Koran Jakarta | October 16 2019
No Comments
Orientasi DPRD

Kemendagri Lakukan Orientasi untuk DPRD

Kemendagri Lakukan Orientasi untuk DPRD

Foto : ISTIMEWA
Kepala BPSDM, Teguh Setyabudi
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri lewat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) akan menggelar orientasi pendalaman tugas untuk Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten atau Kota. Sebanyak 2.207 anggota parlemen provinsi akan mengikuti orientasi ini.

Kepala BPSDM, Teguh Setyabudi mengatakan hal itu di Jakarta, Selasa (8/10). Menurut Teguh, orientasi pendalaman tugas anggota DPRD akan dilaksanakan di berbagai daerah. Bertempat di gedung BPSDM dan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri regional yang ada di Bukittinggi, Bandung, Yogyakarta, dan Makassar.

“Kegiatan ini merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 bahwa pimpinan dan anggota DPRD berhak mendapatkan pengembangan kapasitas,” kata Teguh.

Teguh pun lantas menjelaskan hal-hal yang terkait dengan orientasi tugas DPRD. Katanya, orientasi tugas yang sifatnya pengenalan, dilaksanakan hanya satu kali dalam satu periode yang berarti 5 tahun. Kemudian, ada bentuk pendalaman tugas lewat diklat, workshop dan bimbingan teknis yang sifatnya lebih tematik serta teknis.

“Untuk orientasi ini dilaksanakan setelah anggota terpilih dan dilantik. Ini merupakan anggota DPRD Provinsi maupun Kabupaten atau Kota hasil pemilu 2019,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya lanjut Teguh, anggota DPRD akan mengikuti orientasi di BPSDM Kemendagri. Sisanya orientasi dilakukan di kantor PPSDM Kemendagri Regional seperti yang ada di Bukittinggi, Bandung dan Yogyakarta. Menurutnya, orientasi tugas ini sifatnya pengenalan. Maka yang diberikan adalah hal-hal yang pada tahap awal perlu dipahami, dan dilaksanakan anggota dewan.

“Hal-hal yang menunjang tugas pokok fungsi para pimpinan anggota DPRD. Saya paham anggota DPRD berasal dari berbagai macam latar belakang. Untuk itu tujuan utama adalah menyamakan persepsi, pola pikir dan pola tindak sebagai anggota DPRD. Di awal juga disampaikan terkait masalah Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI itu yang penting. Selain itu kita berikan juga terkait tugas dan fungsi anggota DPRD yang menyangkut tiga hal yakni fungsi pembentukan peraturan daerah, anggaran, dan pengawasan,” tuturnya.

Diharapkan, lewat kegiatan ini, para anggota dewan sudah bisa langsung bekerja, karena telah paham tugas dan fungsinya. Kegiatan orientasi ini juga adalah bagian dari kontribusi Kemendagri untuk memberikan pengetahuan, sikap dan keterampilan kepada para anggota dewan. ags/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment