan psikologis membantu kesembuhan.

“Aktivitas seorang caregiver sangat penting sebagai faktor penunjang penyembuhan pasien kanker payudara metastatis selama pelaksanaan perawatan di rumah untuk melanjutkan terapi yang dianjurkan dokter dan setelah dirawat di rumah sakit,” ujar Cosphiadi dalam webinar Rabu (30/9). 

Pengasuhan terhadap penderita kanker payudara metastasis dapat dilakukan siapa saja namun perlu memahami cara  pelaksanaannya. Menurut Ketua Makasar Cancer Care Community (MCCC)  Nurlina Subair, MSi yang juga penyintas kanker payudara untuk menjadi caregiver yang baik ada beberapa langkah. Pertama, jadilah jembatan informasi yang antara penderita dan dokter.  Berkonsultasilah dengan dokter cara memberi informasi tentang kondisi dan target pengobatan. Kemudian, efek samping, kapan harus dievaluasi, dan pengobatan selanjutnya. 

Kedua, bertindaklah sebagai teman curhat. Seorang pasien kanker metastatis menghadapi banyak tantangan terlebih satu tahun pertama setelah terdiagnosis seperti tantangan ekonomi maupun psikososial. Sebagai seorang teman, bersikaplah sabar dan penuh empati bagi pasien dalam kesehariannya, sehingga dapat menjadi tempat curhat pasien.

Ketiga, sajikan informasi yang baik dan benar. Sebab banyak informasi beredar yang bisa menyesatkan seperti pengobatan alternatif, sehingga caregiver harus bersatu dengan keluarga dalam mendukung pasien. Mereka harus memfilter informasi dan selalu bisa berkomunikasi mengenai kondisi pasien.

Keempat, dorong pasien bersosialisasi dengan kelompok support penyintas dan pasien kanker. Caregiver yang juga penyintas kanker sangat ideal untuk mendukung karena punya empati dan telah dapat merasakan.

Kelima, masyarakat sekeliling juga berperan sebagai caregiver. Mereka dapat memberi semangat dan motivasi kepada pasien untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Banyak keluarga menanyakan tentang seberapa besar kemungkinan sembuh bagi seorang pasien kanker payudara metastasis.

Cosphiadi menambahkan, arti “sembuh” lebih pada mengontrol pertumbuhan sel tumor, memperpanjang masa kehidupan dengan meringannya  penderitaan pasien. Juga meningkatnya kualitas hidup.  Di sinilah pentingnya peran caregiver dan masyarakat sekeliling untuk saling mendukung.

Sebaiknya seorang caregiver tak mudah emosional. Pahami penyakit dan psikologi pasien, serta berikan semangat dan kemampuan perawatan dari segi penyakit, proses pengobatan, diagnosis dan sampai saat terminal selama berada di rumah. Hay/G-1

 

 

 

Tampilkan Semua

Iman Vellani Bakal Perankan Karakter Muslim Pertama dalam Film yang Digarap Marvel J

Kamis 1/10/2020 | 16:25
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Aktris pendatang baru Iman Vellani mengkonfirmasi bahwa dia akan berperan dalam karakter muslim pertama milik Marvel Cinematic Universe, "Ms. Marvel" dalam serial Disney+ terbaru, dilansir Variety. Vellani akan berperan sebagai...
Selengkapnya

Pengiriman Harian dan Ongkos Kirim Terjangkau dengan Aplikasi Help

Kamis 1/10/2020 | 14:06
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta, 1 Oktober 2020 - Pandemi virus Corona atau COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia masih belum usai. Tercatat ada 287.000 kasus di Indonesia per akhir September 2020. Kondisi ini telah memberikan dampak menyeluruh...
Selengkapnya

Zumba Fitnes Baik Buat Jantung

Kamis 1/10/2020 | 13:59
A   A   A   Pengaturan Font
Dokter bidang kardiovaskular, Rizky Teguh Riyanto mengatakan, kelas Zumba Fitness bisa menjadi pilihan sebagian besar orang dewasa sehat untuk meningkatkan kemampuan serta fungsi jantung dan pernapasannya. “Tekanan darah dan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Kota Tangerang Gelar Bursa Kerja Virtual II

Kamis 1/10/2020 | 17:49
A   A   A   Pengaturan Font

TANGERANG -  Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menggelar Bursa Kerja Virtual II mulai Kamis ini yang diikuti 14 perusahaan dan menyediakan 226 lowongan kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang Rahmansyah di Tangerang, Kamis, mengatakan informasi mengenai bursa kerja  bisa dilihat melalui aplikasi Tangerang LIVE di telepon seluler. "Proses pendaftaran melalui 'online'," ujarnya.

Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin mengatakan Virtual Jobfair II Tahun 2020 merupakan upaya untuk membantu masyarakat dalam mencari pekerjaan di tengah pandemi COVID-19.

"Untuk kualifikasinya mulai dari lulusan SMA, SMK hingga perguruan tinggi," terang Sachruddin saat membuka kegiatan Virtual Jobfair II 2020 secara daring di Ruang Rapat Wali Kota Tangerang, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (1/10).

Dengan kembali digelarnya bursa kerja, lanjut Sachrudin, diharapkan dapat membantu baik dari sisi perusahaan yang membutuhkan pegawai maupun masyarakat yang mencari pekerjaan dalam situasi pandemi yang belum usai.

"Proses pelamarannya lebih panjang, mulai hari ini hingga akhir Oktober 2020. Jadi masih ada kesempatan kalau pada 'jobfair' sebelumnya belum mendapat pekerjaan," jelasnya. Ant/P-5

Tampilkan Semua

Selama PSBB Kecelakaan Lalu Lintas Meningkat 40 Persen

Kamis 1/10/2020 | 17:42
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat jumlah korban kecelakaan lalu lintas meningkat 40 persen selama dua pekan pemberlakuan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) Jakarta dibanding PSBB Transisi. "Terjadi...
Selengkapnya

Saat Bubarkan Kerumunan. Anggota Polsek Palmerah Temukan Granat

Kamis 1/10/2020 | 17:42
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Polsek Palmerah, Jakarta Barat, menemukan granat dan beberapa alat hisap sabu bekas pakai saat membubarkan kerumunan demi menghindari penyebaran Covid-19 di kawasan Kampung Boncos, Kota Bambu Utara, Rabu (30/9)...
Selengkapnya

Kematian WN Korsel di Apartemen Diduga Terkait Masalah Perusahaan

Kamis 1/10/2020 | 17:40
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Polisi Budi Sartono mengungkapkan kematian seorang warga negara asing (WNA) dari Korea Selatan diduga terkait permasalahan keuangan di perusahaan tempatnya bekerja. "Hasil (penyelidikan)...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

SUV Anti Peluru

Jumat 2/10/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Mobil canggih anti peluru saat ini tidak lagi dibuatkan khusus untuk berbagai kepala Negara sebagai perlindungan. Beberapa pabrikan kendaraan justru membuat sedan mewah untuk masyarakat umum yang juga anti peluru.

Mobil anti peluru dengan segala kecanggihannya selalu identik dengan sosok kepala Negara. Terciptanya kendaraan tersebut karena kebutuhan akan tingkat pengamanan kepala Negara yang begitu tinggi. Selain pejabat tinggi negara, pemimpin perusahaan atau pemilik usaha kelas dunia juga mengamankan dirinya dengan memiliki kendaraan anti peluru tersebut.

Dengan kondisi keamanan yang menurut para pebisinis besar masih kurang nyaman, membuat mereka membeli mobil anti peluru untuk alat transportasi keseharian. Selain nyaman digunakan, fitur canggih yang lengkap didalamnya, ditambah dengan tingkat keamanan yang tinggi inilah yang menjadikan mobil anti peluru banyak diminati oleh sebagian kalangan berduit dari berbagai belahan dunia. Mobil anti peluru memiliki harga yang fantastis, bisa mencapai puluhan miliar rupiah.

Salah satu kendaraan yang banyak dibicarakan kalangan penggemar mobil mewah adalah mobil milik Eks Presiden Amerika Serikat Barrack Obama yang dinamai Obama’s The Beast. Nama Obama’s The Beast ini diberikan langsung oleh Hess dan Eisenhart O’Gara, yang merupakan perancang dari mobil tersebut. Material yang digunakan untuk bodinya ini menggunakan baja yang diklaim mampu menahan peluru hingga roket. Bagian hebat lainnya adalah pada bagian ban, dimana mobil anti peluru ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih. Bila ada serangan dan ban terkena tembakan dengan cara otomatis ban mengisi angin. Untuk bagian kabin mobil dilengkapi dengan suplai oksigen, mencegah ancaman pada penumpangnya saat terjadinya serangan bahan kimia.

Selain kendaraan anti peluru yang tangguh ini, masih ada banyak mobil anti peluru yang dibuat dengan model lebih santai, sekalipun harganya tetap miliaran rupiah. Melansir laman Trendhunter.com, dimana dibahas tentang mobil New Bentley Bentayga yang bodinya dapat menahan serangan peluru dari senapan AK47. Bagi konsumen yang ingin merasa lebih aman dan terlindungi, mobil Bentley Bentayga 2020 kini dibuat dengan kemampuan dapat mengnahan benturan dari peluru senapan AK47. Kendaraan mewah ini menawarkan fitur high-end, yang sama seperti model sebelumnya, selain teknologi pelindung lapis baja yang tidak mencolok dari luar.

Bentley Bentayga juga menawarkan perlindungan tambahan kepada pengguna termasuk lampu darurat, roda off-terrain, sistem penyaring asap, gagang pintu listrik, pencegah kebakaran ruang mesin, dan perlindungan knalpot. Kendaraan ultra-aman ini memenuhi perlindungan standar CEN 1063 BR6, memastikannya dapat menahan serangkaian serangan peluru dari senapan serbu 7,62 milimeter, yang ditembakkan melalui senjata bertenaga tinggi, seperti AK47.

Bentley Bentayga antipeluru pertama di dunia yang dibuat oleh produsen kendaraan lapis baja Kanada, INKAS. Mobil mewah lapis baja ini memberikan keseimbangan yang baik antara kemewahan dan perlindungan. Ini merupakan dua hal yang paling penting bagi para VIP dan selebriti. Perusahaan menggunakan teknologi mutakhir untuk melindungi Bentayga dengan baja yang tidak hanya ringan, untuk menjaga rasio daya terhadap berat mobil dan dinamika berkendara, tetapi juga tidak mencolok dari luar, tetap mempertahankan estetika keindahan SUV.  Menurut INKAS, lapis baja Bentayga memenuhi standar perlindungan CEN 1063 BR6, yang berarti dapat menahan peluru dari peluru senapan serbu 7,62 milimeter yang ditembakkan dari senjata berkekuatan tinggi seperti AK47 dan ArmaLite AR-10. SUV mewah ini juga dilengkapi perlindungan untuk komponen penting seperti tangki bahan bakar, suspensi, baterai, dan ECU. Selain itu, lapis baja Bentayga dapat menahan ledakan dari dua granat tangan fragmentasi DM51. INKAS juga akan menawarkan peralatan perlindungan lainnya sebagai tambahan opsional, yang meliputi pelindung knalpot, sistem penyaring asap, sistem pencegah kebakaran ruang mesin, lampu darurat, roda heavyduty, dan gagang pintu listrik. Bentley Bentayga lapis baja didasarkan pada varian tertinggi, yang didukung oleh mesin 6.0 liter W-12 dari pabrikan Inggris yang menghasilkan 600 tenaga kuda.  INKAS tidak mengungkapkan bobot total dari semua pelapisan lapis baja dan fitur perlindungan tambahan, serta seberapa besar pengaruhnya terhadap akselerasi dan dinamika mobil. Terlepas dari semua hal di atas, bobotnya masih sangat ringan untuk mempertahankan rasio kekuatan-terhadap-berat mobil dan dinamika berkendara, sambil tetap terlihat ramping dan hitam. Meskipun model Bentley Bentayga ini menawarkan perlindungan yang aman, model ini tidak memenuhi spesifikasi standar sprint 0-60mph dalam empat detik. Namun demikian untuk kecepatan sebuah sedan anti peluru sudah sangat mencukupi. SUV lapis baja mewah ini memiliki harga jual sekitar 500 ribu dollar AS. ars

Tampilkan Semua

AddArmor Audi RS7 Mobil Lapis Baja Tercepat Dunia

Jumat 2/10/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kendaraan lapis baja sering dikaitkan dengan bentuk yang kaku dan berat. Karena penggunaan material yang khusus membuat kendaraan lapis baja tidak siap untuk kecepatan. Namun agaknya kendala seperti itu tidak terjadi pada mobil lapis...
Selengkapnya

BMW X5 Protection VR6 SUV yang Tahan Ledakan

Jumat 2/10/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BMW X5 Protection VR6 SUV adalah solusi transportasi mewah lapis baja yang dilengkapi dengan banyak aksen yang membuatnya cocok untuk menahan hampir semua jenis serangan. Tidak bisa dipungkiri bila persaingan diantara merek terkenal...
Selengkapnya

Bengkel Servis Kendaraan Panggilan di Masa Pandemi

Kamis 1/10/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selama terjadinya pandemi Covid-19, pihak pemerintah melakukan pembatasan sosial berskala besar. Orang berada di rumah dan banyak kendaraan, baik mobil dan motor yang membutuhkan perawatan berkala. Dengan berada di rumah saja dan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Belum Ada Metode yang Bisa Memprediksi Kapan Gempa Akan Terjadi

Kamis 1/10/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Indonesia merupakan negara di kawasan ring of fire atau sabuk api dengan potensi bencana yang besar. Bahkan, baru-baru ini muncul temuan dari jurnal Nature Scientific Report dari Institut Teknologi Bandung (ITB) terkait adanya gempa megathrust hingga magnitudo 9,1 yang disertai tsunami setinggi 20 meter di bagian selatan Pulau Jawa.

 

Adanya informasi ini meresahkan masyarakat, terutama penduduk yang berada di selatan Pulau Jawa. Di sisi lain, tanpa penanganan dan mitigasi, dampak bencana bisa sangat besar mengingat Pulau Jawa sendiri merupakan pulau dengan kepadatan penduduk yang tinggi.

Untuk mengupas terkait informa­si tersebut, Koran Jakarta mewawa­ncarai Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro. Berikut petikan wawancaranya.

Bagaimana tanggapan Anda terkait hasil penelitian potensi tsunami di Jawa dan respons dari masyarakat?

Dari segi keilmuan, belum ada metode atau teori yang bisa memprediksi suatu gempa akan terjadi dan kapan. Penelitian tersebut justru membuat kita harus lebih antisipatif, siap siaga, dan mengedepankan upaya mitigasi.

Temuan itu tidak untuk mena­kuti atau menimbulkan kepani­kan. Kami sebagai pemangku kepentingan harus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan di masyarakat, sambil mengedepank­an upaya mitigasi atau dampak dari bencana yang suatu saat terjadi.

Bagaimana agar masyara­kat tidak panik dengan temuan tersebut?

Yang kita perlukan adalah kita harus punya pengeta­huan atau informasi dan segala macam sejarah yang kita tahu. Nah, pene­litiannya harus sedetail mung­kin, sehingga ada pengeta­huan yang diakses.

Harus ada tingkat kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Kalau men­ganggap enteng dan menganggap bencana tersebut rutin dalam rent­ang waktu tertentu, akan mengaki­batkan terjadinya bencana dengan korban dan dampak yang besar.

Terkait temuan ini, apa yang akan diupayakan pemerintah, khususnya oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional?

Kami mengintervensi melalui teknologi sebagai bagian dari pengetahuan yang perlu diper­kuat dan bisa lebih menyiap­kan dan membentengi diri dengan teknologi.

Adapun perannya adalah membangun kapitas riset dan pene­litian kebencanaan, termasuk menyiap­kan sumber daya manusia dan sarana prasarana riset serta penyelenggaraan riset di bidang kebencanaan.

Bisa dijelaskan lebih spesifik untuk antisipasi terjadinya gempa dan tsunami di Pulau Jawa?

Membentuk tim kaji cepat yang diisi di antaranya oleh LIPI, ITB, dan BMKG. Lalu, kami juga ada ri­set kebencanaan terkait gempa dan tsunami. Jawa merupakan kawasan padat penduduk maka yang men­jadi perhatian kami itu sesaran atau retakan kulit bumi yang masih aktif dan dapat menimbulkan gempa. Fokus penelitian ini juga berlaku di daerah lain yang punya potensi dan tsunami.

Setelah tsunami Palu, pemerin­tah membuat sistem Indonesia Tsu­nami Early Warning System (INA TEWS). Adapun sistem pendeteksi dini dari tsunami tersebut menggunakan dua sistem, yaitu Buoy Sys­tem atau teknologi dengan bentuk pelampung dan Cable System atau sistem kabel. Kedua sistem ini akan disiapkan di daerah-daerah rawan dan bisa menyelamatkan lebih banyak nyawa ketika ada bencana.

Bagaimana keterkaitan antara temuan ini dengan Jawa yang selain penduduk juga pusat eko­nomi dan pembangunan?

Tentu jika ada bencana, kita ti­dak ingin penduduk dengan jumlah besar terdampak. Jadi, pembangu­nan di wilayah selatan Jawa khusus­nya dan termasuk Sumatera harus dilakukan dengan hati-hati dan ekstraproteksi.

Seperti Bandara Kulon Progo su­dah didesain untuk gempa dengan kekuatan tinggi dan juga kalau ada tsunami sudah ada cara bagaimana mitigasi terhadap risiko tsunami itu sendiri di wilayah Kulon Progo.

Jadi, tetap bisa membangun dengan tingkat kecepatan yang tidak sama dengan daerah lain dan harus dengan ekstra proteksi. Ini sudah bertahan dan merupakan cara Belanda ketika menguasai Indonesia yang lebih memilihi Jawa bagian utara untuk pembangunan. n m aden ma’ruf/P-4

Tampilkan Semua

Gunakan Bahasa Sederhana untuk Menjelaskan ke Masyarakat

Selasa 29/9/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan sejak kasus pertama ditemukan pada awal Maret 2020.   Sejak saat itu, pandemi Covid-19 tidak hanya diwarnai bertambahnya jumlah kasus, tapi juga informasi-informasi tidak...
Selengkapnya

Cegah Keluarga Jadi Klaster Baru Penularan Virus Korona

Sabtu 26/9/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kasus positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah dan diikuti kehadiran klaster-klaster atau titik penularan baru. Klaster-klaster baru tersebut tidak hanya berada di tempat umum, tapi juga sampai ke rumah dan mengancam keselamatan...
Selengkapnya

Sekolah yang Lebih Membutuhkan Harusnya Menerima BOS Lebih Banyak

Jumat 25/9/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan bantuan pemerintah bagi setiap sekolah dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran. Adapun penentuan pagu dana BOS disesuaikan dengan jumlah masing-masing murid di sekolah tersebut. ...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, SE, MSc, PhD Menjaga Stabilitas Moneter di Tengah Pandemi Covid-19

Sabtu 26/9/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat pemerintah mengucurkan dana ratusan triliun rupiah (693 triliun rupiah) guna mencegah meluasnya persebaran korona dan memulihkan ekonomi domestik yang tertekan cukup dalam. Perry Warjiyo, SE, MSc, PhD resmi dilantik menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) oleh Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Agus Martowardojo.

Pria kelahiran Sukoharjo, 61 tahun silam ini, menjadi Gubernur ke-16 BI. Kini, tanggung jawab besar terkait penetapan dan pelaksanaan kebijakan moneter atau menjaga kestabilan sistem keuangan Indonesia, terutama di kala pandemi Covid-19.

Lantas, langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan Gubernur BI Perry Warjiyo dalam rangka menjaga stabilitas keuangan di dalam negeri? Wartawan Koran Jakarta, Djati Waluyo, berkesempatan mewawancarainya. Berikut petikannya.

Bagaimana strategi Bank Indonesia terkait pemulihan ekonomi nasional?

Kalau istilah pulih itu harus sepakat. Kalau perbaikan sudah terjadi sejak Juli dan Agustus 2020. Insya Allah, kuartal III akan lebih baik dari kuartal II 2020.

Untuk pertumbuhan ekonomi 2021, BI memperkirakan berada di angka berapa persen?

Tahun depan, pertumbuhan ekonomi perkiraannya 4,8 hingga 5,8 persen. Ini lebih tinggi dari perkiraan pemerintah 4,5 hingga 5,5 persen. Kemarin di Banggar (DPR) disepakati pertumbuhan ekonomi 5 persen.

Faktor apa saja yang memengaruhi percepatan pemulihan ekonomi?

Perbaikan pemulihan ini tentu saja faktornya seberapa cepat mobilitas manusia, barang, jasa, ekonomi produktif, dan aman. Yang kedua, seberapa cepat absorbsi dari anggaran untuk dorong anggaran. Seberapa cepat restrukturisasi kredit dan suku bunga bisa dorong kredit. Itu dari domestik seberapa cepat konsumsi naik. Sementara itu, dalam ekonomi global membaik khususnya Amerika Serikat dan Tiongkok, makanya kenapa ekspor membaik. 

Bagaimana sikap BI ke depan dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional?

BI tempuh bauran kebijakan yang terus kita lakukan. Hampir semua diarahkan untuk sinergi dengan pemerintah dorong pertumbuhan dalam rangka pemulihan ekonoki nasional dari pengaruh Covid-19. 

Apa yang telah dan akan dilakukan BI?

BI sudah turunkan suku bunga yang tahun ini. Suku bunganya jadi 4 persen. Suku bunga acuan ini terendah sejak 2016. Hal itu diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Kedua, kami juga melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah. Hal itu juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Sebab kalau rupiah stabil, usaha kondusif akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Kami ekspansi moneter atau quantitative easing. Jumlahnya 662,1 triliun rupiah. Jumlah itu kami tujukan agar likuiditas bank lebih dari cukup. Sekali lagi, ini dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Kenapa BI masih menahan suku bunga saat deflasi beruntun?

Keputusan tersebut mempertimbangkan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar rupiah di tengah rendahnya inflasi. Kebijakan itu policy-nya banyak banget. Bahkan, pendanaan dan bagi beban dengan pemerintah sesuai dengan surat keputusan bersama. Semua itu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, juga agar suku bunga deposito dan suku bunga kredit turun, serta agar ketersediaan dana lebih. Apalagi suku bunga sudah rendah. Selain itu, kredit dominan karena permintaan masyarakat. Itu semua dipengaruhi kecepatan realisasi anggaran dan kinerja ekspor ke depan.

Lalu, seperti apa kebijakan makroprudensialnya?

Kami sudah memberikan penurunan uang muka, terakhir bulan lalu. Kredit kendaraan bermotor yang berwawasan lingkungan. Sebelumnya properti, makro juga financing funding ratio. Kemudian, ada digitalisasi sistem pembayaran, bantuan sosial, digitalisasi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Semua untuk dorong pertumbuhan ekonomi.

Dorongan apa yang dilakukan BI untuk menciptakan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19?

Dengan surat keputusan bersama menteri keuangan dan gubernur Bank Indonesia pada bulan April dan Juli 2020, Bank Indonesia juga melakukan burden sharing di pasar perdana. Per 15 September 2020 Surat Keputusan Bersama 1 realisasinya 48,03 triliun rupiah. Sedangkan pendanaan pembagian Surat Keputusan Bersama 2 realisasinya 99,08 triliun rupiah.

Dengan pendanaan dari Bank Indonesia dan bagi beban ini, maka pemerintah bisa lebih fokus untuk akselerasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) guna mendorong program pemulihan ekokomi nasional.

Selain skema tersebut, apalagi yang dilakukan BI?

Selain pendanaan dan bagi beban, ada pembagian beban saja tanpa pendanaan. Dalam konteks ini, penerbitan surat berharga negara untuk nonpublik 44,38 triliun rupiah. Beban pemerintah mengacu ke suku bunga dikurangi satu persen. Jadi, semua bauran Bank Indonesia untuk dorong pertumbuhan ekonomi. Bank Indonesia sediakan pendanaan dan bagi beban agar APBN bisa direalisasikan, sehingga bisa mempercepat realisasi APBN.

Pandangan terkait ramainya pembahasan RUU Bank Indonesia yang sedang dibahas DPR?

Kita sudah mencermati pada 2 September 2020. Bapak Presiden sudah menegaskan dan menjamin independensi Bank Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, beliau memberikan penjelasan bagi korespondensi asing.

Saya kira itu sudah jelas. Demikian juga disampaikan menteri keuangan pada 4 September 2020, di mana beliau mengatakan dan di sini saya kutip mengenai revisi undang-undang tentang Bank Indonesia yang merupakan inisiatif DPR dan pemerintah belum membahasnya hingga saat ini.

Apakah itu akan mengganggu kredibilitas Bank Indonesia dalam mengatur kebijakan moneter?

Penjelasan Bapak Presiden sudah jelas bahwa kebijakan moneter harus tetap kredibil, efektif, dan independen.

Bagaiman kondisi perekonomian domestik hingga saat ini?

Perekonomian domestik secara perlahan juga membaik, meskipun masih terbatas sejalan mobilitas masyarakat yang melandai pada Agustus 2020. Kinerja ekspor membaik, sejalan kenaikan permintaan global, khususnya dari AS dan Tiongkok untuk beberapa komoditas seperti besi dan baja, pulp dan waste paper, serta CPO. 

Sementara itu, konsumsi rumah tangga membaik secara terbatas seiring berlanjutnya stimulus fiskal seperti penyaluran bansos dan pemberian gaji ke-13 kepada Aparatur Sipil Negara. Beberapa indikator dini menunjukkan perbaikan seperti penjualan ritel, indeks kepercayaan konsumen, dan PMI manufaktur. Secara spasial, perbaikan ekonomi tercatat di beberapa daerah luar Jawa yang memiliki ekspor komoditas.

Bagaimana ketahanan sektor ekternal Indonesia pada kuartal III 2020?

Ketahanan sektor eksternal Indonesia tetap kuat, di tengah dinamika penyesuaian aliran modal asing di pasar keuangan domestik pada September 2020. Defisit transaksi berjalan diperkirakan lebih rendah didukung membaiknya ekspor di tengah lebih rendahnya impor seiring dengan belum kuatnya permintaan domestik.

Neraca perdagangan Agustus 2020 mencatat surplus yakni 2,33 miliar dollar AS, melanjutkan surplus pada bulan sebelumnya sebesar 3,24 miliar dollar AS. Sedang, aliran portofolio asing triwulan III 2020 yang hingga akhir Agustus tercatat net inflow 0,13 miliar dollar AS. Ini mengalami net outflow sebesar 0,75 miliar dollar AS pada dua pekan pertama September 2020. Sebabnya peningkatan ketidakpastian pasar keuangan baik karena faktor global maupun domestik.

Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2020 meningkat menjadi sebesar 137 miliar dollar AS. Ini setara dengan pembiayaan 9,4 bulan impor atau 9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Hal itu berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. Ke depan, defisit transaksi berjalan untuk keseluruhan tahun 2020 diperkirakan tetap rendah, di bawah 1,5 persen dari PDB, sehingga terus mendukung ketahanan sektor eksternal.

Bagaimana kondisi nilai tukar rupiah? 

Nilai tukar rupiah relatif terkendali di tengah tingginya tekanan pada Agustus–September 2020. Hingga 16 September 2020, nilai tukar rupiah tercatat depresiasi 1,58 persen secara point to point dibanding akhir Juli 2020. Saat itu, terdepresiasi 6,42 persen dari akhir Desember 2019. 

Pelemahan rupiah pada Agustus–September 2020 antara lain dipengaruhi masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan baik karena faktor global maupun sejumlah risiko domestik. Ke depan, Bank Indonesia memandang nilai tukar rupiah berpotensi kembali menguat seiring levelnya yang secara fundamental masih undervalued didukung inflasi rendah dan terkendali. Kemudian, defisit transaksi berjalan rendah, daya tarik aset keuangan domestik yang tinggi, dan premi risiko Indonesia yang menurun. Bank Indonesia terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamentalnya dan bekerjanya mekanisme pasar, antara lain melalui efektivitas operasi moneter dan ketersediaan likuiditas di pasar.

Bagaimana kondisi likuiditas saat ini?

Kondisi likuiditas lebih dari cukup sehingga terus mendorong penurunan suku bunga dan kondusif bagi pembiayaan perekonomian. Hingga 15 September 2020, Bank Indonesia telah menambah likuiditas (quantitative easing) di perbankan sekitar 662,1 triliun rupiah. Ini terutama bersumber dari penurunan Giro Wajib Minimum (GWM) sekitar 155 triliun rupiah dan ekspansi moneter sekitar 491,3 triliun rupiah. Longgarnya kondisi likuiditas mendorong tingginya rasio Alat Likuid terhadap Dana Pihak Ketiga (AL/DPK) yakni 29,22 persen pada Agustus 2020 dan rendahnya suku bunga PUAB overnight, sekitar 3,31 persen pada Agustus 2020. 

Bagaimana kondisi stabilitas sistem keuangan?

Stabilitas sistem keuangan tetap terjaga, meskipun risiko dari meluasnya dampak COVID-19 terhadap stabilitas sistem keuangan terus dicermati. Rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) perbankan Juli 2020 tetap tinggi yakni 22,96 persen dan rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) tetap rendah yakni 3,22 persen kotor dan 1,15 persen bersih.

Fungsi intermediasi dari sektor keuangan masih lemah akibat pertumbuhan kredit yang terbatas. Hal ini sejalan dengan permintaan domestik yang belum kuat karena kinerja korporasi yang tertekan dan kehati-hatian perbankan akibat berlanjutnya pandemi Covid-19. Pertumbuhan kredit Agustus 2020 tercatat rendah sebesar 1,04 persen (yoy), sedangkan pertumbuhan DPK tercatat 11,64 persen (yoy) pada Agustus 2020. 

Bagaimana intermediasi ke depanya?

Intermediasi perbankan diperkirakan kembali membaik sejalan prospek pemulihan ekonomi domestik. Beberapa sektor telah mencatat peningkatan pertumbuhan kredit, yaitu sektor pertanian, pertambangan, dan transportasi. Selain itu, total restrukturisasi kredit perbankan hingga Agustus 2020 telah mencapai 18,64 persen dari total kredit, ditopang likuiditas yang terjaga.

Berbagai perkembangan ini, disertai akselerasi program pemulihan ekonomi nasional, antara lain melalui penguatan penjaminan kredit oleh pemerintah, diharapkan dapat mendorong fungsi intermediasi perbankan. Bank Indonesia akan melanjutkan kebijakan makroprudensial akomodatif untuk mendorong penyaluran kredit guna mengakselerasi pemulihan ekonomi.

G-1

Tampilkan Semua

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo Penemuan Vaksin Tak Jamin Kehidupan Kembali Normal

Sabtu 19/9/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Masyarakat harus selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat terkait kondisi terkini. Terlebih, meskipun vaksinnya nanti ditemukan, tidak serta-merta Covid-19 akan berakhir dan kehidupan kembali normal. Wabah korona atau Covid-19...
Selengkapnya

Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN, Dr Peter Schoof : Jerman Belum Pernah Alami Dampak Sebesar Ini

Sabtu 12/9/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi virus korona belum ada tanda-tanda mereda. Malahan bencana ini tampaknya semakin parah. Banyak negara kewalahan menghadapinya. Namun, Republik Federal Jerman termasuk salah satu negara paling sukses menekan angka penularan dan...
Selengkapnya

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir Fokus Ketersediaan Vaksin dan Terapi Pengobatan

Sabtu 5/9/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menteri BUMN, Erick Thohir mendapatkan tugas baru dari Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Berdasarkan Perpres 82/2020, Erick Thohir memiliki tugas mengkoordinasikan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta