Evo Morales Mundur dari Jabatan Presiden Bolivia | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 11 2019
No Comments
LINTAS NEGARA

Evo Morales Mundur dari Jabatan Presiden Bolivia

Evo Morales Mundur dari Jabatan Presiden Bolivia

Foto : AFP/ENZO DE LUCA/BOLIVIAN PRESIDENCY
MORALES LENGSER | Presiden Bolivia, Evo Morales, saat mengumumkan mundur dari jabatannya pada Minggu (10/1) di La Paz. Morales lengser setelah tak mendapat dukungan dari Angkatan Bersenjata dan polisi.
A   A   A   Pengaturan Font

LA PAZ – Presiden Bolivia, Evo Morales, telah menyata­kan mundur dari jabatannya pada Minggu (10/11) setelah terjadi sengketa terkait pemilihan umum selama 3 pekan yang diwarnai dengan aksi protes berdarah. Putusan untuk mundur diambil Morales setelah Angkatan Bersenjata dan polisi menarik dukungannya.

“Saya mundur dari jabatan sebagai presiden,” kata Mo­rales dalam pidato yang disiarkan stasiun televisi nasional.

Selama 14 tahun berkuasa, Morales, 60 tahun, berhasil membawa Bolivia menjadi salah satu negara dengan per­tumbuhan ekonomi yang tertinggi di kawasan Amerika Lat­in. Ia juga berhasil menurunkan angka kemiskinan dan ke­laparan di Bolivia.

Dalam hasil pemilu presiden yang diumumkan pada 20 Oktober lalu, kubu Morales dinyatakan telah menang tipis dari kubu pesaingnya. Sengketa pemilu terjadi setelah ku­bu oposisi menyatakan telah terjadi kecurangan dalam pil­pres itu yang berujung deng an terjadinya aksi turun ke ja­lan selama 3 pekan. Menyikapi terjadinya aksi demonstrasi, Morales sempat mengajukan pemilu ulang, namun usulan itu tak bisa meredakan aksi demonstrasi sehingga Angkatan Bersenjata dan polisi kemudian menyerukan agar Morales untuk mundur dari jabatan Presiden Bolivia. SB/AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment