Koran Jakarta | October 16 2019
No Comments

Indonesia Bidik 45 Emas di SEA Games

Indonesia Bidik 45 Emas di SEA Games

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kontingen Indonesia mengincar 45 medali emas pada ajang olahraga multieven SEA Games 2019 di Filipina yang dilangsungkan pada 30 No­vember hingga 11 Desember mendatang.

Pada SEA Games tahun ini, kontingen Indonesia yang diperkuat 673 atlet itu siap bertanding pada 45 cabang olahraga yang diikuti.

“Yang pasti SEA Games 2019 ada kese­pakatan (memperoleh) 45 medali emas. SEA Games di Malaysia dua tahun lalu kita meraih 38 medali emas,” ujar Erick usai upacara pengukuhan dan pelepasan kontingen World Beach Games 1 2019 di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (8/10).

Dengan 45 emas, kontingen Indonesia berharap setidaknya bisa menempati po­sisi keempat klasemen perolehan medali. Tuan rumah Filipina, Malaysia, dan Thai­land jelas bakal menjadi pesaing berat. Namun Erick tetap optimistis bisa bersaing pada SEA Games 2019.

Sementara itu, Plt Deputi IV Kemen­pora Yuni Purwanti menyatakan bahwa pemerintah sangat berharap atlet-atlet senior maupun junior dapat bersaing un­tuk memperebutkan emas, terutama pada cabang-cabang olahraga olimpiade.

Dari cabang olimpiade yang diikuti, ada tiga cabang olahraga, yakni atletik, akuatik, dan bulu tangkis bakal menjadi tumpuan untuk mendulang emas dalam pesta olah­raga Asia Tenggara tersebut. “Yang paling besar tetap dari cabang olahraga olimpi­ade. Atletik empat emas, renang lima emas, dan bulu tangkis tiga emas,” ucap Yuni.

Erick Thohir mengatakan Kontingen Indonesia akan mengikuti 45 cabang olah­raga dengan kekuatan atlet mencapai 670 orang pada SEA Games mendatang. “Ca­bang olahraga yang jadi (diikuti) ada 45 dengan 670-an atlet,” kata Erick.

Namun, jumlah cabang olahraga mau­pun atlet yang sudah ditetapkan itu, menu­rut Erick, masih mungkin berubah karena hingga kini laporan dari tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) belum tuntas.

“Masih ada pergerakan tambahan dan pengurangan, karena memang kita mem­buka tambahan, tapi yang penting mak­simal budget dari pemerintah sebesar 47 miliar-an rupiah tidak akan bertambah,” ujarnya.

SEA Games 2019 di Filipina akan mem­pertandingkan 52 cabang olahraga. Na­mun hingga pendaftaran ditutup pada Senin (7/10) kemarin, Indonesia hanya mendaftarkan 45 cabang olahraga karena keterbatasan anggaran. Ant/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment