Koran Jakarta | October 16 2019
No Comments
Jelang Tokyo Motor Show 2019

Fitur Keselamatan Aktif Mobil Listrik

Fitur Keselamatan Aktif Mobil Listrik

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Beberapa pabrikan Jepang telah mengumumkan jajaran mobil elektrifikasi canggih yang bakal hadir pada pameran yang dielenggarakan pada 25 Oktober hingga 4 November 2019 di Tokyo.

Mobil listrik dan hibrida terus mengalami penyempurnaan dari sisi tenaga dan jangkauan. Bukan hanya itu, mobil tipe itu sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif yang memberikan kenyamanan.

Iven otomotif Tokyo Motor Show, yang dihelat pada musim semi ini akan menjadi salah satu ajang otomotif penting bagi dunia. Beberapa pabrikan Jepang telah mengumumkan jajaran mobil elektrifikasi canggih yang bakal hadir pada pameran yang dielenggarakan pada 25 Oktober hingga 4 November 2019 di Tokyo.

Pada ajang ini Nissan akan memajang 14 model baru termasuk mobil listrik konsep baru bernama IMk. Dengan tema Nissan Intelligent Mobility, Nissan menghadirkan Nissan Leaf e+, Serena e-Power, GT-R dan mobil sport Skyline yang baru dilengkapi dengan sistem bantuan pengemudi ProPilot 2.0.

Nissan menyebutkan, IMk adalah kendaraan komuter urban, dengan teknologi mutakhir dan akselerasi mobil listrik yang kuat dalam badan yang ringkas. Mobil kota ini diklaim cukup fungsional, dan gaya dengan desain mampu mengurangi stres pengemudi dengan memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan membuat percaya diri.

Hasil gambar untuk Nissan IMk

IMk mencerminkan estetika minimalistik, diambil dari filosofi desain baru Nissan yang disebut Timeless Japanese Futurism. Menggabungkan “DNA Jepang” pada detail dalam dan luar, mobil konsep ini mengisyaratkan arah baru dari bahasa desain Nissan dan bagaimana hal ini dapat membantu menghidupkan visi Nissan Intelligent Mobility.

“System pengemudi ProPilot terbaru dan fitur konektivitas tanpa batas, IMk memberikan gambaran tentang bagaimana mobil yang berorientasi perkotaan akan tampil dan dirasakan di masa yang akan datang,”demikian siaran pers Nissan.

Selain itu, Nissan akan menunjukkan performa terbaru dari mobiul lsitrik andalananya Nissan Leaf. Leaf e+ demikian dinamakan, mengalami penyempurnaan pada daya jelajah dan performa lebih kuat dengan menambahkan powertrain listrik baru.

Baterai dengan kapasitas dan kepadatan tingginya memberikan tambahan lebih dari 40 persen rentang jarak hingga mencapaqi 458 kilometer di bawah standar WLTC Jepang. Efisiensi energi yang lebihb baik, torsi yang kuat, dan output daya menawarkan pengalaman mengemudi yang lebih menarik.

Nissan juga menghadirkan MPV Serene dengan nama Serena e-Power dengan teknologi ProPilot. Khusus powertrain litrik dari Serena e-Power berhasil mendapatkan penghargaan Technology of the Year 2019 oleh Automotive Researchers’ dan Journalists’ Conference of Japan (RJC).

Dengan pembaruan tersebut, Serena sekarang menyediakan perlindungan keamanan 360 derajat sebagai perlengkapan standar di semua jajaran model. Pembaruan pada grille depan secara efektif mengkomunikasikan kualitas premium Serena dan memberikan karakter sporty yang khas.

Selain Serena hadir mobil sport New Skyline kini hadir dengan Pro-Pilot 2.0. Mobil ini memiliki sistem bantuan pengemudi pertama di dunia yang menggabungkan navigasi pengemudian jalan raya dengan kapabilitas lepas tangan, namun perhatian pengemudi tetap pada jalan dan siap untuk mengambil alih jika diperlukan.

Selain Nissan, Mitsubishi juga turut ambil bagian pada Tokyo Motor Show 2019 dengan menghadirkan mobil listrik dan hibrida. Kali ini tiga berlian hadir dengan dua mobil konsep masa depannya yaitu Mitsubishi Mi-Tech dan Height K-Wagon.

Hasil gambar untuk Mitsubishi Height K-Wagon

Mobil SUV Mitsubishi Mi- Tech dibekali penggerak plugin hybrid EV (PHEV) yang lebih baru dan lebih ringan, sistem 4WD listrik 4-motor, dan sistem keselamatan aktif. Sistem PHEV di Mitsubishi Mi- Tech disebut telah dioptimalkan dengan unit ringan dan kompak untuk SUV ukuran kecil.

Seperti halnya Nissan Note e-Power Mitsubishi Mi-Tech menggunakan mesin turbin gas untuk menggerakkan generator listrik yang akan menyuplai ke baterai. Langkah ini memberikan pengemudi pilihan mode listrik murnia atau mode hibrida, dengan menawarkan kinerja yang halus dan kuat.

Sistem penggerak motor lisrik empat roda atau 4WD Mi-Tech didukung oleh sistem 4WD 4-motor yang disebut Quad Motor dengan Dual Motor AYC. Sistem ini memiliki 2-motor untuk gandar depan dan belakang, memungkinkan torsi optimal dan akselerasi lebih responsif dan mendukung kemampuan offroad.

Sistem keselamatan SUV Mi-Tech mengadopsi fitur antar muka manusia (Human Machine Interface/HMI). Fitur ini dapat memproyeksikan berbagai informasi yang terdeteksi, dengan menggunakan teknologi penginderaan optik canggih ke kaca depan berbasis teknologi Augmented Reality (AR).

Jika Nissan memiliki system Pro-Pilot 2.0, maka Mitsubishi memiliki sistem bantuan pengemudi yang disebut sebagai Mi-Pilot. System ini akan memperingatkan pengemudi akan kemungkinan tabrakan, selain itu juga mendukung pengoperasian kemudi dan rem. Mobil konsel lain dari Mitsubishi yang akan hadir di Tokyo Motor Show adalah Height K-Wagon.

Mobil wagon tinggi generasi terbaru ini hadir untuk menjawab keinginan mereka yang ingin memperluas daftar tujuan dan mengendara lebih jauh ke cakrawala dengan mobil.

Mobil konsep Height KWagon menampilkan ruang interior lapang sebagai standar sambil memberikan kinerja dan fungsionalitas yang diharapkan dalam kategori ini.

Mobil konsep ini menawarkan ruang kabin lega dan memberikan kinerja yang lincah. Mobil ini juga dilengkapi dengan system bantuan pengemudi Mi-Pilot, berupa pengereman, mitigasi tabrakan ke depan, mitigasi salah akselerasi, dan sistem keselamatan aktif lainnya. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment