Koran Jakarta | May 23 2019
No Comments
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Terkait Antisipasi Lonjakan Penumpang di Merak–Bakauheni pada masa Mudik Lebaran

Kemenhub Siapkan Strategi Perlancar Arus Mudik ke Sumatera

Kemenhub Siapkan Strategi Perlancar Arus Mudik ke Sumatera

Foto : ISTIMEWA
Budi Karya Sumadi
A   A   A   Pengaturan Font
Arus mudik bagi masyarakat yang ingin berlebaran dengan menggunakan jalan darat ke wilayah Sumatera dapat dipastikan akan memadati penyeberangan di Selat Sunda.

Tidak ingin terjadi masalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menpersiapkan sejumlah strategi untuk memperlancar kendaraan yang ingin melintas di penyeberangan Merak–Bakauheni.

Dan untuk mengetahui lebih jauh terkait langkah-langkah yang akan dilakukan pemerintah berikut perbincangan Koran Jakarta dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Apa yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi kemacetan di penyebrangan Merak– Bakauheni?

Iya, jadi Sabtu (11/5) kami melakukan Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran di Dermaga Executive Pelabuhan Merak yang dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Basuki Hadimuljono), Kapolda Banten (Irjen Pol Tomsi Tohir), Dirjen Perhubungan Darat (Budi Setiyadi), Dirut PT ASDP (Ira Puspadewi), dan sejumlah pejabat terkait lainnya. Dalam rapat tersebut kami menpersiapkam sejumlah strategi untuk memperlancar kendaraan yang ingin melintas di penyeberangan Merak–Bakauheni.

Apa saja Pak?

Strategi pertama yaitu dengan memanfaatkan kapal milik TNI AL untuk mengangkut kendaraan truk bermuatan sembako maupun kendaraan pribadi lainnya dari Pelabuhan Tanjung Priok langsung ke Pelabuhan Panjang di Lampung. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban pelabuhan penyeberangan Merak–Bakauheni. Saya tadi menghubungi Panglima TNI, mudah-mudahan nanti TNI AL bisa membantu. Jadi, truktruk tertentu tidak usah lewat Pelabuhan Merak, tapi langsung dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Selain itu?

Strategi kedua yang telah disiapkan adalah dengan memanfaatkan pelabuhanpelabuhan yang ada di sekitar Pelabuhan Merak pada masa arus angkutan Lebaran. Strategi ketiga yaitu akan dioperasikan kapalkapal berukuran besar dan cepat pada masa puncak arus mudik. Kita juga upayakan menggunakan kapal- kapal yang lebih besar dan lebih cepat jadi kapal-kapal yang kecil dan lebih lambat tidak mendapat prioritas disini jadi ditempat pelabuhan-pelabuhan yang lain.

Bagaimana dengan tarif penyeberangan, apa hal itu juga diantisipasi?

Iya tentu, hal itu juga masuk dalam strategi kami keempat. Dengan memberikan diskon atau tarif khusus pada pemudik yang menyeberang di luar waktu padat atau biasanya pada siang hari. Pemberlakuan tarif khusus ini diharapkan dapat menarik minat pemudik untuk menyeberang di luar jam-jam sibuk sehingga dapat mengurai kepadatan di jam-jam tertentu.

Bagaimana dengan pola keberangkatan di pelabuhan penyeberangan?

Kami mendapatkan laporan dari PT ASDP Indonesia Ferry, yang saat ini telah menerapkan sistem online ticketing bagi masyarakat yang akan membeli tiket. Dengan begitu diharapkan masyarakat akan dapat mengatur pola keberangkatan ke pelabuhan. Sehingga dengan memesan online akan memudahkan kita (operator pelabuhan) memprediksi jam puncak itu, di mana pengalaman tahun lalu belum efektif.

Bagaimana akses ke daerah di Sumatera dari Bakauheni?

Jalan Tol Trans Sumatera dari Bakauheni sampai Palembang sudah bisa dilalui pemudik pada tahun ini. Dari Bakauheni sampai Terbanggi Besar, tol sudah diresmikan dan dioperasikan. Sementara itu, dari Terbanggi Besar hingga Palembang akan dibuka fungsional mulai 29 Mei mendatang.

Dan karena rambu-rambu, penerangan jalan maka fungsionaliasi tol Terbanggi Besar–Palembang akan dilakukan pada siang hari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Tol fungsional ini akan Diberlakukan mulai 29 Mei–10 Juni 2019 selama 13 hari.

Lalu, bagaimana dengan aspek keselamatan?

Iya, dengan kondisi jalan tol yang masih fungsional, maka dari itu akan diberlakukan pembatasan kecepatan hanya maksimal 40km/ jam. 

 

m zaki alatas/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment