Koran Jakarta | October 16 2019
No Comments
Udara Bersih

Dua Juta Pohon Akan Ditanam di Jakarta

Dua Juta Pohon Akan Ditanam di Jakarta

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA-Pemerintah Pro­vinsi DKI Jakarta bertekad akan menanam dua juta pohon un­tuk mewujudkan udara bersih di ibu kota. Penanaman dua juta pohon itu akan dilakukan oleh Dinas Kehutanan DKI Ja­karta hingga tahun 2022.

Sedikitnya akan ada 500 ribu pohon dan 1,5 juta tanaman hias yang direncanakan dita­nam di Jakarta.

Salah satunya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis menanam 100 ribu tanaman bunga Bou­genville di sepanjang Jalan Sudirman, Jakarta.

“Kita nantinya harus waris­kan kota ini dengan keadaan yang baik bahkan lebih baik, itu prinsip kota ini lestari, ujar Anies di acara Penanaman Ta­naman Bougenville Amenities di Pintu 7 Gelora Bung Karno, Jl Sudirman Jakarta Selatan, Min­ggu (18/8).

Gerakan penanaman pohon ini merupakan tindak lanjut Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara Jakarta. Selain menanam, Anies juga menyerahkan bibit tanaman kepada perwakilan Kepala Sekolah di enam wilayah Jakarta.

Pihaknya akan memulai penanaman serentak tanaman penyerap polutan di 6 Kantor Walikota/Bupati oleh jajaran perangkat daerah dan 100 sekolah negeri oleh para guru dan murid sekolah pada 19 Agustus ini.

“Hari ini kita sama-sama menanam tanaman Bougenville. Itu salah satu tanaman yang memiliki serapan terhadap polusi udara dengan kategori tinggi,” kata Anies.

Selain berdaya serap polusi udara yang tinggi, Anies juga menjelaskan keistimewaan dari tanaman bunga bougenville. Menurutnya, tanaman bougenville juga memiliki unsur estetika yang memukau, dan dapat menghilangkan stress.

“Tadi disampaikan tanaman bougenvile sebagai tanaman penyerap polusi udara tingkat tinggi dan saya berharap nanti di Jakarta ditanami tanaman yang sesuai dengan relevansi kebutuhannya,” imbuhnya.

Anies menekankan, penamaman bunga bougenville ini merupakan bentuk kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan berbagai instansi dan komunitas di bidang lingkungan hidup. Dia berharap, setiap individu warga Jakarta memiliki kesadaran dan kecintaan terhadap lingkungannya.

“Ini semua dikerjakan sebagai gerakan yang melibatkan masyarakat dengan konsep kolaborasi, melibatkan berbagai komunitas. Sesudah ini ditanam bantu bersama untuk merawat, karena ini tanaman kita agar membuat Jakarta tampil lebih indah bersih dan asri,” jelasnya.

Selain penanaman pohon, pihaknya juga menargetkan akan membangun 200 taman hingga 2022 nanti. Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengakui, pihaknya sedang membangun 53 Taman Maju Bersama (TMB) di seluruh wilayah Jakarta. Setiap tahun, pihaknya akan membangun 50 TMB untuk mengendalikan kualitas udara di Jakarta. pin/P-5

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment