Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | October 27 2020
iklan koran jakarta

Butuh Waktu Lama untuk Ekonomi Tumbuh Normal

Selasa 27/10/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Sektor UMKM, manufaktur dan pertanian harus diberi prioritas karena pacu perekonomian. » Pergerakan berbagai indikator seperti neraca perdagangan dan PMI...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

KPK Jadwalkan Periksa Mantan Bupati WakatobiKPK Jadwalkan Periksa Mantan Bupati Wakatobi

Selasa 27/10/2020 | 10:43
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan memeriksa mantan Bupati Wakatobi, Hugua. Dia akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi terkait pelaksanaan pekerjaan subkontraktor fiktif pada proyek-proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk tahun 2009-2015. 

"Yang bersangkutan akan diperiksa untuk tersangka YAS (Yuly Ariandi Siregar, mantan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya)," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, di Jakarta, Selasa (27/10).

Selain Hugua, penyidik turut memanggil satu saksi lainnya untuk tersangka Yuly. Ia adalah mantan Direktur Utama (Dirut) PT Translingkar Kita Jaya, Bambang Hartanto.

Secara bersamaan, penyidik juga memanggil dua saksi lainnya untuk tersangka mantan Kepala Divisi II PT Waskita Karya, Fathor Rachmaan (FR). Mereka ialah, Dirut PT Translingkar Kita Jaya, Hilman Muhsin; dan mantan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana, Hartanto.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan lima orang tersangka. Dua tersangka yakni mantan Kepala Divisi II PT Waskita Karya, Fathor Rachmaan (FR), dan mantan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya, Yuly Ariandi Siregar.

Kemudian tiga mantan pejabat PT Waskita Karya (Persero) Tbk, yakni mantan Kabag Pengendalian pada Divisi III yang kini menjabat sebagai Direktur Utama PT Waskita Beton Precast, Jarot Subana (JS); mantan Kepala Divisi III, Desi Arryani (DSA); mantan Kepala Proyek dan Kabag Pengendalian pada Divisi III, Fakih Usman (FU).

Kelima tersangka diduga merugikan keuangan Negara berjumlah 202 miliar rupiah berdasarkan laporan hasil pemeriksaan investigatif oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). KPK menduga, selama periode 2009-2015, setidaknya terdapat 41 kontrak pekerjaan subkontraktor fiktif pada 14 proyek yang dikerjakan oleh Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Perusahaan subkontraktor yang digunakan untuk melakukan pekerjaan fiktif tersebut adalah PT Safa Sejahtera Abadi (SSA), CV Dwiyasa Tri Mandiri (DTM), PT MER Engineering (ME) dan PT Aryana Sejahtera (AS).

Atas perbuatannya, lima tersangka ini disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo. Pasal 65 ayat (1) KUHP. ola/N-3

 

Tampilkan Semua

Peusijuek, Tradisi Aceh Damaikan Pertikaian Kecil di Masyarakat

Selasa 27/10/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
Banda Aceh,- Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Banda Aceh menyatakan peusijuek merupakan salah satu tradisi adat Aceh sejak zaman dahulu hingga kini masih digunakan, karena dapat mendamaikan pertikaian kecil di tengah-tengah masyarakat Aceh. ...
Selengkapnya

Kemristek: Harus Ada Alih Teknologi Kerja sama Riset dengan Asing

Selasa 27/10/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta - Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) mengatakan dalam kerja sama riset dengan dana yang bersumber dari pembiayaan asing harus ada alih teknologi dan keluaran yang bermanfaat bagi Indonesia. "Kewajiban-kewajiban itu yang...
Selengkapnya

Mahfud-Rachmawati Bertemu Bahas Situasi Polhukam

Selasa 27/10/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta,- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mendapat kunjungan dari putri Presiden pertama RI Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Bus Bertenaga Hidrogen Mulai Beroperasi di Jilin,Tiongkok

Selasa 27/10/2020 | 09:00
A   A   A   Pengaturan Font

CHANGCHUN-- Kota Baicheng di Provinsi Jilin, Tiongkok timur laut, telah mengoperasikan 15 bus berbahan bakar sel hidrogen, yang pertama dari jenisnya di provinsi tersebut.

Bus komersial nol emisi bertenaga hidrogen itu dikembangkan dan diproduksi oleh Jiefang, anak perusahaan truk dari produsen mobil terkemuka China, FAW Group. Bus-bus tersebut memiliki kecepatan maksimum 60 km per jam dan dapat beroperasi dengan lancar di suhu rendah minus 30 derajat Celsius, dengan waktu pengisian bahan bakar 15 menit.

Kendaraan ini dilengkapi dengan sensor asap, alat pemadam kebakaran otomatis, dan perangkat keselamatan lainnya, serta sistem operasi transportasi umum cerdas yang memungkinkan pemantauan dan pemosisian kondisi melalui aplikasi ponsel.

"Bus yang beroperasi dengan bahan bakar hidrogen itu dapat mengurangi emisi dan polusi suara, lebih mudah dikendarai dibanding bus standar serta memiliki waktu pengisian bahan bakar yang lebih cepat daripada bus listrik murni," kata Lian Xiaojing, manajer perusahaan bus Baicheng.

Beberapa kota besar di China termasuk Shanghai dan Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, telah membuat rencana untuk mempromosikan penggunaan bus bertenaga hidrogen. Ant/P-4

Tampilkan Semua

Output Manufaktur Industri Singapura Tumbuh 24,2 Persen pada September

Selasa 27/10/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
SINGAPURA-- Dewan Pembangunan Ekonomi Singapura pada Senin (26/10) melaporkan bahwa output manufaktur negara tersebut tumbuh 24,2 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada September, jika dibandingkan dengan revisi peningkatan...
Selengkapnya

Topan Molave Hantam Filipina, 13 Orang Hilang

Selasa 27/10/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
MANILA,- Tiga belas orang dinyatakan hilang saat Topan Molave menghantam Filipina, yang memicu banjir, menerbangkan atap, dan menumbangkan pohon, kata badan bencana negara itu pada Senin (26/10). Mark Timbal, juru bicara Dewan Manajemen...
Selengkapnya

PM Italia Giuseppe Conte Tutup Kembali Bioskop

Selasa 27/10/2020 | 05:05
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte pada Minggu (25/10) waktu setempat mengumumkan langkah-langkah baru untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang gagal dari penguncian total, termasuk menutup bioskop di negara itu mulai hari ini...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

Sisa Massa Demonstran di Patung Kuda Minta Air dan Rokok ke Petugas Keamanan

Selasa 20/10/2020 | 19:39
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Sejumlah orang yang tidak teridentifikasi kelompoknya dan masih berkumpul di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, meminta air dan rokok kepada petugas keamanan dari TNI dan polisi.

Permintaan itu disampaikan saat diminta untuk membubarkan diri.

"Haus pak haus," kata mereka yang terlihat berperawakan remaja dan rata-rata menggunakan pakaian serba hitam di dekat Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Selasa (20/10).

Petugas dari TNI pun akhirnya meminta petugas keamanan lainnya memberikan air yang diminta oleh para massa itu.

"Mau minum? Aparat tolong beri mereka air dari pinggir. Tapi jangan anarkis," ujar petugas dari TNI yang memimpin anggotanya dari mobil komando seperti dikutip Antara.

Tak lama dari itu massa yang berpakaian hitam-hitam itu meminta awak media yang menggunakan rompi oranye agar mundur dari lokasi berkumpulnya massa.

Petugas dari TNI pun meminta kepada petugas media untuk mundur sehingga dengan cepat awak media pun mundur dari lokasi itu.

Namun permintaan yang terakhir dari massa tak dipenuhi oleh petugas keamanan. Mereka itu meminta rokok kepada para petugas.

"Kami tidak ada yang merokok. Jadi tidak ada rokok. Sudah harap pulang kawan-kawan," ujar petugas TNI.

Massa dari buruh dan mahasiswa telah bubar sejak pukul 16.10 WIB dan 16.30 WIB.bud/E-9





Tampilkan Semua

Ketua MPR Bambang Soesatyo Dorong E-Voting di Pilpres dan Pilkada

Senin 19/10/2020 | 16:59
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah bisa segera bertransformasi dari cara konvensional melalui pencoblosan surat suara menjadi menggunakan electronik voting...
Selengkapnya

PWI Menyambangi Kadiv Humas, Polri Bakal Siapkan Rompi Wartawan untuk Liput Demo

Senin 12/10/2020 | 22:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Jajaran Pengurus Pusat  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyambangi Mabes Polri, Senin (12/10. Tujuannya membahas keselamatan wartawan saat meliput aksi demonstrasi di lapangan, serta mencegah terjadinya kekerasan...
Selengkapnya

PWI Sambangi Kadiv Humas, Polri Bakal Siapkan Rompi Wartawan untuk Liput Demo

Senin 12/10/2020 | 22:30
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Jajaran Pengurus Pusat  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyambangi Mabes Polri, Senin (12/10. Tujuannya membahas keselamatan wartawan saat meliput aksi demonstrasi di lapangan, serta mencegah terjadinya kekerasan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

Dampak La Nina Diantisipasi

Selasa 27/10/2020 | 07:47
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Pertanian menyiapkan tujuh langkah strategis untuk memitigasi risiko gagal panen akibat dampak badai La Nina.

 

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) mengambil sejumlah kebijakan strategis untuk mengantisipasi dan memitigasi dampak badai La Nina yang mulai menerjang sebagian wilayah Indonesia. Tujuannya agar produksi pangan nasional tidak terganggu.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menyebut ada tujuh stimulus kebijakan yang sudah diambil untuk mitigasi La Nina, termasuk melakukan mapping atau pemetaan di seluruh wilayah rawan banjir.

“Kemudian, kami mengaplikasikan early warning system dan memantau semua informasi yang ada di BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika).

Kita juga membentuk gerakkan brigade banjir (satgas OPT-DPI), brigade tanam, dan brigade panen,” ujar Mentan di Jakarta, Senin (26/10).

Menurut Mentan, pihaknya juga akan melakukan pompanisasi in-out dari sawah serta rehabilitasi jaringan irigasi tersier atau kuarter. Langkah ini perlu dilakukan untuk mempersiapkan kemungkinan terendamnya sawah serta tanaman.

Karena itu, Mentan berharap para petani segera menggunakan benih tahan genangan seperti Inpara 1 sampai 10, Inpari 29, Inpari 30, Ciherang Sub 1, Inpari 42 Agritan, dan varietas unggul lokal dan sejenisnya.

“Yang paling penting lakukan klaim asuransi usaha tani padi bagi yang sudah mendaftar dan bantuan benih gratis bagi yang puso. Terakhir, perbaiki cara pascapanen dengan menggunakan dryer atau pengering dan RMU,” katanya.

Mentan mengatakan langkah tersebut diambil sesuai arahan Presiden Jokowi yang mengingatkan kepada segenap jajaran instansi terkait untuk mengantisipasi dampak La Nina. Badai La Nina dengan curah hujan tinggi bisa berdampak pada sektor pertanian, perikanan, perhubungan, dan lingkungan hidup.

Sebagai informasi, Indeks ENSO (El Nino-Southern Oscillation) menunjukkan suhu permukaan laut di wilayah Pasifik tengah dan timur dalam kondisi dingin selama enam dasarian terakhir dengan nilai anomali telah melewati angka -0.5 derajat Celsius, yang menjadi ambang batas kategori La Nina.

Perkembangan nilai anomali suhu muka laut di wilayah tersebut masing-masing adalah -0.6 derajat Celsius pada Agustus, dan -0.9 derajat Celsius pada September 2020.

Mentan melanjutkan, memasuki satu tahun kinerja Kabinet Indonedia Maju, seluruh jajaran Kementan dari pusat hingga daerah perlu mempertajam program-program yang sudah berjalan.

“Apa yang kita capai satu tahun ini adalah kerja keras kita semua. Saya tidak dapat berhasil tanpa bantuan dan kerja keras dari seluruh stakeholder yang ada,” katanya.

Dia menegaskan, kontribusi sektor pertanian yang menjadi penyumbang angka tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan II sebesar 16,14 persen harus menjadi pelecut semangat untuk mengeksekusi program di lapangan.

Perkuat Mekanisasi

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Ahmad Firdaus, menekankan Kementan harus meningkatkan lagi sistem pertanian modern yang berbasis digital dan mekanisasi. Peningkatan tersebut penting dilakukan agar Indonesia mampu berbicara banyak dalam pertanian dunia.

“Kalau bisa setiap hari harus ditingkatkan. Setiap hari adalah digitalisasi dan mekanisasi. Yang pasti digitalisasi harus disempurnakan lagi ke depannya agar pertanian kira semakin maju semakin mandiri dan semakin modern,” pungkas Firdaus. ers/E-10

Tampilkan Semua

Dampak La Nina Diantisipasi

Selasa 27/10/2020 | 07:47
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Pertanian menyiapkan tujuh langkah strategis untuk memitigasi risiko gagal panen akibat dampak badai La Nina.   JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) mengambil sejumlah kebijakan strategis...
Selengkapnya

Realisasi Kredit Bank Mandiri Tumbuh 3,79 Persen

Selasa 27/10/2020 | 07:36
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Bank Mandiri mencatat pertumbuhan kredit konsolidasi hingga 30 September 2020 sebesar 3,79 persen dibandingkan periode sama tahun lalu meskipun di tengah pandemi Covid-19. Pada triwulan III-2020, Bank Mandiri menyalurkan...
Selengkapnya

Terdorong Sentimen Positif

Selasa 27/10/2020 | 07:33
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Pergerakan rupiah di hadapan dollar AS, hari ini (27/10), masih dipengaruhi sentimen positif dari pasar modal. Tingginya arus beli atau net buy di dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) mampu mendorong penguatan Indeks Harga...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Awal November 2020, Warga Asing Bisa Masuk Kembali ke Batam

Selasa 27/10/2020 | 05:20
A   A   A   Pengaturan Font

BATAM- Warga Negara Asing (WNA) mulai bisa masuk melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre pada awal November 2020, setelah mendapatkan persetujuan, sesuai kesepakatan pengaturan koridor perjalanan (travel corridor arrangement/ TCA) Indonesia-Singapura.

"Kemungkinan untuk 'safe travel pass' disetujui, mulai masuk tanggal 1 atau 2 November," kata Pjs Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum di Batam, Senin (25/10) seperti dikutip Antara.

Sesuai dengan kesepakatan kedua negara, maka mulai hari ini, Senin (26/10) warga yang hendak menyeberang ke Batam atau Singapura bisa mengajukan perjalanan secara daring.

Apabila disetujui, maka warga yang dinilai berhak mendapatkan fasilitas itu yaitu pelaku perjalanan bisnis penting, perjalanan diplomatik dan perjalanan kedinasan yang mendesak, baru bisa berlayar pada awal bulan depan, setelah memastikan dirinya negatif Covid-19.

Karena pelaku perjalanan yang berhak harus melakukan pemeriksaan tes usap Covid-19, tiga hari sebelum melakukan pelayaran, kata Syamsul.

Sesuai dengan kesepakan, pelaku perjalanan yang berhak harus memastikan dirinya tidak terpapar Virus Corona, dengan dua kali pemeriksaan tes usap, yaitu 72 jam sebelum perjalanan, dan setibanya di Singapura. Demikian pula sebaliknya.

Keistimewaan dari kebijakan TCA adalah pelaku perjalanan tidak perlu menjalani karantina mandiri selama 14 hari setibanya di Singapura. Dengan begitu, mereka bisa segera beraktivitas.

"Yang terpenting swab disetujui 2 pihak, Singapura dan Indonesia," kata dia.

Ia mengingatkan, untuk dapat berlayar ke Singapura, maka warga harus memiliki sponsor di Singapura. Begitu pula sebaliknya.

"Sponsor yang harus menjemput," kata dia.

Pelaku perjalanan yang berhak juga harus memiliki rencana perjalanan yang dipatuhi.

"Mereka tidak bisa pergi di luar jadwal. Mereka akan di-'tracking'," katanya.bud/E-9

Tampilkan Semua

AP I Akan Gelar Konser Virtual Sumpah Pemuda di Bandara Internasional Yogyakarta

Senin 26/10/2020 | 15:59
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- PT Angkasa Pura I (Persero)/AP I melakukan konser virtual Sumpah Pemuda di Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) tanggal 28 Oktober 2020 pukul 18.00 WIB dengan menampilkan pentas musik, seni dan budaya lokal."Latar belakang...
Selengkapnya

Resort Loh Buaya di Pulau Rinca Ditutup Sementara

Senin 26/10/2020 | 15:55
A   A   A   Pengaturan Font
KUPANG-  Balai Taman Nasional Komodo menutup sementara resort Loh Buaya di pulau Rinca dari kunjungan wisatawan sebagai bentuk upaya penataan sarana prasanara wisata alam di pulau yang juga terdapat banyak hewan Komodo (veranus...
Selengkapnya

Komodo Hadang Mobil Truk

Senin 26/10/2020 | 15:43
A   A   A   Pengaturan Font
KUPANG-  Anggota Komisi IV DPR RI menyoroti foto viral seekor Komodo (Veranus Komodoensi) yang terlihat menghadang satu unit truk yang membawa sejumlah material untuk pembangunan di kawasan Loh Buaya, Pulau Rinca yang masuk dalam...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Tata Motor Catat Rekor Produksi 4 Juta Mobil Penumpang

Senin 26/10/2020 | 16:19
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Manufaktur mobil India, Tata Motors pada Minggu (25/10) mengumumkan tonggak sejarah baru, telah memproduksi 4 juta mobil penumpang sejak merilis mobil penumpang pertama Tata Sierra pada 1991.

"Ini merupakan pencapaian yang sangat signifikan bagi Tata Motors. Sangat sedikit pemain di industri yang telah mencapai pencapaian tersebut. Ini merupakan perjalanan yang panjang sejak kami meluncurkan Tata Sierra pada tahun 1991," kata Presiden Passenger Car Tata Motors, Shailesh Chandra, dalam siaran pers di laman resmi perusahaan seperti dikutip dari Antara.

Tata Sierra merupakan sport utility vehicle (SUV) tiga pintu pertama kali dibuat Tata, dengan mengambil basis dari pickup Telcoline. Mobil itu memakai mesin 2.000cc dari Peugeot XD88 dengan lisensi yang telah dibeli oleh Tata.

Tata kemudian menambah lini modelnya pada 1992 melalui mobil keluarga Tata Estate, Tata Sumo SUV pada 1995, dan Tata Safari pada 1998.

Perusahaan menyatakan bahwa pencapaian 1 juta unit diraih pada 2005, lalu 10 tahun kemudian pada 2015 mereka mencapai 3 juta unit, dan pada 2020 mereka telah membuat 4 juta unit mobil.

Ia mengatakan, selama periode itu terdapat beberapa model mobil yang menjadi tulang punggung penjualan Tata Motors, antara lain Indica, Sierra, Sumo, Safari, dan Nano.

Shailesh mengatakan, faktor yang membuat Tata Motors mampu membangun kepercayaan konsumen adalah mereka memiliki konsep "satu atap" dalam melayani penjualan, layanan servis, hingga pengembangan produk yang efisien dan berorientasi pada pelanggan di India.

Tata Motor juga tercatat sebagai produsen mobil India pertama yang memiliki fasilitas uji tabrak untuk memastikan keselamatan konsumen.

Mereka juga memiliki studio desain untuk menciptakan prototipe dan simulasi produk secara digital, serta fasilitas uji emisi bahan bakar.

Tata memiliki beberapa fasilitas produksi, antara lain di Pune, Gujarat dan Ranjangaon.bud/E-9

Tampilkan Semua

Geely Akan Memproduksi Mobil Listrik di Bawah Merek Polestar Premium.

Senin 26/10/2020 | 16:15
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Sebuah laporan mengatakan bahwa pabrik kendaraan listrik (EV) yang direncanakan oleh grup pembuat mobil Tiongkok, Geely akan memproduksi mobil di bawah merek Polestar premium.Zhejiang Geely Holding Group Co Ltd berencana untuk...
Selengkapnya

Jeep Segera Pasarkan Wrangler 4xe, Kendaraan Offroad Listrik yang Ramah Lingkungan

Senin 26/10/2020 | 16:06
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA-  Jeep telah memperkenalkan Wrangler 4xe, kendaraan offroad listrik yang ramah lingkungan dan akan mulai dipasarkan di Eropa, Tiongkok, dan Amerika Serikat (AS) pada awal 2021 sebelum diedarkan ke pasar global dengan...
Selengkapnya

Renault Hentikan Pembuatan Van Fiat Talento

Senin 26/10/2020 | 05:10
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Renault akan berhenti membuat van Fiat Talento untuk Fiat Chrysler (FCA), menurut wakil kepala eksekutif Clotilde Delbos usai menyelesaikan perjanjian merger dengan Peugeot PSA Group.Dalam kesepakatan yang dibuat di bawah mantan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Infinix Hot 10 Resmi Di Luncurkan Di Indonesia

Selasa 20/10/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Penjualan yang sukses pada seri-seri produk smartphone sebelumnya, kini membawa Infinix menjadi salah satu smartphone yang banyak dicari. Terbukti dari pencapaiannya sebagai TOP 1 Brand Smartphone Terlaris pada 9 September 2020 lalu di platform e-commerce Lazada Indonesia.
 
Melalui peluncuran online se