Indonesia Gelar Dialog HAM dengan Uni Eropa | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 11 2019
No Comments
LINTAS NEGARA

Indonesia Gelar Dialog HAM dengan Uni Eropa

Indonesia Gelar Dialog HAM dengan Uni Eropa

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

BRUSSELS - Pemerintah Indonesia telah melaksanakan dialog mengenai hak asasi manusia (HAM) dengan delegasi Uni Eropa (UE) di Brussels, Belgia, pada Jumat (8/11) pekan lalu. Pada pertemuan tahunan yang sudah memasuki tahun ke-8 ini, kedua pihak bersepakat untuk terus melanjutkan pola dialog bilateral yang selama ini telah memberikan kon­tribusi dalam peningkatan hubungan Indonesia dan UE.

“Pemerintah Indonesia terus berkomitmen dalam me­mastikan pemajuan dan perlindungan HAM,” kata Achsanul Habib, Direktur HAM dan Kemanusiaan Kementerian Luar Negeri selaku Ketua Delegasi RI pada pertemuan tersebut. “Pemerintah Indonesia tidak saja berupaya memenuhi hak-hak sipil dan politik, namun juga hak-hak ekonomi, sosial, dan budaya,” imbuh dia.

Dialog HAM RI-UE yang ke-8 ini membahas beberapa agenda seputar perkembangan isu HAM di kawasan UE dan Indonesia seperti akses masyarakat terhadap keadilan, ting­kat kepatuhan terhadap hukum humaniter internasional, pemenuhan dan perlindungan hak-hak kelompok minori­tas dan kelompok rentan, bisnis dan HAM, penjaminan ke­bebasan berbicara dan berkumpul, serta kerja sama HAM di PBB dan forum multilateral lainnya.

Delegasi Indonesia juga sampaikan berbagai upaya pem­ajuan dan perlindungan HAM yang telah dilakukan peme­rintah, seperti pada bidang bisnis dan HAM, pemerintah te­lah mempublikasikan United Nations Guiding Principles on Business and Human Rights (UNGPs) di tingkat nasio­nal. Selain itu, Indonesia juga menyampaikan komitmen dan prioritasnya sebagai anggota Dewan HAM PBB periode 2020-2022. ang/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment