Koran Jakarta | November 12 2019
1 Comment

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, saya dan beberapa sahabat saya sebelumnya ada­lah wanita karier. Kami memu­tuskan melepaskan pekerjaan kami karena memilih menjadi ibu rumah tangga di rumah be­gitu buah hati kami lahir. Saya bersyukur bisa menemani si ke­cil di rumah tapi ada perasaan ingin "berkarier" lagi meski dari rumah. Saya tidak punya peng­alaman sebelumnya. Sebaiknya saya berbisnis apa ya Bu?

Jawaban:

Menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya di rumah dan mendedikasikan waktu se­penuhnya mengurus rumah, anak dan melayani suami, bu­kan pekerjaan ringan. Banyak ibu rumah tangga yang me­ngeluhkan rasa bosan, lelah berkepanjangan, dan merasa kurang berdaya secara finan­sial. Walaupun suami sudah menutup kebutuhan finansial, kadangkala masih ada pera­saan ingin produktif finansial secara mandiri.

Syukurlah saat ini bekerja tidak harus datang ke kantor jam 9 hingga jam 5 sore. Era teknologi internet yang sema­kin canggih ini memungkinkan kita mendapatkan penghasil­an tanpa beranjak dari rumah. Anda yang saat ini tengah bo­san menjadi ibu rumah tang­ga biasa di rumah, bisa me­nimbang untuk menjalankan bisnis ibu rumah tangga atau menjadi mompreneur.

Jika tidak tahu ingin men­jalankan bisnis ibu rumah tangga yang seperti apa, Halo­Money.co.id punya bebera­pa rekomendasi ide yang bisa dipilih. Siapa tahu ide-ide bisnis ibu rumah tangga di bawah ini cocok dengan ke­terampilan Anda. Silakan di­simak daftarnya berikut ini :

1. Makanan kemasan

Ide bisnis rumahan ibu rumah tangga yang perta­ma sudah pasti tak jauh-jauh dari yang namanya mema­sak. Kenapa tidak membuka catering saja? Catering mem­butuhkan waktu memasak yang lebih lama sehingga pasti akan menyita wak­tu. Cobalah untuk berbisnis makanan kemasan, seper­ti sambal kemasan, rendang kemasan, kue kering, keripik, atau aneka makanan beku.

2. Menjual barang untuk dekorasi rumah

Rumah sebaiknya memiliki desain interior yang dapat me­nimbulkan kesan sejuk agar keluarga semakin betah di rumah. Apa yang bisa dilaku­kan?

Suka mendekorasi ru­mah? Bagaimana jika menjual barang-barang untuk deko­rasi rumah seperti gorden, taplak meja, sarung bantal, penutup kulkas, sarung rice­cooker, dan lain sebagainya. Agar lebih menarik, cobalah untuk melakukan dekorasi ruangan yang ada di rumah menggunakan barang da­ganganmu, lalu foto dan pro­mosikan di sosial mediamu.

3. Bisnis aksesoris

Kalau Anda suka membuat kerajinan tangan, seperti ak­sesoris, keahlian ini jangan disia-siakan. Membuat akse­soris ini tidak hanya terbatas pada aksesoris orang dewasa saja, tapi juga bisa aksesoris anak-anak, seperti headband atau bandana untuk anak pe­rempuan.

  1. Bisnis tanaman hias

Sekarang tanaman hias tak lagi dipajang di luar ru­mah, tapi juga di dalam ru­mah. Jadikan ini sebagai pe­luang bisnis untuk ibu rumah tangga jika Anda memiliki ke­ahlian merawat tanaman. Se­lain tanaman hias, kamu juga bisa menjual tanaman hias jenis herbal yang bisa diguna­kan untuk keperluan dapur. 5. Bisnis mainan dan per­lengkapan anak

Buat Anda yang sudah me­miliki buah hati, membuka bisnis mainan dan perleng­kapan anak bisa dipertim­bangkan berhubung teman-teman Anda juga pastinya sudah banyak yang memiliki anak seperti Anda. Untuk mainan, cobalah untuk men­jual mainan edukatif yang sedang jadi tren saat ini.

6. Menjadi reseller pakaian

Bisnis reseller pakaian me­mang menjadi bisnis ibu ru­mah tangga yang paling banyak digemari karena tidak mem­butuhkan modal yang banyak. Cukup berbekal handphone dan internet saja, kamu sudah bisa mendapatkan uang. Ber­hubung persaingan di bisnis ini sangat ketat, cobalah un­tuk menjual pakaian yang le­bih spesifik. Misalkan pakaian khusus kantor, kebaya, gaun pesta, atau pakaian rumah.

7. Menjadi freelancer

Tak mau pusing-pusing berbisnis, kamu bisa men­jadi freelancer dengan meng­andalkan kemampuan atau keterampilan yang kamu mi­liki, misalkan menjadi penulis, penerjemah, desain, admin sosial media, dan lain sebagai­nya.

Sekarang sudah tahu kan alternatif bisnis ibu rumah tangga apa saja yang bisa di­kerjakan seoran mompreneur. Selamat berbisnis dan semoga sukses !

Klik untuk print artikel

View Comments

Linda Mark
Sabtu 26/10/2019 | 17:39
BAGAIMANA SAYA MEMILIKI PINJAMAN SAYA DARI PERUSAHAAN BESAR INI

Halo orang-orang terkasih, saya Linda McDonald, saat ini tinggal di Austin Texas, AS. Saya seorang janda saat ini dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada bulan April 2018 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya. Saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil, dan sebagian besar bank menolak kredit saya, tidak menjadi mangsa penuh para penjahat di sana yang menyebut mereka pemberi pinjaman uang mandiri, mereka semua scam, yang mereka inginkan adalah Anda uang dan Anda juga tidak mendengar dari mereka lagi mereka telah melakukannya kepada saya dua kali sebelum saya bertemu dengan Tuan David Wilson bagian yang paling menarik dari itu adalah bahwa pinjaman saya dipindahkan kepada saya dalam waktu 74 jam jadi saya akan menyarankan Anda untuk menghubungi Tuan David jika Anda tertarik mendapatkan pinjaman dan Anda yakin dapat membayarnya kembali tepat waktu Anda dapat menghubunginya melalui email ……… (davidwilsonloancompany4@gmail.com) Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada pengirim barang dengan tingkat bunga hanya 2% dan rencana pembayaran yang lebih baik dan Jadwalkan jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan, maka hubungi Tn. David Wilson hari ini untuk pinjaman Anda

Mereka menawarkan semua jenis kategori pinjaman mereka

Pinjaman jangka pendek (5_10 tahun)
Pinjaman jangka panjang (20_40)
Pinjaman jangka media (10_20)
Mereka menawarkan pinjaman seperti
Pinjaman rumah ............., Pinjaman usaha ........ Pinjaman hutang .......
Pinjaman pelajar ........... Pinjaman awal bisnis
Pinjaman bisnis ......., pinjaman Perusahaan .............. dll
Email .......... (davidwilsonloancompany4@gmail.com)
Ketika datang ke krisis keuangan dan pinjaman maka pinjaman keuangan David Wilson adalah tempat untuk pergi tolong katakan padanya aku Ny. Linda McDonald mengarahkan Anda Good Luck ................... ....

Submit a Comment