Kemenag, Muhammadiyah, dan NU Sinergi Basmi Radikalisme | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 11 2019
No Comments
JEDA

Kemenag, Muhammadiyah, dan NU Sinergi Basmi Radikalisme

Kemenag, Muhammadiyah, dan NU Sinergi Basmi Radikalisme

Foto : KORAN JAKARTA/MARIO CAISAR
PENCEGAHAN PAHAM RADIKAL | Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin (tengah) bersama Direktur Kewaspadaan Nasional Kementerian Dalam Negeri, Akbar Ali (kanan) menghadiri diskusi dengan tema “Mengedepankan Strategi Deradikalisasi” di Jakarta, Senin(11/11). Diskusi tersebut menegaskan pencegahan penyebaran paham radikal sedini mungkin.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Agama akan menggandeng organisasi massa Islam besar di Indonesia untuk bersama-sama melakukan upaya mencegah radikalisme (deradikalisasi). Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, mengatakan ormas Islam yang dilibatkan termasuk juga Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. “Mereka (NU dan Muhammadiyah) juga diakomodir di dalamnya,” ujar Kamaruddin di Jakarta, Senin (11/11).

Kamaruddin mengatakan NU dan Muhammadiyah melakukan usaha sangat bagus dalam merawat keragaman di Indonesia. Kedua ormas tersebut menjadi penyangga infrastruktur sosial, sehingga Indonesia tidak mudah runtuh dengan masuknya ideologi transnasional yang tidak cocok diterapkan di negara Binneka Tunggal Ika “Sesungguhnya keragaman (diversity), mudah menimbulkan ketidaksepahaman. Tapi kita beruntung, kita masih sinergi antara pemerintah dan ormas-ormas Islam,” ujar Kamaruddin.

Sehingga, kalau ada seseorang yang membawa paham radikal masuk ke Indonesia, mereka tidak hanya berhadapan dengan pemerintah, tetapi juga berhadapan dengan infrastruktur sosial berupa ormas-ormas Islam tersebut. eko/Ant/AR-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment