Koran Jakarta | August 19 2019
No Comments

Gelombang Panas Landa Selatan dan Barat Tengah AS

Gelombang Panas Landa Selatan dan Barat Tengah AS

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

BIRMINGHAM – Gelombang panas amat terik akan me­landa wilayah selatan dan barat tengah Amerika Serikat (AS) dalam beberapa hari mendatang. Perkiraan itu diumum­kan setelah tabel cuaca panas yang dipantau Dinas Cuaca Nasional AS di Kota Clarksdale, Mississippi, dan Kota West Memphis, Arkansas, pada Senin (12/8) menunjukkan angka 49,4 dan 48,3 derajat Celsius.

“Suhu udara sekitar 37 derajat Celsius pada tengah ha­ri dan diatas itu, akan melanda 13 negara bagian mulai dari Texas, Louisiana, dan Florida di selatan AS, hingga Missouri dan Illinois di barat tengah AS,” demikian pernyataan Dinas Cuaca Nasional AS.

Dalam keterangannya, Dinas Cuaca Nasional AS me­nambahkan bahwa gelombang panas amat terik akan terasa di Louisiana, Arkansas, Mississippi, dan Oklahoma, sehing­ga otoritas setempat mengeluarkan peringatan sengatan panas. Panas yang terik itu diperkirakan akan terus berlan­jut pada Selasa (13/8), ketika suhu panas dan kelembaban yang tinggi akan membuat suhu udara terasa lebih panas.

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban terkena sengatan panas dan kelelahan akibat panas, sejumlah kota seperti Tulsa, Memphis, dan Little Rock, berinisiatif membuka pos untuk menyejukkan badan.  SB/VoA/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment