Kampus Jadi Basis “Rebranding” Koperasi | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 6 2019
No Comments
Gerakan Koperasi

Kampus Jadi Basis “Rebranding” Koperasi

Kampus Jadi Basis “Rebranding” Koperasi

Foto : ISTIMEWA
Rulli Nuryanto
A   A   A   Pengaturan Font

KUDUS – Para generasi muda, khususnya para pengelola dan anggota koperasi mahasiswa, diharapkan bisa mengambil peran dalam memperkenalkan koperasi di kalangan milenial, termasuk melalui konsep re­branding koperasi. Dengan be­gitu, koperasi akan lebih mudah diterima anak muda.

“Hal itu sejalan juga dengan strategi kebijakan Reformasi To­tal Koperasi yang sudah dijalank­an oleh Kementerian Koperasi dan UKM melalui tiga langkah, yaitu reorientasi, rehabilitasi, dan pengembangan,” kata Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Kemen­terian Koperasi dan UKM, Rulli Nuryanto, dalam acara Pendidi­kan Menengah Koperasi Nasi­onal 2019 (Dikmenkopnas 2019) yang mengambil tema “Intellec­tual and Professional Youth in the New Generation of Cooperative Management” di kampus Insti­tut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah, akhir pekan lalu.

Rulli mengatakan sebagai ba­dan usaha, koperasi harus dike­lola secara profesional, mampu mengadopsi, serta menganti­sipasi perkembangan dan din­amika yang terjadi di tengah ma­syarakat, termasuk era Revolusi Industri 4.0 ini. Sebab teknologi penting bagi koperasi untuk mengembangkan skala usaha dan meningkatkan efisiensi, serta efektivitas pengelolaan manajemen dan usahanya.

“Justru di era ini kita tidak hanya bicara mengenai per­saingan, tetapi juga bicara men­genai kolaborasi, kerja sama atau sinergi di antara para pelaku usaha dalam rangka mengantisi­pasi berbagai perubahan akibat kemajuan teknologi informasi yang sangat cepat,” imbuhnya.

Artinya, lanjut dia, ke­beradaan koperasi sangat rel­evan dengan kondisi era seka­rang. Koperasi bukan organisasi atau entitas yang jadul atau ke­tinggalan zaman, justru koperasi bisa menjadi organisasi modern yang bisa menjadi wadah gen­erasi milenial dalam mengem­bangkan potensi ekonomi, sosial, dan budaya melalui peru­sahaan yang dimiliki dan dike­lola secara bersama sama.

Rektor IAIN Kudus, Munda­kir, mengatakan bahwa pihak kampus mendukung kegiatan Dikmenkopnas 2019 ini, karena dapat dimanfaatkan sebagai ajang memperkenalkan potensi yang ada di Kudus kepada pe­serta yang datang dari beberapa kampus di luar Kudus. SM/E-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment