Kiat Betah di Perusahaan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | May 28 2020
No Comments
SURAT UNTUK BU ROSSA

Kiat Betah di Perusahaan

Kiat Betah di Perusahaan

Foto : ist
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, orang tua saya dan teman-teman angkatannya adalah orangorang yang loyal bekerja pada satu perusahaan hingga mereka sukses berkarier dan sampai pensiun. Saya dengar orang-orang di Jepang juga sangat setia pada perusahaanya. Bagaimana kiat-kiatnya agar kita bisa seperti mereka?

Jawaban:

Bertahan lama bekerja di suatu perusahaan memang banyak menjadi pilihan karyawan. Tetapi untuk ‘awet’ lama di perusahaan memang tidak mudah. Karena banyak faktor yang mempengaruhinya, selain kondisi kesehatan perusahaan itu sendiri, Anda pun harus menciptakan atmosr agar betah di perusahaan tempat kerja dan mengaktualisasikan diri.

Berikut ini adalah trik agar betah bekerja di perusahaan: Cintailah pekerjaan Mencintai pekerjaan berarti memiliki kesiapan untuk menerima pekerjaan apa adanya.

Dengan mencintai pekerjaan, segala risiko pekerjaan dapat diterima sebagai sesuatu yang menyenangkan, tanpa harus ada penyesalan melakukan pekerjaan itu.

Agar bisa mencintai pekerjaan, harus benarbenar mengetahui pekerjaan. Artinya, Anda harus betulbetul menguasai pekerjaan. Sehingga jika dalam pelaksanaannya mengalami hambatan maupun kendala, tahu harus menyelesaikannya.

Pahami misi dan visi Dengan memahami visi dan misi perusahaan, Anda akan mengerti betul bagaimana harus bertindak. Sehingga, apa yang dikerjakan benarbenar sesuai dengan harapan perusahaan.

Tanpa mengetahui dan mengerti visi dan misi perusahaan, bisa saja salah langkah dalam mengerjakan sesuatu, sehingga apa yang dikerjakan tidak sesuai dengan harapan perusahaan.

Dengan memahami visi dan misi perusahaan, berarti memiliki panduan yang jelas, sehingga arah dan tujuan pekerjaan benar-benar diketahui. Tanpa memahaminya, akan bingung dan frustrasi, karena seolah-olah tidak pernah mengerti apa yang menjadi kemauan perusahaan.

Hubungan sosial Ingat, Anda tidak bisa bekerja sendirian. Ada rekan-rekan yang menjadi bagian dari tim kerja dan divisi. Tetapi rekan kerja tidak terbatas pada divisi saja. Jangan lupa, rekan-rekan yang berada di bagian lain juga merupakan bagian dari satu kesatuan perusahaan.

Semakin banyak yang mengenal dan Anda kenal di kantor, maka semakin nyaman bekerja. Maka harus berani menjalin hubungan sosial dengan siapa pun, tak hanya terbatas pada jabatan dan posisi yang sama.

Kenali atasan Jika Anda berhasil menyesuaikan diri dan memahami atasan, maka kemungkinan untuk terjadi salah pengertian dapat diminimalkan. Bahkan, sangat mungkin terjadi atasan akan menjadi tergantung pada Anda, sehingga di mata atasan akan diperlakukan sebagai orang kunci.

Di mata atasan, Anda merupakan orang-orang yang mempunyai posisi tawar yang tinggi dan mempunyai potensi. Budaya perusahaan Mengenali budaya perusahaan berarti harus mempunyai kemampuan untuk mengenali aturan-aturan atau etika yang berlaku di perusahaan tersebut. Dengan begitu, perilaku, sikap, dan cara dapat disesuaikan dengan budaya perusahaan.

Bagaimanapun, pada dasarnya Anda adalah ‘tamu’ bagi perusahaan tersebut, sehingga mau tidak mau harus tunduk pada aturanaturan main yang berlaku di dalam perusahaan.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah memang ingin bertahan di perusahaan saat ini? Jika ya, tidak ada salahnya mencoba trik tadi. Tapi kalau sudah jenuh dan ingin ‘melompat’ ke tempat lain pun tak ada yang memaksa untuk bertahan. Yang jelas, setiap kali memutuskan bekerja di suatu tempat, Anda harus siap dengan konsekuensi yang akan dihadapi nanti. 

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment