Koran Jakarta | October 16 2019
No Comments

Fitur Canggih Mobil Listrik Dua Penumpang

Fitur Canggih Mobil Listrik Dua Penumpang

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pabrikan otomotif menawarkan mobil listrik dua penumpang. Salah satu pemainnya menawarkan fitur teknologi terkini yang memudahkan penggunanya.

Pabrikan mobil listrik mengenalkan seri mobil listrik mini untuk dua penumpang. Dua contoh mobil listrik yang hadir dengan dua kursi penumpang adalah Renault Twizy. Lalu yang paling gres adalah Wuling E200.

Mobil ringkas Wuling E200, memiliki desain bodi eksterior yang menonjolkan karakter futuristik. Pada bagian dalam, bentuk dasbor tampil modern, dilengkapi dengan 11 kompartemen penyimpanan, mulai dari bagian pintu, konsol tengah, hingga di bawah bangku penumpang.

Dimensi E200 cukup irit lahan parkir, dengan panjang 2.497 milimeter, lebar 1.526 milimeter dan tinggi 1.616 milimeter sert jarak sumbu roda 1.600 mm. Untuk berbelok mobil ini hanya memiliki radius putar 3,7 meter saja.

Tenaga E200 didukung oleh baterai lithium yang menghasilkan daya maksimal sebesar 29 kW dengan torsi sebesar 110 Nm. Mobil mirip Smart for Two ini mampu dipacu mencapai kecepatan 100 km per jam.

Meski kecil dengan ukuran baterai yang tidak besar namun jangkauan mobil ini lumayan jauh. Wuling E200 dapat menempuh jarak sampai dengan 250 kilometer, cukup untuk menjangkau Cirebon dari Jakarta yang berjarak 248 km.

Kelebihan Wuling E200, selain kemampuan bermanuver di jalan sempit teknologi digital yang dibenamkan adalah keunggulan lain E200. Di dalamnya terdapat fitur autopilot parking yang bisa memarkir kendaraan secara otomatis melalui perintah aplikasi.

Menurut Vice President Wuling Motors Cindy Cai, E200 dilengkapi dengan Integrated Driving Technology, dengan konsep vehicle to everything. Dengan aplikasi mobile, mobil ini bisa diperintah untuk memarkir secara aman. Selain mampu memarkir kendaraan secara otomatis, teknologi tersebut juga memiliki fitur lain seperti pendeteksi kondisi jalan di depan (forward collision warning) dan bantuan pembatasan kecepatan (smart speed limit aid).

Selanjutnya terdapat pula pencegah tabrakan pada persimpangan (intersection collision warning), pemberi informasi lalu lintas langsung (real time traffic navigation), dan rem darurat otomatis (auto emergency brake).

Selain keunggulan-keunggulan tersebut mobil ini memiliki fitur terkini seperti, mulai dari keyless entry, start stop button, electric parking brake (EPB), serta konektivitas untuk Bluetooth dan WiFi. DI Tiongkok, Wuling E200 dijual pada 56 ribu sampai 64 ribu yuan atau setara 110,7 - 126,5 juta rupiah. Mobil listrik mungil lainnya yang telah hadir dan dipasarkan adalah Renault Twizy.

Mobil ini bahkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, telah terjual sebanyak 1 unit, dan dilego pada harga 390 juta rupiah.

Mobil dengan kapasitas dua penumpang depan dan belakang buka berjejer ini memakai teknologi Electric Direct Drive Technology dengan mesin 3CG -electric asynchronous. Mesin elektrik itu mampu menghasilkan kekuatan 13 kW atau setara 17 dk.

Akselerasi mobil ini cukup lumayan. Untuk mencapai 0-45 km per jam hanya memerlukan waktu 6.1 detik. Sementara kecepatan maksimum Relaut Twizy metok pada angkat 80 km per jam saja.

Keunggulan lain dari Twizy adalah pengisian daya baterai yang bisa terkoneksi dengan soket rumahan 220 volt tanpa harus menggunakan adaptor tambahan. Tentu saja ini menggembirakan kerena pemilik tidak perlu memodikasi soket di rumah. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment