Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | July 7 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Kebutuhan Pembiayaan Utang Bertambah Rp903,46 Triliun

Selasa 7/7/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Pembiayaan public goods 397,56 triliun rupiah dan non public goods 505,90 triliun rupiah. » Public goods ditanggung BI dan non public goods ditanggung...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Kebutuhan Pembiayaan Utang Bertambah Rp903,46 Triliun

Selasa 7/7/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font

» Pembiayaan public goods 397,56 triliun rupiah dan non public goods 505,90 triliun rupiah.

» Public goods ditanggung BI dan non public goods ditanggung pemerintah.

JAKARTA – Rapat Menteri Keuangan dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Senin (6/7), yang membahas rencana pem­bagian beban (burden sharing) dalam pembiayaan dampak Covid-19 dan pe­mulihan ekonomi nasional (PEN) me­nyebutkan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 defisit melebar dari 1,76 persen terhadap PDB atau 307,22 triliun rupiah menjadi 6,34 persen terhadap PDB atau 1.039,22 trili­un rupiah. Ada penambahan defisit se­besar 732 triliun rupiah atau meningkat 338,26 persen.

Dalam dokumen rapat Kementerian Keuangan yang diterima Koran Jakarta menyebutkan, selain tambahan defisit, tambahan pembiayaan dalam APBN 2020 juga bersumber dari tambahan pembiayaan investasi 136,62 triliun ru­piah menjadi 181,24 triliun rupiah dan utang jatuh tempo sebesar 424,84 triliun rupiah atau meningkat 34,85 triliun ru­piah. Secara keseluruhan tambahan ke­butuhan pembiayaan utang mencapai 903,46 triliun rupiah menjadi 1.645,30 triliun rupiah.

Untuk pembiayaan defisit 6,34 persen terhadap PDB, kebutuhan investasi neto sebesar 181,24 triliun rupiah ditujukan antara lain dalam rangka mendukung pembiayaan program Pemulihan Eko­nomi Nasional (PEN). Pemerintah juga telah memanfaatkan sisa anggaran lebih (SAL) sebesar 70,64 triliun rupiah.

“Angka 903,46 triliun rupiah adalah penyesuaian terhadap Perpres No 72 Tahun 2020 dan selisih kurs utang jatuh tempo dari sebelumnya sebesar 905,2 triliun rupiah,” sebut Kemenkeu.

Akibat kenaikan pembiayaan utang untuk penanganan dampak pandemi Covid-19, tambahan bunga utang di­perkirakan sebesar 66,5 triliun rupiah per tahun. Seluruh tambahan kebutuh­an pembiayaan utang itu akan dipenuhi dengan penerbitan Surat Berharga Ne­gara (SBN).

Dalam keterangan pers secara dar­ing, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menjelaskan skema burden sharing yang akan tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Ke­uangan dan Bank Indonesia (BI) meng­acu pada kelompok penggunaan pem­biayaan yang terdiri dari dua kelompok, yakni public goods dan non public goods.

“Pembiayaan public goods menyang­kut hajat hidup orang banyak terdiri dari pembiayaan di bidang kesehatan sebe­sar 87,55 triliun rupiah, perlindungan sosial 203,9 triliun rupiah, serta sektoral kementerian/lembaga (K/L) dan pemda 106,11 triliun rupiah,” kata Menkeu.

Sedangkan pembiayaan untuk non public goods menyangkut upaya pemu­lihan ekonomi dan dunia usaha, terdiri dari pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) 123,46 triliun ru­piah, Korporasi non-UMKM 53,57 trili­un rupiah, dan non public goods lainnya.

“Private Placement”

Untuk pembiayaan public goods, se­luruh beban, jelas Menkeu, akan ditang­gung BI melalui pembelian SBN yang diterbitkan pemerintah melalui meka­nisme private placement dengan tingkat kupon sebesar BI reverse repo rate yaitu BI akan mengembalikan bunga atau im­balan yang diterima kepada pemerintah secara penuh.

Sementara itu, pembiayaan non pub­lic goods untuk UMKM dan Korporasi non-UMKM akan ditanggung pemerin­tah sebesar BI reverse repo rate dikurangi diskon 1 persen.

“Sedangkan pembiayaan non public goods lainnya, seluruh beban akan di­tanggung pemerintah sebesar market rate,” kata Menkeu.

Pembiayaan non public goods dan lainnya tetap dilakukan melalui meka­nisme pasar atau market mechanism dan BI bertindak sebagai stand by buyer atau last resort sesuai SKB pertama tang­gal 16 April 2020.

Ekonom Bank Permata, Josua Pard­ede, mengatakan seiring dengan naik­nya status Indonesia menjadi negara berpendapatan menengah atas atau upper middle income, maka seharusnya pemerintah sebaiknya tidak menarik pinjaman dari lembaga multilateral ka­rena rate-nya akan lebih tinggi.

Penarikan pinjaman, kata Josua, se­baiknya melalui penawaran surat ber­harga karena Indonesia memiliki daya tawar terhadap investor global. Selain daya tawar kuat, keuntungan lainnya ke­percayaan dari investor serta imbal ha­sil dari instrumen investasi surat utang yang dikeluarkan pemerintah lebih ber­saing.

“Kita punya peringkat investasi yang bagus sehingga kita lebih percaya diri menerbitkan global bond,” kata Josua. uyo/E-9

Tampilkan Semua

Australia Akan Ekspor Listrik Tenaga Surya ke Singapura

Selasa 7/7/2020 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font
SINGAPURA – Jauh di pedalaman gurun Australia, la­dang tenaga surya terbesar di dunia sedang dibangun. Tar­getnya ambisius. Sebagian besar daya yang dihasilkan akan diekspor langsung sejauh 3.800 kilometer ke Singapura,...
Selengkapnya

Kasus Baru Terus Bertambah, Warga Diminta Disiplin

Selasa 7/7/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Bila masyarakat konsisten menjalankan protokol kesehatan Covid-19, pemutusan rantai penularan dapat terkendali dengan cepat.   JAKARTA – Masyarakat di­minta makin disiplin mener­apkan protokol kesehatan Covid-19 dan...
Selengkapnya

Indonesia Harus Konsisten Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

Selasa 7/7/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Presiden Joko Widodo meminta seluruh jajajaran konsisten melanjut­kan program pemulihan ling­kungan untuk menurunkan emisi gas rumah kaca. Presiden mengingatkan bahwa In­donesia berkomitmen menu­runkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Australia Akan Ekspor Listrik Tenaga Surya ke Singapura

Selasa 7/7/2020 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font

SINGAPURA – Jauh di pedalaman gurun Australia, la­dang tenaga surya terbesar di dunia sedang dibangun. Tar­getnya ambisius. Sebagian besar daya yang dihasilkan akan diekspor langsung sejauh 3.800 kilometer ke Singapura, melalui kabel bawah laut bertegangan tinggi yang mem­bentang di dasar laut.

Proyek ladang sel surya itu, diperkirakan menelan bia­ya 20 miliar dollar Australia atau sekitar 13,7 miliar dollar AS. Proyek itu memiliki susunan panel surya 10 gigawatt yang tersebar pada lahan seluas 15.000 hektare, dengan dukungan fasilitas penyimpanan daya sebesar 22 Gigawatt hour (GWh). Sun Cable, perusahaan Singapura di belakang proyek tersebut, berharap dapat memproduksi hingga 20 persen dari kebutuhan energi negara itu.

“Kami akan mengangkat salah satu cadangan radiasi surya terbesar di dunia dan menyalurkannya melalui kabel bawah laut sepanjang 3.800 kilometer,” ujar CEO Sun Cable, David Griffin.

Selama ini, sekitar 95 persen listrik Singapura dihasilkan dari gas alam, dengan sebagian besar berasal dari gas alam cair impor (LNG). Para pemimpin Singapura mengatakan negara itu akan meningkatkan penggunaan energi matahari.

Rincian yang lebih jelas tentang pihak mana yang akan membeli daya di Singapura belum dikonfirmasi, tetapi iSwitch, salah satu pengecer listrik teratas Singapura dan pengecer energi bersih terbesar di negara itu, telah menun­jukkan minat yang besar.

Chief Commercial Officer iSwitch, Andrew Koscharsky, mengatakan selera Singapura terhadap energi bersih ini se­makin meningkat dan bahwa rencana tersebut merupakan jalan keluar bagi semua orang.

“Jika Anda mengatakan kepada saya setahun yang lalu bahwa Singapura akan memasang 350 megawatt tenaga surya pada tahun 2020, saya akan berpikir tidak mungkin di dunia, tetapi di sinilah kita sekarang. Sudah tercapai. Target berikutnya adalah 2.000 megawatt pada tahun 2030. Ini sa­ngat ambisius, tetapi proyek-proyek seperti Sun Cable akan membantu kami sampai di sana,” tambah Koscharsky.

Koscharsky mengatakan berbagai perusahaan akan ter­tarik untuk membeli listrik netral karbon dengan sertifikat sewa dan energi terbarukan.

Energi Terbarukan

Proyek tersebut bukan yang pertama di Northern Territory (NT), Australia. Sebelumnya, Andrew Dickson meluncurkan proyek Asian Renewable Energy Hub. Dickson memanfaat­kan angin dan panas di wilayah Pilbara untuk menghasilkan energi terbarukan hingga 15 GW. Produksi tersebut rencana­nya digunakan untuk menghidupi industri lokal.

“Setahu kami, proyek ini bakal menjadi pembangkit lis­trik hybrid (angin dan surya) terbesar di dunia,” ungkapnya.

Sampai saat ini, proyek di Pilbara masih masuk tahap awal. Mereka memprediksi baru bisa mulai beroperasi satu dekade ke depan. Namun, hal itu pun sudah membuat para pemerhati lingkungan dan akademisi girang. Ross Garnaut, profesor bidang ekonomi di University of Melbourne, menga­takan bahwa transformasi energi di Australia sudah searah dengan kesepakatan Paris tentang emisi gas buang.

Menanggapi rencana tersebut, Ekonom Universitas Surakarta, R Agus Trihatmoko, mengatakan kalau Australia akan membangun ladang tenaga surya, maka suatu saat In­donesia bisa ikut mengimpor, karena biayanya lebih efisien.

“Indonesia bisa impor juga kalau terlambat mengem­bangkannya, apalagi kalau harganya lebih murah. Kalau itu dilakukan maka otomatis akan menggerus devisa,” kata Agus.

Dari sisi teknologi, eksplorasi energi terbarukan sebe­narnya bukan hal baru, namun Indonesia selalu diman­jakan oleh energi yang hampir punah. “Investasi lebih di­gunakan untuk eksplorasi energi fosil ketimbang energi baru terbarukan,” katanya. n SCMP/SB/yni/E-9

Tampilkan Semua

Pentagon Kirim Pesawat Pembom B-52H ke Guam

Selasa 7/7/2020 | 00:02
A   A   A   Pengaturan Font
WASHINGTON – Markas Besar Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon mengirim pesawat pembom strategis B-52H, yang mampu membawa rudal jelajah dan bom nuklir, ke Guam di Pasifik Barat. Langkah Pentagon merelokasi...
Selengkapnya

Inggris Akan Hapus Penggunaan Teknologi 5G Milik Huawei

Selasa 7/7/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
LONDON – Setelah ber­seteru dengan Amerika Seri­kat (AS), Tiongkok kini mu­lai membuka ketegangan dengan Inggris, setelah kedua negara menjalin hubungan yang baik selama satu dekade. Terbaru, Inggris melapor­kan...
Selengkapnya

Israel Luncurkan Satelit Intai untuk Awasi Musuh

Senin 6/7/2020 | 16:22
A   A   A   Pengaturan Font
Yerusalem- Israel meluncurkan satelit pengintai baru pada Senin yang disebutnya akan memberikan pengawasan berkualitas tinggi bagi intelijen militer untuk mengawasi negara-negara musuh--semisal Iran dengan program nuklir yang dianggap...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

Menteri PUPR Tegaskan Penentuan Tarif Tol Dibicarakan dengan BUJT

Rabu 24/6/2020 | 16:00
A   A   A   Pengaturan Font

 

Jakarta,- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa penetapan tarif tol bukan keputusan sepihak pemerintah dan harus dibicarakan dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) karena menyangkut kepercayaan pasar terhadap investasi di Indonesia.

"Kalau untuk penetapan tarif tol, karena ini punya investor bukan milik pemerintah maka saya harus berbicara dengan para BUJT terkait tarif tersebut," ujar Menteri Basuki dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu.

Menurut Menteri PUPR, penentuan tarif tol bukan keputusan pemerintah sepihak, karena menyangkut kepastian investasi.

Misalnya ketika meminta pemerintah untuk melakukan diskon tarif tol, maka harga saham investor tol akan langsung turun.



"Mengingat hal ini menyangkut kepercayaan pasar terhadap investasi di Indonesia," kata Menteri Basuki.

Sebelumnya tarif Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) yang dirasa masyarakat Kalimantan Timur terlalu memberatkan menjadi sorotan khusus Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho.

Lebih lanjut, politisi F-Demokrat tersebut juga menyampaikan lewat surat titu kepada Menteri PUPR. Seperti diberitakan sebelumnya, besaran tarif Tol Balsam yang ditetapkan Menteri PUPR lebih besar dari usulan tarif sebelumnya. PT. Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) mengusulkan tarif Rp 1.000 per kilometer.



Pada tiga tol sepanjang 64,87 km itu, tarif terjauh untuk kendaraan Golongan I dengan jenis sedan, jip, pikap atau truk kecil dan bus adalah Rp64.870.

Namun, tarif dalam SK Menteri justru Rp75.500 yang jatuhnya Rp1.179 per km. Sedangkan, Golongan II-III adalah Rp 1.935 per kilometernya. Untuk Golongan IV-V adalah Rp2.582 per km-nya.AntP-4

Tampilkan Semua

Wawancara Deddy Corbuzier dengan Siti Fadilah Langgar Prosedur

Selasa 26/5/2020 | 12:05
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) menyatakan wawancara yang dilakukan presenter Deddy Corbuzier dengan Menteri Kesehatan RI periode 2004-2009 Siti Fadilah Supari, pada Rabu (20/5/2020), di RSPAD Gatot Soebroto,...
Selengkapnya

30% Dana Bantuan Negara Diusulkan untuk Perempuan

Senin 24/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk bisa menyiapkan calon pemimpin bangsa yang berintegritas, khususnya dari kalangan perempuan maka partai harus anggarkan dana khusus kederisasi kaum hawa. JAKARTA - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengusulkan 30...
Selengkapnya

Panwas Pilkada Soppeng Dilindungi Asuransi

Jumat 7/2/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR - Panitia pengawas (Panwas) pemilihan ke­pala daerah (Pilkada) Kabupaten Soppeng mendapat per­lindungan asuransi dari Badan Penyelenggara Jaminan So­sial Ketenagakerjaan. Sebanyak 611 pengawas didaftarkan pada dua...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

Pasokan BBM

Selasa 7/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

UMKM “Go Online”

Selasa 7/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Empat Bank Ajukan Dana Talangan

Selasa 7/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jika tidak ada klaim yang diajukan perbankan maka akan terjadi potensi keterlambatan pembayaran pemerintah atas biaya-biaya yang dikeluarkan bank penyalur. Jakarta – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah (KUKM)...
Selengkapnya

Semester I-2020, Perusahaan IPO Meningkat 65%

Selasa 7/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai minat perusahaan melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) hingga semester I lalu meningkat sekitar 65 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Bursa...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Sepeda Konversi yang Menawan

Jumat 26/6/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dari laman Trendhunter.com terkuak bahwa kini penggemar sepeda bisa menikmati kegiatan bersepeda atau belanja dengan mengendarai sepeda konversi yang menawan. Sepeda konversi ini bisa dikembangkan bagian tengahnya untuk penyimpanan barang ketika belanja atau berkegiatan lainnya.

Jika bepergian untuk bekerja dengan sepeda, lalu  membutuhkan tumpangan yang andal dan ringkas lalu ingin membeli bahan makanan, membawa anak-anak ke taman, atau memindahkan barang-barang yang lebih berat,  maka diperlukan sepeda kargo yang selalu dapat diandalkan. Convercycle Bike menyajikan disain yang cerdik yang merupakan  gagasan dari disainer produk David Maurer-Laube, yang muncul dengan ide tersebut ketika belajar di Universitas Seni dan Desain di Offenbach. Ini adalah solusi 2-in-1 di kota dan sepeda lengkap.

Convercycle Bike adalah solusi transportasi perkotaan yang tampaknya sederhana bagi penumpang yang ingin menghindari angkutan umum atau mobil. Sepeda ini  sebenarnya menyembunyikan desain dua-dalam-satu yang pasti akan didambakan oleh kaum urban. Sepeda  ini memiliki bagian bagasi tersembunyi yang dapat dibuka ketika diminta sebuah  tempat bagi pengendara untuk menyimpan hingga 60 kilogram perlengkapan. Unit ini dapat digeser ke mode kargo dengan satu gerakan cepat dan akan menjadi kabar baik  bagi konsumen metropolitan yang mencari cara untuk mempertahankan pergerakan kegiatannya   dalam hal transportasi sehari-hari.

Convercycle Bike telah dirancang dalam versi sepeda standar serta variasi listrik yang akan menawarkan kecepatan maksimum 24km per jam.  Convercycle eBike hadir dengan motor 250W dan baterai yang dapat dilepas. Tergantung pada mode dukungan beban dan motor, sepeda listrik dapat mencapai jarak antara 60 hingga 100 kilometer.

Convercycle Bike  terlihat seperti sepeda standar, tetapi bagian belakang terangkat dan meluas untuk mengubahnya menjadi sepeda kargo saat dibutuhkan. Versi kargo dapat memuat dua peti air besar. Ruang penyimpanan cocok untuk segala hal, mulai dari kursi anak-anak hingga koper dan tas belanjaan.

Sepeda ini  dilengkapi dengan hub roda gigi 5-kecepatan Shimano Nexus, rem cakram profesional dan roda 28 inci serta pegangan ergonomis. Pengguna dapat memilih bingkai dan ukuran rel sadel, yang berarti bahwa sepeda cocok untuk orang yang lebih tinggi atau orang pendek. ars

Tampilkan Semua

Mewujudkan Bengkulu yang Maju, dan Berdaya Saing

Senin 24/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Gubernur Bengkulu saat ini, Rohidin Mersyah bertekad untuk mewu­judkan Bengkulu yang ma­ju, sejahtera dan bermartabat dan berdaya saing tinggi. Un­tuk mengupas itu lebih lan­jut Koran Jakarta berkesempa­tan...
Selengkapnya

Layanan Kereta Api Cibatu-Garut Gratis di Awal Operasional

Jumat 31/1/2020 | 17:55
A   A   A   Pengaturan Font
GARUT – PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap menggratiskan layanan transportasi kereta api Stasiun Cibatu-Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada awal operasional sebagai bentuk pelayanan dan menarik minat masyarakat untuk...
Selengkapnya

Pemkot Bandung Bangun Kolam Retensi di Jalan Bima Guna Cegah Banjir

Jumat 31/1/2020 | 09:44
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai membangun kolam retensi di Jalan Bima yang dirancang untuk mampu menampung air untuk menahan luapan dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Citepus. Wali Kota Bandung, Oded M Danial,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Sedan "Hybrid" Pertama Maserati Ghibli Hadir Tahun Ini

Senin 15/6/2020 | 14:16
A   A   A   Pengaturan Font

 

Jakarta- Perusahaan mobil mewah Italia, Maserati akan mengenalkan mobil hybrid pertamanya, Ghibli Hybrid, pada tahun ini.

Ghibli Hybrid akan menjadi tonggak mobil ramah lingkungan yang menandai era baru Maserati.

Dalam siaran pers di laman resmi perusahaan yang dikutip Senin, Maserati mangatakan bahwa "hibridisasi adalah katalisator perubahan, dengan elemen-elemen berbeda yang saling berbenturan dan bersatu, bertemu, saling menemukan dan berevolusi, untuk memunculkan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya."

"Dari inspirasi itu, muncul Ghibli Hybrid baru, yang pertama dalam barisan kendaraan di era baru Maserati," tambah pernyataan itu.

Perusahaan berlogo trisula "lightning-rod" itu tidak mengungkap sedikit pun spesifikasi Ghibli Hybrid. Mereka juga tidak memberikan bocoran foto mobil terbaru itu.

Mereka hanya menyebutkan bahwa mesin yang dipakai Ghibli Hybrid akan menjadi sejarah bagi Maserati, juga pengembangan otomotif berkinerja tinggi.

Sebelumnya, Ghibli Hybrid direncanakan hadir pada April 2020, namun pandemi COVID-19 yang menerjang dunia membuat mereka menunda rencana itu.

Beberapa media otomotif Eropa menyebut bahwa Maserati Ghibli akan hadir pada akhir tahun .Ant/P-4

 

Tampilkan Semua

MG Motor Donasi 10.000 APD untuk Tenaga Medis

Kamis 21/5/2020 | 18:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Meski baru masuk pasar otomotif Indonesia pada awal tahun ini, namun Morris Garage (MG) Motor Indonesia turut berkontribusi memberikan bantuan langsung kepada warga dan tenaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19...
Selengkapnya

Pembelian Honda secara “Online” Meningkat

Kamis 21/5/2020 | 17:20
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – PT Honda Prospect Motor mencatatkan peningkatan pembelian mobil secara online atau daring sebesar 20 persen dari seluruh total penjualan pada April 2020 atau bertepatan dengan pemberlakuan aturan Pembatasan Sosial...
Selengkapnya

MPV dengan VIP Wall Anti Covid-19

Rabu 13/5/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di tengah wabah virus korona seperti sekarang ini pengguna kendaraan membutuhkan pengaman khusus untuk mengindari penularan Covid-19. Perusahaan modifikasi PT Lombardi Auto Indonesia Mobil melakukan desain ulang sedemikian rupa agar...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Hadapi New Normal, BAKTI Siapkan 2.000 Titik Akses Internet

Kamis 4/6/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan 2.000 titik akses internet di lokasi baru sebagai respons New Normal, dimana hal itu kegiatan bekerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah di tengah pandemi COVID-19. 
 
“Kita coba solusikan secara cepat dengan menyiapkan lokasi baru akses internet sebanyak 2.000 titik. Karena inilah solusi jangka pendek yang bisa kita lakukan khususnya dalam periode sekarang pandemi COVID-19 ini,” kata Direktur Utama BAKTI Anang Latif pada Web dan Seminar (Webinar) yang mengambil tema "Solusi Bakti Kominfo di Tengah Pandemi" di Jakarta, Kamis (4/6).
 
Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang menyusun titik-titik dimana saja yang menjadi  prioritas dari 2.000 titik ini, sehingga rencananya pasca pandemi covid-19 ini, tim akan dibentuk untuk segera menyusun dan bergerak ke lapangan. 
 
Sejauh itu, kata Anang, BAKTI telah menyelesaikan pembangunan peningkatan sebanyak 600 BTS USO 2G menjadi 4G. Saat ini total 1.000 BTS USO telah ditingkatkan ke 4G. BAKTI menargetkan untuk menyelesaikan peningkatan 600 BTS USO pada akhir Juni ini. 
 
“Dengan harapan bahwa adanya layanan 4G ini memudahkan mereka melakukan aktivitas semuanya dari rumah, WFH, belajar dari rumah, dan lain-lain. Tentunya ini memeratakan kesempatan tidak hanya kita yang ada di kota besar, namun juga bisa dirasakan di daerah 3T dan perbatasan,” katanya.
 
Dalam upaya percepatan penanganan COVID-19, jelas Anang, BAKTI juga telah melakukan optimalisasi jaringan di daerah 3T (terpencil, terluar, dan tertinggal) untuk mendapatkan kemampuan ICMS (Integrated Management Content System). 
 
Selain, Dirut BAKTI Kominfo Anang Latif, Webinar yang diselenggarakan PWI Jaya itu itu juga menghadirkan pembicara yaitu Pengamat Telekomunikasi/Direktur Eksekutif Information and Communication Technology (ICT) Institut, Heru Sutadi. Webinar juga diikuti tak kurang dari 100 wartawan dari berbagai daerah di Indonesia.
 
Banyak Trobosan

Sementara itu, Heru Sutadi menilai, BAKTI sudah melakukan banyak terobosan dengan hadirnya internet di daerah 3T. Heru mengatakan, new normal di Indonesia dapat menjadi momen pemanfaatan teknologi untuk menjalankan kehidupan dan ekonomi baru yang berjarak.
 
"Kami meyakini kalau masyarakat harus lebih adaptif terhadap teknologi digital agar dapat terus produktif menjalani aktivitas, sembari mencegah penularan pandemi lebih luas. Yang jelas berkerumun masih berisiko. Tetap harus mengurangi kumpul-kumpul. Teknologi digital dengan internetnya masih menjadi solusi new normal, termasuk cashless payment,” tutupnya. mza
Tampilkan Semua

INFINIX Luncurkan Produk Baru dengan Baterai Jumbo

Selasa 2/6/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Sebagai salah satu Global brand yang selalu up to date dalam menyediakan teknologi smartphone muktahir kepada konsumen, INFINIX Indonesia kini sudah berhasil membuka awal tahun 2020 sampai saat ini dengan beragam produk baru...
Selengkapnya

WhatsApp Nantinya Bisa Aktif di Dua Perangkat

Selasa 5/5/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan aplikasi perpesanan itu bisa dijalankan atau aktif bersamaan setidaknya di dua perangkat berbeda. “Sejak tahun lalu, WhatsApp mengembangkan fitur baru yang...
Selengkapnya

Aplikasi Daring untuk Hadapi Pandemi Covid-19

Selasa 5/5/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Teknologi digital hadir untuk membantu dalam upaya mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19. Aplikasi-aplikasi perang melawan Covid-19 dikembangkan oleh Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) yang dimulai pada akhir Maret lalu....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut ruang di dalam rumah sebagai ruang kerja. Pindahnya ruang kerja dari kantor ke rumah tidak dipungkiri membawa sejumlah konsekuensi. Para pekerja perlu beradaptasi “di tempat baru” untuk menyelesaikan pekerjaannya yang biasa dilakoni kurang lebih selama delapan jam per hari.

Alhasil, mereka pun membutuhkan ruang kerja yang nyaman untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dilansir dari laman Dezeen, ruang kerja di dalam rumah dapat memanfaatkan bagian rumah yang menghadap ke jendela, sehingga saat bekerja, para pekerja dapat memandang lingkungan di luar ruangan. Konsep ruang kerja semacam ini membuat kerja tidak membosankan, menumbuhkan ide baru serta menciptakan suasana yang tidak terpisah dengan lingkungan sekitar.

Dalam konsep tersebut, penghuni dapat meletakkan tempat tidur di belakang meja kerja yang digunakan untuk melepas lelah saat jeda kerja. Di tempat tersebut juga dapat digunakan untuk membaca buku secara lebih santai. Perlu Sentuhan YLAB Arquitectos, studio arsitek di Bercelona, Spanyol, merekomendasikan ruang kerja dapat dibuat dengan meja yang menempel pada lemari dinding. Meja kerja tersebut terlihat disembunyikan di lemari dinding. Saat akan digunakan, meja yang bergabung dengan lemari dibuka serta dilenngkapi dengan kursi kerja.

Sementara itu, IDIN Architects, studio arsitek di Bangkok, ailand, menggunakan meja kerja yang terdapat dalam tempat tinggal sebagai ruang kerja.

Selain leluasa, meja kerja yang terhubung dengan dapur mampu memberikan kedekatan di antara anggota keluarga. Lantaran ruangan yang ditujukan untuk pasangan muda ini dengan bebas dapat melongok aktivitas pasangannya untuk mempererat hubungan pribadi.Widger Architecture, studio desain interior di London, Inggris, menggunakan bagian loteng at untuk ruang kerja.

Ruang tersebut ditutup dengan kayu lapis warna cerah untuk bagian langit-langit dan dinding. Material serupa digunakan untuk membuat meja build in.

Sebagai padanannya, material dekorasi (seperti lampu, bingkai kursi, dan jendela) menggunakan warna hitam. Padanan warna tersebut menjadikan ruang kerja yang terletak di loteng tidak terasa pengap serta menjadikan ruang terasa lebih hidup. Jendela yang menempel pada dinding loteng memberikan salah satu keuntungan.

Karena loteng yang identik sebagai ruang bukan digunakan untuk beraktivitas mampu memberikan kehidupan untuk penghuninya. Alhasil, dengan sedikit sentuhan desain serta memahami makna ruangan, tempat tinggal pun dapat menjadi ruang kerja yang nyaman terutama selama WFH. din/S-2

Tampilkan Semua

Pandemi Covid-19 Bakal Pengaruhi Desain Interior

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 dinilai bakal mampu menelurkan ide baru dan memengaruhi adanya perubahan dalam desain interior, baik untuk hunian maupun perkantoran. Selain itu, adanya pola hidup untuk selalu menjaga kebersihan juga akan menjadi...
Selengkapnya

Desain Pasar Mikro untuk Minimalisir Penyebaran Korona

Selasa 7/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pasar saat ini menjadi lokasi yang patut dihindari seiring dengan merebaknya wabah virus Korona atau Covid-19.  Mengingat pasar merupakan lokasi yang tidak dapat dihindari oleh masyarakat di tengah wabah virus, dipandang perlu...
Selengkapnya

Bangunan untuk “Rumah Sakit Darurat”

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Seiring dengan merebaknya wabah virus Korona atau Covid-19, banyak bangunan yang berubah fungsi menjadi “rumah sakit dadakan”. Perubahan fungsi ini tentu harus memenuhi standar rumah sakit agar modifikasi yang dilakukan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Gasak Villarreal 1-4, Barcelona Terus Bayangi Real Madrid

Senin 6/7/2020 | 14:08
A   A   A   Pengaturan Font

BARCELONA - Barcelona kembali memangkas selisih keunggulan Real Madrid di puncak klasemen Liga Spanyol selepas menggasak tuan rumah Villarreal 4-1 dalam laga pekan ke-34 tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion de la Ceramica, Minggu waktu setempat atau Senin (6/7) WIB.

Setelah keunggulan lewat gol bunuh diri Pau Torres diimbangi Gerard Moreno, Barcelona melesat lewat tiga gol yang disumbangkan Luis Suarez, Antoine Griezmann, dan Ansu Fati untuk memenangkan pertandingan.

Kemenangan itu membuat Barcelona yang ada di posisi kedua kini mengoleksi 73 poin, terpaut empat poin di belakang Real Madrid (77) yang menang dalam laga lebih awal.

Sedangkan Villarreal (54) tak beranjak dari peringkat kelima, membuang kesempatan mengkudeta Sevilla (57) dari empat besar.

Barcelona yang memasuki pertandingan dengan catatan nirmenang di dua pertandingan sebelumnya segera menekan tuan rumah dan tiga menit laga berjalan umpan silang berbahaya Jordi Alba ke arah Griezmann dipotong oleh Torres, tapi bek Villarreal itu malah memantulkan bola ke dalam gawangnya sendiri.

Villarreal sempat keluar dari tekanan dan pada menit ke-14 menyamakan kedudukan lewat sambaran Moreno atas bola muntah hasil tembakan Santi Cazorla yang tak dihentikan sempurna oleh kiper Marc-Andre ter Stegen.

Dua menit kemudian Suarez hampir membawa Barcelona kembali memimpin jika saja tembakan kaki kirinya tak dimentahkan oleh kiper Sergio Asenjo.

Tetapi mantan penyerang Liverpool itu tidak butuh waktu lama untuk benar-benar mencetak gol dan merestorasi keunggulan Barcelona, sebab pada menit ke-20 ia melepaskan tembakan melengkung ke pojok kanan atas gawang tak terjangkau Asenjo mengakhiri proses serangan yang diwarnai kepiawaian Lionel Messi menggiring bola.

Villarreal tak segera patah semangat dan berusaha menyamakan kedudukan kembali, sayangnya tembakan Samuel Chukwueze masih tipis di atas mistar gawang sedangkan sepakan sudut sempit Carlos Bacca masih bisa dimentahkan Ter Stegen.

Di sisi gawang berbeda, tembakan Arturo Vidal dan penyelesaian Suarez bisa diantisipasi oleh Asenjo.

Namun, Asenjo tak bisa berbuat banyak ketika Griezmann menyambut umpan tumit Messi dengan sepakan hebat yang melesak begitu saja ke gawang tuan rumah tepat di pengujung babak pertama, mengubah skor jadi 3-1 untuk Barca.

Unggul dua gol tak membuat Barcelona berpuas diri memasuki babak kedua, mereka terus menerus menggempur pertahanan lawannya. Sayangnya sepakan Suarez, Vidal dan Alba belum membuahkan hasil, sedangkan gol Messi pada menit ke-69 dianulir oleh VAR karena offside.

Kerja keras Barca meraih gol keempat akhirnya membuahkan hasil empat menit jelang bubaran waktu normal, ketika Alba menyodorkan bola kepada Fati dan talenta muda itu menusuk ke dalam gawang sebelum melepaskan tembakan yang mengolongi bek Villarreal dan bersarang ke area tiang dekat.

Barcelona belum habis dan Messi ingin melengkapi kemenangan itu dengan ikut masuk di papan skor, tetapi tembakan sudut sempitnya bisa dimentahkan Asenjo demikian juga sepakan bebas khasnya yang membentur mistar gawang, bola liar berusaha disambar Martin Bratihwaite tetapi lagi-lagi Asenjo sigap melakukan halauan.

Skor 4-1 bertahan hingga laga usai dan tim besutan Quique Setien masih memelihara asa dalam perburuan gelar juara musim bersama Real Madrid.

Barcelona wajib memenangi Derbi Catalunya menjamu rival sekotanya Espanyol di Camp Nou dalam laga pekan ke-35 pada Rabu (8/7) waktu setempat (Kamis WIB) jika masih ingin mempertahankan gelar juara, beberapa jam setelah Villarreal memainkan laga tandang kontra Getafe. (ion/AFP/S-2)

Tampilkan Semua

Napoli Taklukkan Roma 2-1

Senin 6/7/2020 | 14:02
A   A   A   Pengaturan Font
NAPLES - Napoli menundukkan tamunya AS Roma dengan skor 2-1 untuk menyamai koleksi poin sang lawan di klasemen Liga Italia, dalam pertandingan pekan ke-30 tanpa penonton karena pandemi COVID-19 di Stadion San Paolo, Napoli, Minggu waktu...
Selengkapnya

Tundukkan Cagliari, Atalanta Raih Kemenangan Kedelapan Beruntun

Senin 6/7/2020 | 13:53
A   A   A   Pengaturan Font
ATALANTA - Gol dari eksekusi penalti Luis Muriel mengamankan kemenangan kedelapan beruntun bagi Atalanta di Liga Italia, saat mereka mengandaskan perlawanan tuan rumah Cagliari dengan kemenangan 1-0, Minggu setempat atau Senin (6/7) dini...
Selengkapnya

Manchester City Tersungkur di Markas Southampton

Senin 6/7/2020 | 13:47
A   A   A   Pengaturan Font
SOUTHAMPTON -Manchester City tersungkur di markas Southampton dengan skor 0-1 dalam laga pekan ke-33 Liga Inggris tanpa penonton di Stadion St. Mary's, Minggu waktu setempat atau Senin (6/7) WIB. Kekalahan itu jadi hasil yang cukup...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

UU Keamanan Nasional Hong Kong

Senin 6/7/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font

Undang-Undang Keamanan Nasional Hong Kong yang dirancang pemerintah Tiongkok memberi wewenang peradilan yang lebih luas kepada Beijing. Undang-undang ini akan mengikis bahkan bisa menghapuskan independensi sistem hukum Hong Kong yang dijamin oleh konstitusi mini negara itu. UU tersebut berdampak luas pada kehidupan di kota berpenduduk 7,5 juta orang itu.

Sedikitnya terdapat lima pokok persoalan yang kontroversial dalam UU itu. Pertama, soal hukuman seumur hidup. Empat kategori pelanggaran pidana yang dijabarkan dalam UU itu adalah pemecatan, subversi kekuasaan negara, kegiatan teroris, kolusi dengan pasukan asing dan perilaku yang membahayakan keamanan nasional. Pelaku utama dan pelanggar dapat menerima hukuman seumur hidup maksimal, atau penjara jangka panjang 10 tahun ke atas karena pelanggaran di semua kategori itu

Kedua, berkaitan dengan yuridiksi Tiongkok atas kejahatan sangat serius. Sebelum pengesahan, UU ini telah memicu kekhawatiran yang meluas atas matinya sistem hukum independen Hong Kong.

Menurut UU yang didukung bulat oleh parlemen Hong Kong ini, Tiongkok dapat mengambil alih seluruh penuntutan dari penangkapan ke pengadilan untuk kasus campur tangan asing yang rumit, kasus “sangat serius” dan kasus di mana keamanan nasional menghadapi ancaman serius dan realistis. Agen keamanan nasional dan Hong Kong dapat meminta untuk meneruskan dan melimpahkan kasus ini ke Tiongkok daratan.

Yang dikhawatirkan warga Hong Kong dan dunia adalah peradilan di Tiongkok sering bermotivasi politiik. Para terdakwa sering ditolak haknya atas peradilan yang adil dan terbuka. Aktivis, pembangkang, pengacara, dan penentang pemerintah akan menjadi sasaran empuk UU ini. Mereka bahkan tidak jarang mengalami penyiksaan menjelang menunggu persidangan.

Ketiga, terkait dengan peradilan rahasia tanpa juri atau hakim. Dalam UU ini, seseorang dapat ditahan pihak keamanan nasional secara rahasia dan tertutup tanpa proses pengadilan bila aktivitas mereka berkaitan dengan rahasia negara.

Keempat, berkaitan Badan Keamanan Nasional yang akan didirikan di Hong Kong. UU ini memberikan kewenangan pada Tiongkok mendirikan perwakilan Badan Keamanan Nasional Pemerintah Pusat di Hong Kong. Tiongkok bahkan telah mengangkat Zheng Yanxiong, Sekjen Partai Komu­nis Tiongkok di Guangdong, sebagai Kepala Kantor Keamanan Nasional di Hong Kong, sedangkan deputinya di­tunjuk Li Jiangzhou dan Sun Qingye.

Zheng Yanxiong tidak terikat oleh hukum setempat ketika menjalankan tugas. Tugas pertama Kantor Keamanan Nasional menganalisis segala po­tensi ancaman terhadap Hong Kong dan memberikan rekomendasi soal penanganannya kepada Tiongkok. Pemerintah Hong Kong tidak memiliki yurisdiksi terhadap pejabat Keamanan Nasional di Hong Kong dan stafnya ketika mereka melaksanakan tugas yang diatur dalam undang-undang ini.

UU juga mengharuskan Departemen Kehakiman Hong Kong membentuk departemen penuntutan sendiri untuk kejahatan keamanan nasional. Kepala Departemen Penuntutan itu ditunjuk oleh Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam.

Undang-undang tersebut juga memberi polisi wewenang mengumpulkan bukti, termasuk menyadap komunikasi dan memata-matai tersangka. Polisi juga dapat meminta platform dan penyedia layanan untuk menghapus informasi dan membantu dalam penyelidikan.

Kelima, berkaitan dengan pengawasan LSM Asing dan Organisasi Berita. Badan Keamanan Nasional Hong Kong diberikan kewenangan mengambil langkah-langkah yang diperlukan terkait aktivitas LSM asing dan media massa. Padahal dalam Konstitusi mini, Hong Kong menjamin kebebasan berbicara dan kebebasan pers, tidak seperti di Tiongkok. Di Tiongkok, media dan semua bentuk komentar publik diawasi dengan ketat oleh pemerintah. Kebijakan inilah yang akan diterapkan di Hong Kong. ν

Tampilkan Semua

Korupsi Kepala Daerah

Sabtu 4/7/2020 | 13:09
A   A   A   Pengaturan Font
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur, Ismunandar bersama istrinya, Encek UR Firgasih, dan 13 orang lainnya dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), Kamis (2/7) malam. Ismunandar dan Encek UR...
Selengkapnya

Mewaspadai Pasar Tradisional

Jumat 3/7/2020 | 13:27
A   A   A   Pengaturan Font
Langkah penanggulangan pandemi Covid-19 terus dilakukan pemerintah dengan berbagai strategi, namun angka penambahan kasus yang posistif terus meninggi di sejumlah provinsi. Hingga 1 Juli 2020, kasus positif korona di seluruh provinsi di...
Selengkapnya

Lambatnya Pencairan Insentif Tenaga Medis

Selasa 30/6/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Insentif yang dijanjikan pemerintah untuk tenaga medis yang merawat pasien yang terjangkit virus korona, Covid-19, belum sepenuhnya cair dan direalisasikan. Dari dana yang dianggarkan 5,9 triliun rupiah, insentif yang baru dicairkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

Minum Susu Mentah Bisa Sebabkan Penyakit

Selasa 7/7/2020 | 07:17
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Susu sapi dianggap sebagai minuman paling sehat, banyak yang meminumnya saat dingin ataupun tanpa dimasak (mentah), namun sebuah penelitian menyebut bahwa meminum susu mentah dapat menyebabkan penyakit.

Dikutip Indian Express, Senin (6/7), sebuah penelitian menemukan bahwa minum susu mentah atau tanpa dimasak dapat menyebabkan beberapa penyakit serta penyakit yang ditularkan melalui makanan, selain itu susu mentah juga disebut menjadi sumber infeksi bakteri dalam tubuh.

Penelitian yang dilakukan di Universitas California, Davis ini meneliti lebih dari 2.000 sampel susu dari berbagai bagian di Amerika Serikat, termasuk susu mentah dan susu yang dipasteurisasi dengan berbagai cara.

Ditemukan bahwa susu mentah memiliki prevalensi tertinggi mikroba resisten antibiotik ketika dibiarkan pada suhu kamar.

Bakteri dengan gen yang kebal antimikroba, jika ditularkan ke patogen, memiliki potensi untuk menjadi "superbug," sehingga obat-obatan farmasi untuk mengobati infeksi atau penyakit tidak lagi berfungsi.

Menurut Centers for Disease Control atau Pusat Pengendalian Penyakit Amerika, setiap tahun, hampir tiga juta orang mengembangkan infeksi yang kebal antibiotik, dan lebih dari 35.000 orang meninggal.

"Namun, para peneliti menyatakan bahwa penelitian ini tidak memiliki niat untuk menakut-nakuti orang, melainkan untuk mendidik mereka. Jika Anda ingin terus minum susu mentah, simpanlah di lemari es Anda untuk meminimalkan risiko berkembangnya bakteri dengan gen yang kebal antibiotik," kata pemimpin penelitian, Jinxin Liu, seorang peneliti postdoctoral di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan di University of California Davis.

"Studi kami menunjukkan bahwa dengan penyalahgunaan suhu dalam susu mentah, baik disengaja atau tidak, dapat menumbuhkan bakteri ini dengan gen resistensi antimikroba," lanjut rekan penulis jurnal Michele Jay-Russell, peneliti mikrobiologi dan manajer di UC Davis Western Center for Food Keamanan.

Jay-Russell mengatakan bakteri dengan gen resistensi antimikroba ini tidak hanya akan merusak tapi juga akan berisiko sangat tinggi jika tidak ditangani dengan benar. Ant/I-1

Tampilkan Semua

Dior Buat Adibusana Mini

Senin 6/7/2020 | 20:23
A   A   A   Pengaturan Font
Direktur Kreatif Rumah Mode Dior, Maria Grazia Chiuri, membuat koleksi adibusana (haute couture) mini untuk Musim Gugur/Musim Dingin 2020.  Koleksi adibusana ini diilhami tokoh-tokoh perempuan surealis seperti Dora Maar, Leonora...
Selengkapnya

Lukisan Van Gogh Bisa Dilihat dari Mobil

Senin 6/7/2020 | 16:32
A   A   A   Pengaturan Font
Pecinta seni bisa menyaksikan karya-karya Van Gogh dari dalam mobilnya (drive-in) di Museum Toronto, Kanada.  Langkah itu dianggap terobosan bagi pariwisata karena pengunjung tetap bisa menyaksikan hiburan atau pameran dengan...
Selengkapnya

Toped Laporkan Pembocor Data

Senin 6/7/2020 | 16:25
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Tokopedia menyatakan sudah melaporkan ke polisi pihak ketiga yang membocorkan dan mengunggah data pengguna platform jual beli tersebut di media sosial.  "Kami telah melaporkan ke kepolisian. Kami mengingatkan seluruh pihak...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Polisi Rampungkan Pemeriksaan Terkait Ledakan Menteng

Senin 6/7/2020 | 23:15
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kepolisian telah merampungkan pemeriksaan sejumlah saksi terkait ledakan benda menyerupai petasan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Minggu (5/7) malam.

"Beberapa saksi sudah kita lakukan pemeriksaan, kita sambil menunggu saja bagaimana hasilnya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Senin (6/7).

Yusri memastikan tidak ada korban jiwa. Sedangkan kerusakan yang ditimbulkan hanya membuat kempes ban sebuah mobil yang sedang terparkir.

"Saat olah TKP, pertama tidak ada korban jiwa, kedua kerusakan yang bannya kempes," tuturnya.

Kemudian berdasarkan hasil pemeriksaan, ledakan yang terjadi disebabkan oleh sebuah benda yang menyerupai petasan. "Hasil olah TKP bahwa memang ledakan itu seperti menyerupai petasan atau low expolosive menyerupai petasan yang sampai dengan saat ini tim labfor masih melakukan penyelidikan untuk memastikan semuanya karena kejadiannya di tempat umum," papar Yusri.

Yusri juga meminta masyarakat tidak panik dalam menanggapi peristiwa ledakan petasan itu. "Kita harapkan masyarakat tidak usah resah karena ini bukan ledakan seperti apa yang disampaikan beberapa media," katanya Jon/Ant/P-5

Tampilkan Semua

Kasus Positif di Depok Bertambah 12 Orang

Senin 6/7/2020 | 21:37
A   A   A   Pengaturan Font
DEPOK Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok Jawa Barat mencatat adanya penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 yaitu sebanyak 12 orang sehingga secara keseluruhan menjadi 825 orang. "Penambahan tersebut berasal dari...
Selengkapnya

Dewan Inginkan PPDB Jalur Zonasi Diulang

Senin 6/7/2020 | 21:33
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA  - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani menyatakan seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), khususnya jalur zonasi sebaiknya diulang. Bermasalahnya jalur zonasi, kata politisi Fraksi PAN tersebut, seperti...
Selengkapnya

Tawuran di Jalan Daan Mogot Bermula Saling Ejek di Medsos

Senin 6/7/2020 | 21:22
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA -  Kapolsek Tanjung Duren, Jakarta Barat, Kompol Agung Wibowo menjelaskan tawuran dua geng pemuda di Jalan Daan Mogot Raya, Grogol Petamburan, diawali saling ejek di media sosial. "Kami masih dalami motif mereka....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

Glamping di Antara Gedung Bertingkat

Selasa 7/7/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Rooftop Glamping merupakan tempat yang cocok untuk berwisata sekaligus berkemah di atas gedung karena mampu menyajikan pemandangan yang berbeda. Chicago merupakan kota terbesar di negara bagian Illinois, Amerika Serikat. Selain itu, banyak bangunan gedung pencakar langit di kota terkenal ini. Sebut saja Willis Tower, ini  adalah gedung pencakar langit di Chicago dengan ketinggian 443 meter dan sebanyak 110 lantai. Dari ketinggian berbagai gedung  di sana itulah ditawarkan rooftop glamping. Pengalaman berkemah mewah seperti ini disiapkan oleh Chicago’s Gwen Hotel  dengan menawarkan  pengalaman Glamping Urban Luxe Suite.

Hotel Gwen yang dikenal memiliki  fasilitas mewah saat ini menawarkan pengalaman musim panas terbarunya untuk  pelanggan, yaitu  kesempatan untuk tinggal di luar hotel dan menghabiskan beberapa malam dalam pengalaman urban glamping. Berada di ketinggian  lantai 16 gedung bersejarah McGraw-Hill, teras Gwen Lux Suite meliputi lebih dari 300 meter  persegi  area  terbuka dengan pemandangan Michigan Avenue yang indah dan beberapa arsitektur kota yang paling ikonik.

Sebagai bagian dari pengalaman Glamping, para tamu akan memiliki kesempatan untuk bermalam di bawah bintang-bintang melalui penawaran paket hotel eksklusif ini. Tenda Lotus Belle yang luas berukuran berdiameter 4,8 meter dan menampilkan estetika bohemian eklektik dengan perpaduan pola dan tekstur.  Perabotan mewah termasuk meja samping drum, terdiri dari puncak kayu mangga dengan dasar besi tembaga, bantal kursi macramé yang diikat dengan tangan dan karpet goni India yang dikepang.

Bagian utama dari tenda glamping adalah tempat tidur Black Pearl berukuran queen, dirancang khusus untuk merek hotel Luxury Collection. Termasuk dengan itu adalah  akses ke suite dua kamar tidur, yang dapat menampung hingga enam tamu. The Gwen Lux Suite juga memiliki ruang makan, ruang tamu dengan bar, dan bathtub. Para tamu Glamping menerima fasilitas khusus selama masa tinggal mereka, termasuk sambutan selamat datang dari Chef Jergens dan transportasi bandara pulang pergi. Mimpi manis akan diberikan dengan kemudahan tambahan eksotis yang menampilkan cokelat Meksiko, marshmallow Cayenne buatan rumah dan hiasan daun emas. Untuk bersantap, hidangan dimasak oleh koki eksekutif Gwen Hotel.

Sepanjang kunjungan, para tamu dapat menikmati akses ke Layanan Elite Ambassador hotel, disediakan untuk para tamu VIP The Gwen.Pengalaman urban glamping saat ini dihargai  sekitar 5.500 dollar AS  per malam.Ars

Tampilkan Semua

Mencermati Wisata Glamping

Selasa 7/7/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Glamping merupakan gabungan dari dua kata, yakni glamour dan camping. Ini berarti glamping merupakan suatu bentuk perkemahan modern dengan nuansa glamour atau fasilitas mewah dan lengkap. Glamping ini belakangan menjadi bentuk...
Selengkapnya

Four Seasons Tented Camp Sajikan Perjalanan Unik di Thailand

Selasa 7/7/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Grup hotel besar juga menyiapkan akomodasi glamping dengan mengambil lokasi alam yang masih terjaga keasriannya. Berada di lingkungan alami Thailand utara, yang berbatasan dengan Burma dan Laos. Berinteraksi dengan gajah yang...
Selengkapnya

Masker Wajah Transparan dengan Sterilisasi Mandiri

Senin 6/7/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19  mewajibkan setiap orang untuk menggunakan masker penutup wajah setiap akan melakukan kegiatan di luar rumah. Belakangan pembuatan masker semakin berkembang dan pilihan ke masker transparan. Kewajiban memakai masker...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Klasifikasi Guru Penggerak Punya Kemauan Berinovasi Melakukan Perubahan

Selasa 7/7/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program Guru Penggerak sebagai episode terbaru kebijakan Merdeka Belajar.

 

Guru Penggerak diharap­kan dapat menjadi ujung tombak dalam mencapai tujuan dari Merdeka Belajar dengan terciptanya pelajar profil Pancasila yang berketuhanan, dan berakhlak mulia, dengan kebinekaan global, gotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri yang merupakan ciri pelajar unggul untuk masa depan bangsa.

Adanya program ini diharap­kan mampu menjawab salah satu permasalahan profesi guru, yaitu terkait kejelasan jenjang karier. Selain itu, para Guru Penggerak nantinya diharapkan dapat menjadi penggerak pendidikan di daerah masing-masing.

Untuk mengupas terkait program Guru Penggerak, Koran Jakarta mewawancarai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Men­dikbud), Nadiem Makarim. Berikut petikan wawancaranya.

Apa perbedaan definisi guru penggerak dengan guru yang baik selama ini?

Perbedaannya guru yang baik bertugas mendorong prestasi siswa, mengajar dengan kreatif, dan mengembangkan diri secara aktif. Kemampuan-kemampuan tersebut masih belum cukup untuk menjadi guru penggerak.

Guru penggerak memiliki semua karakter yang baik, tapi punya kemauan untuk berino­vasi melakukan perubahan. Perubahan tersebut dicapai dengan mendorong tumbuh kembang siswa secara holistik melahirkan profil pancasila, men­jadi pelatih di sekolah dan di luar sekolah, serta menjadi teladan dan agen transformasi bagi ekosistem pendidikan.

Guru baik hanya mengajar, guru penggerak harus memberi dampak ke guru dan sekolah. Saya yakin ada guru penggerak di masing-masing sekolah, hanya saja belum diketahui dan tidak ada pengakuan untuk peningkatan kualitas dia.

Para guru penggerak yang sudah ada saat ini, mereka tidak dimerdeka­kan untuk melakukan program yang dia inginkan. Mereka juga merasa sendiri karena tidak di­berikan wadah untuk kolaborasi dengan guru penggerak lainnya.

Itulah program bukan pelati­han pelulusan, tapi juga wadah didukung pemerintah juga guru penggerak lainnya melakukan pe­rubahan lain. Ada banyak seperti Anda kita satukan.

Bagaimana gambaran umum dari Kemendikbud dalam men­ciptakan guru-guru penggerak?

Pertama, kita akan melakukan proses rekrutmen yang sangat ketat, tapi kami memberikan kesempatan besar kepada guru-guru terbaik dengan status PNS maupun honorer untuk bisa menjadi guru penggerak. Akan ada programnya juga, kalau untuk guru baru itu PPG, guru pengger­ak juga punya program melatih potensi kepemimpinan dan membantu guru-guru lain dalam melakukan perubahan. Jadi ada programnya. Yang lulus itulah yang menjadi guru penggerak.

Saya tekankan tidak semua guru seharusnya menjadi guru penggerak karena ini klasifikasi guru yang mau melakukan suatu hal luar biasa. Kami bukan ingin semuannya untuk masuk ke dalam program guru penggerak. Ini hanya untuk yang punya keyakinan ingin berkontribusi besar di luar ke­las. Kalau bukan passion jangan mendaftar.

Ada jaminan jenjang karier bagi guru penggerak?

Program ini diharapkan dapat melahirkan calon pemimpin pen­didikan masa depan yang mem­beri dampak perubahan. Selain menjadi guru penggerak nantinya diharapkan peserta yang lulus juga menjadi kepala sekolah, penga­was, dan pelatih program-program pelatihan guru.

Bagaimana Kemendikbud me­mastikan jenjang karier bagi para guru penggerak ini nantinya?

Kami dari Kemendikbud akan menjalin komitmen dengan semua pemerintah daerah (pemda) dan kepala dinas untuk memastikan para guru penggerak nantinya bisa memberi dampak di daerah masing-masing. Kolaborasi ini juga untuk membuat jenjang karier dengan memprioritaskan para guru penggerak menjadi kepala sekolah, pengawas, dan pelatih guru.

Berapa target guru penggerak yang dihasilkan?

Sampai tahun 2024, program guru penggerak akan diselenggara­kan sebanyak 13 angkatan dengan total guru penggerak yang dihasilk­an yaitu 405.000. Dalam lima tahun ke depan, transformasi pendidikan melalui program guru penggerak ini diharapkan lebih dari 20 persen sehingga akan memudahkan dalam proses keberlanjutan programnya. m aden ma’ruf/P-4

Tampilkan Semua

Program Kartu Prakerja Terindikasi Maladministrasi Sejak Proses Perencanaan

Sabtu 4/7/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Program Kartu Prakerja yang digadang-gadang oleh Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sejak masa kampanye yang lalu, kini menimbulkan polemik. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pernah melakukan kajian dan menemukan potensi kerugian keuangan...
Selengkapnya

“Kaget Juga Saya, karena Semua Data Sudah Diinput”

Jumat 3/7/2020 | 06:28
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang kabinet paripurna pada 18 Juni 2020, banyak menyentil kinerja berbagai kementerian yang dinilai masih bekerja secara linier atau biasa- biasa saja di tengah pandemi virus korona atau Covid-19. ...
Selengkapnya

Disiplin Pengunjung dalam Mengikuti Protokol Kesehatan Masih Rendah

Kamis 2/7/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Menghadapi masa new normal ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan peninjauan lapangan penerapan protokol kesehatan di sejumlah lokasi wisata di Provinsi DKI Jakarta dan sekitar...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Zainal Abidin Bin Bakar : Tingkatkan Hubungan Bilateral dengan 5 Rencana Aksi

Sabtu 4/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Malaysia dan Indonesia sebagai negara bertetangga serta serumpun selalu dihadapkan pada banyak persoalan seperti hubungan kedua negara yang pasang surut terkait batas wilayah darat, laut, dan udara, masalah pandemi virus Covid-19 atau korona, maupun kejahatan global terorisme, perdagangan narkotika dan manusia (human trafficking).

Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pemerintah Malaysia menangani penyebaran Covid-19, dan kerja sama dalam memerangi kejahatan global terorisme, perdagangan narkotika, dan manusia, wartawan Koran Jakarta, Aloysius Widiyatmaka, mewawancarai Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Zainal Abidin Bin Bakar. Berikut petikan wawancara selengkapnya.

Malaysia masuk lima negara terbaik dalam menangani pandemi Covid-19. Apa saja yang dilakukan?

Kementerian Kesihatan Malaysia (KKM) memainkan peran penting dalam memastikan kesiapan maksimum untuk menghentikan penularan virus. Di antara upaya paling awal yang dilakukan oleh KKM untuk mencegah penularan penyakit adalah penegakan pemeriksaan kesehatan di semua titik masuk. Proses penyaringan ketat di semua bandara di Malaysia diberlakukan setelah kasus pertama di luar Tiongkok dilaporkan di Thailand pada 13 Januari 2020.

Langkah kunci berikutnya yang diambil oleh KKM bersama dengan pemerintah untuk mengatasi penularan Covid-19 adalah dengan meningkatkan jumlah rumah sakit yang dapat menangani kasus Covid-19. Harus dipastikan bahwa kapasitas negara untuk menerima dan merawat pesakit (pasien) Covid-19 harus senantiasa berada di tahap optimal.

Untuk mengurangi penularan Covid-19, KKM telah mengambil langkah-langkah agresif dengan bekerja sama erat dengan polisi untuk menemukan kemungkinan pembawa virus, mengidentifikasi mereka, melakukan pengujian, dan memaksakan karantina mandiri selama 14 hari. KKM bersama penyedia layanan kesehatan tertentu menawarkan pengujian swab dan pengumpulan sampel dari individu dan perusahaan di tempat mereka, serta lokasi uji drive-through.

Langkah paling penting adalah usaha pemerintah Malaysia menerapkan Perintah Kawalan Pergerakan (Movement Control Order/ MCO) sejak 18 Maret 2020 sehingga kini. Di bawah MCO, kecuali layanan penting dan strategis buat negara, semua harus ditutup dan rakyat diminta untuk tetap berada di rumah. Hanya seorang wakil dari setiap keluarga bisa untuk keluar bagi membeli bahan makanan dan juga urusan penting yang lain. MCO membatasi perpindahan orang masuk atau keluar dari suatu daerah. MCO atau lockdown versi Malaysia telah berhasil menekan penularan wabah Covid-19.

Dalam kesempatan ini, saya ingin menyebutkan juga peran pihak lain seperti Media dan NGO (Lembaga Sosial Masyarakat/LSM) di Malaysia. Media telah bersama-sama membantu pemerintah Malaysia bagi menyampaikan maklumat yang tepat serta mengimbau masyarakat untuk tetap tinggal di rumah dan menghindari pertemuan massa. Tagar #stayhome telah digunakan secara luas di media dan diharapkan pesan-pesan penting untuk menghentikan penularan Covid-19 dapat menjangkau semua lapisan masyarakat. Pemerintah juga terus memberantas hoaks yang bisa membuatkan rakyat panik dan merasa resah dengan situasi Covid-19.

LSM telah secara aktif membantu mereka yang terkena dampak pandemi ini. Mereka telah menyediakan makanan, tempat tinggal bagi para tunawisma, dan bahkan telah memberikan uang untuk membantu mereka yang membutuhkan. Beberapa LSM telah membantu dengan menyediakan masker pelindung, ruang desinfeksi dan membantu mendidik warga tentang Covid-19. LSM bersama-sama pemerintah Malaysia telah membantu pekerja migran Indonesia yang berada di Malaysia melalui pemberian sembako bagi mengurangi beban mereka yang telah hilang mata pencarian semasa MCO.

Pokoknya, hasil kejayaan kita menangani kasus Covid-19 sehingga pada 1 Juli 2020 lalu, kita telah mencapai nol kasus infeksi lokal, semuanya adalah berkat tanggung jawab kolektif yang ditunjukkan oleh semua pihak di peringkat pemerintah, LSM dan terutamanya masyarakat Malaysia.

Bagaimana disiplin masyarakat Malaysia dalam mengikuti langkah-langkah pemerintah mengatasi Covid-19?

Harus diakui, kesadaran masyarakat Malaysia pada awal penerapan langkah MCO adalah rendah. Ketika diterapkan Perintah Kawalan Pergerakan pada 18 Maret 2020 masih ada individu yang mengabaikan perintah dan berkeliaran di taman, makan di restoran dan tidak mengindahkan instruksi dari polisi untuk membubarkan kerumunan. Hingga terpaksa pemerintah Malaysia mengukuhkan keamanan dengan bantuan tentara pada 22 Maret 2020, dalam mengendalikan pergerakan publik.

Bersama dengan berjalannya waktu, kesadaran untuk disiplin itu telah tumbuh. Hingga walau pun MCO telah dilonggarkan, banyak masyarakat Malaysia yang lebih memilih untuk tinggal di rumah.

Banyak warga Indonesia di Malaysia yang terkena Covid-19. Bagaimana bantuan Malaysia terhadap mereka?

Pemerintah Malaysia tidak pernah membedakan antara warga negara Malaysia atau warga negara asing, termasuk warga Indonesia dalam perawatan Covid-19. Semua pasien yang terinfeksi Covid-19 dirawat di rumah sakit pemerintah dengan biaya sepenuhnya oleh pemerintah Malaysia. Yang sihat (sehat) juga kita terus bantu karena penularan Covid-19 turut memberi dampak negatif kepada tingkat sosio-ekonomi mereka. Di sini juga, kerja sama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur juga amat penting dalam kita sama-sama menjaga kebutuhan mereka.

Adakah kerja sama Malaysia dengan Indonesia dalam menangani Covid-19?

Malaysia dan Indonesia merupakan negara sahabat. Oleh karena itu, kita akan cepat saling membantu di dalam waktu krisis seperti ini. Banyaknya rakyat kita di luar negeri yang terdampar akibat penutupan perbatasan internasional dan maskapai penerbangan yang berhenti beroperasi kerana kebijakan lockdown di seluruh dunia. Ini memberi peluang kepada kedua negara untuk saling membantu bagi mengevakuasi dan merepatriasi rakyat kita dari banyak negara ketiga untuk pulang ke Malaysia dan Indonesia.

Selain itu, pemerintah Indonesia turut membantu Malaysia dalam upaya kita merepatriasi rakyat Malaysia yang terdampar di Indonesia untuk pulang.

Kebanyakan mereka adalah di kalangan wisatawan dan pelajar yang sangat berdampak akibat penghentian operasi penerbangan di antara kedua-dua negara. Pada masa yang sama, Malaysia turut sama membantu merepatriasi rakyat Indonesia dari Malaysia untuk pulang ke pangkuan keluarga masing-masing. Upaya ini kita intensifkan waktu di bulan Ramadan dulu agar mereka bisa merayakan Lebaran bersama-sama orang yang dikasihi.

Malaysia dan Indonesia juga saling mempelajari antara satu sama lain dalam upaya kita menangani Covid-19 secara bersama. Bermula dari usaha pembatasan sosial yang diterapkan dalam masyarakat sehingga bantuan-bantuan ekonomi yang dihulurkan (diberikan) kepada masyarakat selama kebijakan lockdown masih berjalan. Ini semua kita pelajari dan terapkan secara bersama.

Sekarang kita melihat banyak negara di dunia semakin nasionalis dalam usaha mereka menangani Covid-19. Malaysia dan Indonesia harus melihat di sisi lain bagaimana untuk kita terus menerapkan semangat kerja sama dalam semua hal, terutamanya dalam isu Covid-19 ini.
Solidaritas yang terwujud ini adalah hasil hubungan bilateral yang sangat rapat berdasarkan semangat serumpun dan persaudaraan yang erat yang telah wujud berkurun lamanya.

Apa kendala-kendala Malaysia mengatasi Covid-19?

Kebanyakan negara di dunia telah mulai transisi ke arah “new normal” termasuk Malaysia dan Indonesia. Untuk menemukan keseimbangan yang tepat di antara pembukaan awal kegiatan ekonomi dan penanganan Covid-19 secara total adalah amat sulit. Pembukaan ekonomi membutuhkan masyarakat untuk keluar dari rumah dan beraktivitas di pelbagai sektor ekonomi dan risiko gelombang kedua penularan Covid-19 akan terus meningkat sekiranya masyarakat tidak tetap menjaga protokol kesehatan seperti yang telah disarankan.

Bagaimana Bapak melihat hubungan Indonesia dan Malaysia selama ini?

Hubungan diplomatik Malaysia dan Indonesia telah mencapai 63 tahun yang dilakar (digores) penuh warna. Hubungan spesial ini wajib untuk kita jaga dan terus eratkan demi masa depan negara dan anak cucu kita. Stabilitas wilayah Asean banyak bergantung kepada keakraban dan dinamis dalam hubungan bilateral kita. Oleh karena itu, tidak bisa kita membiarkan siapa-siapa pun mengganggu hubungan ini.

Menjadi tanggung jawab kita untuk terus mencari peluang dan ruang untuk kedua-dua negara bekerja sama bagi memastikan kepentingan, keamanan dan kemakmuran bersama kita tetap terjaga. Kemesraan kita ibarat peribahasa cubit paha kanan, paha kiri pun merasa. Begitulah keakraban dua sahabat tetangga, Malaysia dan Indonesia. Maka haruslah kita saling melindungi dan membantu dalam konteks hubungan internasional.

Tidak dapat dipungkiri, meski sebagai tetangga, kedua negara kerap mengalami ketegangan dalam berbagai hal. Bagaimana tanggapan Bapak Duta Besar?


Pasang surut sesuatu hubungan bilateral itu adalah satu hal yang lumrah dalam adat bertetangga. Dengan adanya turun naik dalam hubungan ini, ia akan membuka mata dan minda (pikiran) kita untuk saling mengerti negara sahabat kita. Ini juga akan terus meningkatkan tingkat kepercayaan antara negara dalam pelbagai hal baik di bidang politik, sosial maupun ekonomi. Ini adalah pilar utama jika kedua-dua negara ingin terus mengeratkan hubungan bilateral ini ke tingkat yang lebih strategik agar kita bisa menghadapi pelbagai tantangan global masa kini, terutamanya di waktu pandemi.

Masalah perbatasan juga sangat rawan menimbulkan konflik. Apa pandangan Bapak Duta Besar untuk mengatasinya?


Malaysia dan Indonesia mempunyai cara unik yang tersendiri dalam kita sama-sama menyelesaikan isu perbatasan. Hasil daripada negosiasi dua negara ini, pada tahun 2019 kita telah menyepakati secara prinsip batas laut teritorial di Laut Sulawesi. Sesuatu yang kedua-dua negara coba selesaikan sejak tahun 1970. Untuk batas darat juga, kita berjaya selesaikan empat daripada sembilan outstanding boundary problem pada tahun 2019 yang tertunda tanpa kemajuan sejak 1989.

Saya percaya, apabila kita menemukan sesuatu permasalahan di antara dua negara kita, maka harus kita selesaikan dengan cara kita yang tersendiri melalui jalur damai. Inilah yang saya namakan diplomasi Nusantara. Diplomasi cara kita.

Menurut Bapak Duta Besar, kira-kira apa saja yang harus dilakukan kedua pemerintahan untuk hubungan ke depan yang lebih baik?


Sebaik saya mengambil posisi sebagai Duta Besar Malaysia ke Republik Indonesia pada pertengahan tahun 2019, saya telah memformulasikan beberapa perkara yang saya pikir adalah penting untuk kita laksanakan agar hubungan spesial ini terus mekar dan erat. Dengan itu, saya mengadopsi lima Rencana Aksi (Plan of Action).

Rencana yang pertama adalah mengeratkan hubungan pemimpin kedua negara (Malaysia dan Indonesia). Malaysia dan Indonesia termasuk beruntung karena selama ini memiliki hubungan personal yang cukup baik di pucuk pimpinan negara. Diharapkan hubungan baik ini akan terus berkelanjutan di antara Perdana Menteri Malaysia, Tan Sri Muhyiddin Yassin, dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Rencana yang kedua adalah mengintensifkan hubungan kerja di antara pemerintah Indonesia dan Malaysia. Kita perlu meningkatkan kerja sama kedua negara di pelbagai sektor. Selain itu, lapangan kerja yang baru harus kita terokai (jelajahi) bersama demi meningkatkan taraf kehidupan sosial rakyat kedua negara. Ini saya pikir adalah satu platform yang tepat untuk kita bekerja sama dalam menangani penularan Covid-19.

Rencana yang ketiga adalah memantapkan kerja sama militer dan aparat keamanan kedua-dua negara. Dunia kita saat ini menghadapi pelbagai tantangan dan kejahatan global dari terorisme hingga perdagangan narkoba dan manusia. Ini harus kita perangi bersama.

Rencana keempat adalah mendorong hubungan perdagangan dan bisnis, meningkatkan investasi antar-negara serta mengukuhkan kerja sama di dalam sektor ekonomi yang strategis. Dunia sedang menghadapi perang dagang, Malaysia dan Indonesia hendaklah mencari jalan penyelesaian bersama.

Rencana kelima adalah menjaga hubungan di antara 264 juta penduduk Indonesia dan 32 juta penduduk Malaysia. Dengan ini, saya mengharapkan bantuan para insan media, seperti Koran Jakarta, untuk terus mendukung usaha menghumaniskan hubungan rakyat kedua negara. Rakyat merupakan pemelihara hubungan bilateral yang paling penting di antara Malaysia dan Indonesia, terutamanya golongan pemuda milenial yang akan mencorak masa depan kedua-dua negara.

S-2

Tampilkan Semua

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra Esok Selalu Ada Harapan Lebih Baik

Sabtu 27/6/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Industri penerbangan Tanah Air telah mengalami masa-masa sangat sulit dalam satu tahun belakangan. Setelah masalah tarif tiket yang dinilai amat mahal pada tahun lalu, sehingga menurunkan jumlah penumpang, terpaan pandemi Covid 19 pada...
Selengkapnya

Nicke Widyawati Pertamina Harus Jadi “Driver” Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Sabtu 20/6/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di tengah pandemi korona, PT Pertamina menghadapi tugas berat. PT Pertamina tetap harus menjadi “driver” pertumbuhan ekonomi nasional sehingga tidak boleh hanya berhitung untung-rugi sebagai perusahaan semata, tetapi juga dituntut...
Selengkapnya

Seto Mulyadi Orang Tua Harus Kreatif dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Sabtu 13/6/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi virus korona baru (Covid-19) berdampak pada hampir seluruh sektor kehidupan. Di Indonesia sendiri, pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan bertambahnya jumlah kasus positif pasien Covid-19....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta