Koran Jakarta | September 18 2019
No Comments
Kabinet Jokowi | Presiden Sudah Mempertimbangkan

Kabinet Lebih Baik Segera Diumumkan

Kabinet Lebih Baik Segera Diumumkan

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font
Rencana Presiden Joko Widodo untuk mengumumukna segera nama-nama anggota menteri kabinet lebih sebelum pelantikan presiden-wapres didukung Pimpinan DPR.

 

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa susunan kabinet kerja jilid II sudah selesai dan mengisyaratkan akan kemungkinan mengumumkan lebih cepat, sebelum pelantikan 20 Oktober mendatang. Menanggapi hal tersebut, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), menganggap rencana tersebut baik untuk dilakukan dan pihaknya akan mendukung penuh apapun keputusan presiden.

“Jadi, selama tidak diatur dan apa yang dilakukan presiden adalah hak prerogatif presiden dan menurut saya baik juga karena beliau adalah incumbent meneruskan periodenya, maka diumumkan sebelum atau pada saat periode baru itu tidak masalah,” ujar Bamset saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8).

Bamsoet mengatakan, kewenangan atas susunan menteri dan pengumumannya merupakan hak prerogratif presiden, sehingga tak masalah jika dilakukan. Politikus Partai Golkar tersebut berasumsi bahwa percobaan yang dilakukan presiden penting bagi menteri atau beberapa menteri lama yang dipertahankan.

“Saya juga dengar ada menteri-menteri baru yang akan diumumkan lebih awal dan ada menteri lainnya diumumkan nanti pada saat pelantikan kabinet,” imbuh dia.

Menurut Bamsoet, presiden telah berkomunikasi dengan partai politik koalisi, termasuk Partai Golkar, terkait kebutuhan pemerintahan lima tahun ke depan. Terkait komposisi pemerintahan yang lebih banyak dari profesional non parpol, Bamsoet menilai itu pilihan yang tepat.

“Saya yakin dengan gaya presiden pasti sudah berkomunikasi dengan parpol dan di kantongnya sudah ada usulan dari parpol. Tinggal beliau yang menentukan dengan hak prerogatif yang dimilikinya menentukan orang-orang sesuai dengan rencana kerja lima tahun ke depan,” tuturnya.

Kemudian, Calon Ketua Umum Partai Golkar itu mengimbau kepada semua pihak untuk tidak khawatir terhadap rencana presiden. Menurutnya, Jokowi sudah mempertimbangkan lebih jauh lagi keputusannya serta kalkulasi terkait dampaknya bagi elit politik serta masyarakat. “Di DPR tugas kita adalah mensupport bagaimana pemerintahan ini bisa berjalan dengan baik,” tandasnya.

Punya Keleluasaan

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johnny G. Plate, mengatakan bahwa rencana Presiden Jokowi terkait pengumuman kabinet yang kemungkinan lebih cepat merupakan suatu pertanda bahwa presiden sudah bisa membentuk kabinetnya dalam keleluasaan yang luas.

“Selanjutnya kita tunggu siapa saja dan apa saja isinya nanti pada saat itu diumumkan. Kalau ditanya apakah ini di luar kebiasaan, ini bisa saja setelah dilantik, bisa saja sebelum dilantik, karena dia sudah ditetapkan sebagai presiden terpilih,” sambungnya.

Menurut Johnny, Presiden Jokowi tetap akan menjaga keefektivitas Kabinet Kerja yang akan berakhir pada 19 Oktober mendatang, sekalipun Jokowi telah mengumumkan susunan kabinet untuk periode keduanya.

“Kalau dari Nasdem, kami memang menjaga betul hak prerogratif presiden dan masa bakti Pak Jokowi yang tenang dan keleluasaan yang luas kami jaga. Tetapi Pak Jokowi itu sebelum mendaftar kan namanamanya pastilah kita internal berkomunikasi dengan parpol,” pungkasnya. tri/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment