Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | July 7 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Kebutuhan Pembiayaan Utang Bertambah Rp903,46 Triliun

Selasa 7/7/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Pembiayaan public goods 397,56 triliun rupiah dan non public goods 505,90 triliun rupiah. » Public goods ditanggung BI dan non public goods ditanggung...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Kebutuhan Pembiayaan Utang Bertambah Rp903,46 Triliun

Selasa 7/7/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font

» Pembiayaan public goods 397,56 triliun rupiah dan non public goods 505,90 triliun rupiah.

» Public goods ditanggung BI dan non public goods ditanggung pemerintah.

JAKARTA – Rapat Menteri Keuangan dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Senin (6/7), yang membahas rencana pem­bagian beban (burden sharing) dalam pembiayaan dampak Covid-19 dan pe­mulihan ekonomi nasional (PEN) me­nyebutkan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 defisit melebar dari 1,76 persen terhadap PDB atau 307,22 triliun rupiah menjadi 6,34 persen terhadap PDB atau 1.039,22 trili­un rupiah. Ada penambahan defisit se­besar 732 triliun rupiah atau meningkat 338,26 persen.

Dalam dokumen rapat Kementerian Keuangan yang diterima Koran Jakarta menyebutkan, selain tambahan defisit, tambahan pembiayaan dalam APBN 2020 juga bersumber dari tambahan pembiayaan investasi 136,62 triliun ru­piah menjadi 181,24 triliun rupiah dan utang jatuh tempo sebesar 424,84 triliun rupiah atau meningkat 34,85 triliun ru­piah. Secara keseluruhan tambahan ke­butuhan pembiayaan utang mencapai 903,46 triliun rupiah menjadi 1.645,30 triliun rupiah.

Untuk pembiayaan defisit 6,34 persen terhadap PDB, kebutuhan investasi neto sebesar 181,24 triliun rupiah ditujukan antara lain dalam rangka mendukung pembiayaan program Pemulihan Eko­nomi Nasional (PEN). Pemerintah juga telah memanfaatkan sisa anggaran lebih (SAL) sebesar 70,64 triliun rupiah.

“Angka 903,46 triliun rupiah adalah penyesuaian terhadap Perpres No 72 Tahun 2020 dan selisih kurs utang jatuh tempo dari sebelumnya sebesar 905,2 triliun rupiah,” sebut Kemenkeu.

Akibat kenaikan pembiayaan utang untuk penanganan dampak pandemi Covid-19, tambahan bunga utang di­perkirakan sebesar 66,5 triliun rupiah per tahun. Seluruh tambahan kebutuh­an pembiayaan utang itu akan dipenuhi dengan penerbitan Surat Berharga Ne­gara (SBN).

Dalam keterangan pers secara dar­ing, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menjelaskan skema burden sharing yang akan tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Ke­uangan dan Bank Indonesia (BI) meng­acu pada kelompok penggunaan pem­biayaan yang terdiri dari dua kelompok, yakni public goods dan non public goods.

“Pembiayaan public goods menyang­kut hajat hidup orang banyak terdiri dari pembiayaan di bidang kesehatan sebe­sar 87,55 triliun rupiah, perlindungan sosial 203,9 triliun rupiah, serta sektoral kementerian/lembaga (K/L) dan pemda 106,11 triliun rupiah,” kata Menkeu.

Sedangkan pembiayaan untuk non public goods menyangkut upaya pemu­lihan ekonomi dan dunia usaha, terdiri dari pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) 123,46 triliun ru­piah, Korporasi non-UMKM 53,57 trili­un rupiah, dan non public goods lainnya.

“Private Placement”

Untuk pembiayaan public goods, se­luruh beban, jelas Menkeu, akan ditang­gung BI melalui pembelian SBN yang diterbitkan pemerintah melalui meka­nisme private placement dengan tingkat kupon sebesar BI reverse repo rate yaitu BI akan mengembalikan bunga atau im­balan yang diterima kepada pemerintah secara penuh.

Sementara itu, pembiayaan non pub­lic goods untuk UMKM dan Korporasi non-UMKM akan ditanggung pemerin­tah sebesar BI reverse repo rate dikurangi diskon 1 persen.

“Sedangkan pembiayaan non public goods lainnya, seluruh beban akan di­tanggung pemerintah sebesar market rate,” kata Menkeu.

Pembiayaan non public goods dan lainnya tetap dilakukan melalui meka­nisme pasar atau market mechanism dan BI bertindak sebagai stand by buyer atau last resort sesuai SKB pertama tang­gal 16 April 2020.

Ekonom Bank Permata, Josua Pard­ede, mengatakan seiring dengan naik­nya status Indonesia menjadi negara berpendapatan menengah atas atau upper middle income, maka seharusnya pemerintah sebaiknya tidak menarik pinjaman dari lembaga multilateral ka­rena rate-nya akan lebih tinggi.

Penarikan pinjaman, kata Josua, se­baiknya melalui penawaran surat ber­harga karena Indonesia memiliki daya tawar terhadap investor global. Selain daya tawar kuat, keuntungan lainnya ke­percayaan dari investor serta imbal ha­sil dari instrumen investasi surat utang yang dikeluarkan pemerintah lebih ber­saing.

“Kita punya peringkat investasi yang bagus sehingga kita lebih percaya diri menerbitkan global bond,” kata Josua. uyo/E-9

Tampilkan Semua

Australia Akan Ekspor Listrik Tenaga Surya ke Singapura

Selasa 7/7/2020 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font
SINGAPURA – Jauh di pedalaman gurun Australia, la­dang tenaga surya terbesar di dunia sedang dibangun. Tar­getnya ambisius. Sebagian besar daya yang dihasilkan akan diekspor langsung sejauh 3.800 kilometer ke Singapura,...
Selengkapnya

Kasus Baru Terus Bertambah, Warga Diminta Disiplin

Selasa 7/7/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Bila masyarakat konsisten menjalankan protokol kesehatan Covid-19, pemutusan rantai penularan dapat terkendali dengan cepat.   JAKARTA – Masyarakat di­minta makin disiplin mener­apkan protokol kesehatan Covid-19 dan...
Selengkapnya

Indonesia Harus Konsisten Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

Selasa 7/7/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Presiden Joko Widodo meminta seluruh jajajaran konsisten melanjut­kan program pemulihan ling­kungan untuk menurunkan emisi gas rumah kaca. Presiden mengingatkan bahwa In­donesia berkomitmen menu­runkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Australia Akan Ekspor Listrik Tenaga Surya ke Singapura

Selasa 7/7/2020 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font

SINGAPURA – Jauh di pedalaman gurun Australia, la­dang tenaga surya terbesar di dunia sedang dibangun. Tar­getnya ambisius. Sebagian besar daya yang dihasilkan akan diekspor langsung sejauh 3.800 kilometer ke Singapura, melalui kabel bawah laut bertegangan tinggi yang mem­bentang di dasar laut.

Proyek ladang sel surya itu, diperkirakan menelan bia­ya 20 miliar dollar Australia atau sekitar 13,7 miliar dollar AS. Proyek itu memiliki susunan panel surya 10 gigawatt yang tersebar pada lahan seluas 15.000 hektare, dengan dukungan fasilitas penyimpanan daya sebesar 22 Gigawatt hour (GWh). Sun Cable, perusahaan Singapura di belakang proyek tersebut, berharap dapat memproduksi hingga 20 persen dari kebutuhan energi negara itu.

“Kami akan mengangkat salah satu cadangan radiasi surya terbesar di dunia dan menyalurkannya melalui kabel bawah laut sepanjang 3.800 kilometer,” ujar CEO Sun Cable, David Griffin.

Selama ini, sekitar 95 persen listrik Singapura dihasilkan dari gas alam, dengan sebagian besar berasal dari gas alam cair impor (LNG). Para pemimpin Singapura mengatakan negara itu akan meningkatkan penggunaan energi matahari.

Rincian yang lebih jelas tentang pihak mana yang akan membeli daya di Singapura belum dikonfirmasi, tetapi iSwitch, salah satu pengecer listrik teratas Singapura dan pengecer energi bersih terbesar di negara itu, telah menun­jukkan minat yang besar.

Chief Commercial Officer iSwitch, Andrew Koscharsky, mengatakan selera Singapura terhadap energi bersih ini se­makin meningkat dan bahwa rencana tersebut merupakan jalan keluar bagi semua orang.

“Jika Anda mengatakan kepada saya setahun yang lalu bahwa Singapura akan memasang 350 megawatt tenaga surya pada tahun 2020, saya akan berpikir tidak mungkin di dunia, tetapi di sinilah kita sekarang. Sudah tercapai. Target berikutnya adalah 2.000 megawatt pada tahun 2030. Ini sa­ngat ambisius, tetapi proyek-proyek seperti Sun Cable akan membantu kami sampai di sana,” tambah Koscharsky.

Koscharsky mengatakan berbagai perusahaan akan ter­tarik untuk membeli listrik netral karbon dengan sertifikat sewa dan energi terbarukan.

Energi Terbarukan

Proyek tersebut bukan yang pertama di Northern Territory (NT), Australia. Sebelumnya, Andrew Dickson meluncurkan proyek Asian Renewable Energy Hub. Dickson memanfaat­kan angin dan panas di wilayah Pilbara untuk menghasilkan energi terbarukan hingga 15 GW. Produksi tersebut rencana­nya digunakan untuk menghidupi industri lokal.

“Setahu kami, proyek ini bakal menjadi pembangkit lis­trik hybrid (angin dan surya) terbesar di dunia,” ungkapnya.

Sampai saat ini, proyek di Pilbara masih masuk tahap awal. Mereka memprediksi baru bisa mulai beroperasi satu dekade ke depan. Namun, hal itu pun sudah membuat para pemerhati lingkungan dan akademisi girang. Ross Garnaut, profesor bidang ekonomi di University of Melbourne, menga­takan bahwa transformasi energi di Australia sudah searah dengan kesepakatan Paris tentang emisi gas buang.

Menanggapi rencana tersebut, Ekonom Universitas Surakarta, R Agus Trihatmoko, mengatakan kalau Australia akan membangun ladang tenaga surya, maka suatu saat In­donesia bisa ikut mengimpor, karena biayanya lebih efisien.

“Indonesia bisa impor juga kalau terlambat mengem­bangkannya, apalagi kalau harganya lebih murah. Kalau itu dilakukan maka otomatis akan menggerus devisa,” kata Agus.

Dari sisi teknologi, eksplorasi energi terbarukan sebe­narnya bukan hal baru, namun Indonesia selalu diman­jakan oleh energi yang hampir punah. “Investasi lebih di­gunakan untuk eksplorasi energi fosil ketimbang energi baru terbarukan,” katanya. n SCMP/SB/yni/E-9

Tampilkan Semua

Pentagon Kirim Pesawat Pembom B-52H ke Guam

Selasa 7/7/2020 | 00:02
A   A   A   Pengaturan Font
WASHINGTON – Markas Besar Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon mengirim pesawat pembom strategis B-52H, yang mampu membawa rudal jelajah dan bom nuklir, ke Guam di Pasifik Barat. Langkah Pentagon merelokasi...
Selengkapnya

Inggris Akan Hapus Penggunaan Teknologi 5G Milik Huawei

Selasa 7/7/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
LONDON – Setelah ber­seteru dengan Amerika Seri­kat (AS), Tiongkok kini mu­lai membuka ketegangan dengan Inggris, setelah kedua negara menjalin hubungan yang baik selama satu dekade. Terbaru, Inggris melapor­kan...
Selengkapnya

Israel Luncurkan Satelit Intai untuk Awasi Musuh

Senin 6/7/2020 | 16:22
A   A   A   Pengaturan Font
Yerusalem- Israel meluncurkan satelit pengintai baru pada Senin yang disebutnya akan memberikan pengawasan berkualitas tinggi bagi intelijen militer untuk mengawasi negara-negara musuh--semisal Iran dengan program nuklir yang dianggap...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

Menteri PUPR Tegaskan Penentuan Tarif Tol Dibicarakan dengan BUJT

Rabu 24/6/2020 | 16:00
A   A   A   Pengaturan Font

 

Jakarta,- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa penetapan tarif tol bukan keputusan sepihak pemerintah dan harus dibicarakan dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) karena menyangkut kepercayaan pasar terhadap investasi di Indonesia.

"Kalau untuk penetapan tarif tol, karena ini punya investor bukan milik pemerintah maka saya harus berbicara dengan para BUJT terkait tarif tersebut," ujar Menteri Basuki dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu.

Menurut Menteri PUPR, penentuan tarif tol bukan keputusan pemerintah sepihak, karena menyangkut kepastian investasi.

Misalnya ketika meminta pemerintah untuk melakukan diskon tarif tol, maka harga saham investor tol akan langsung turun.



"Mengingat hal ini menyangkut kepercayaan pasar terhadap investasi di Indonesia," kata Menteri Basuki.

Sebelumnya tarif Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) yang dirasa masyarakat Kalimantan Timur terlalu memberatkan menjadi sorotan khusus Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho.

Lebih lanjut, politisi F-Demokrat tersebut juga menyampaikan lewat surat titu kepada Menteri PUPR. Seperti diberitakan sebelumnya, besaran tarif Tol Balsam yang ditetapkan Menteri PUPR lebih besar dari usulan tarif sebelumnya. PT. Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) mengusulkan tarif Rp 1.000 per kilometer.



Pada tiga tol sepanjang 64,87 km itu, tarif terjauh untuk kendaraan Golongan I dengan jenis sedan, jip, pikap atau truk kecil dan bus adalah Rp64.870.

Namun, tarif dalam SK Menteri justru Rp75.500 yang jatuhnya Rp1.179 per km. Sedangkan, Golongan II-III adalah Rp 1.935 per kilometernya. Untuk Golongan IV-V adalah Rp2.582 per km-nya.AntP-4

Tampilkan Semua

Wawancara Deddy Corbuzier dengan Siti Fadilah Langgar Prosedur

Selasa 26/5/2020 | 12:05
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) menyatakan wawancara yang dilakukan presenter Deddy Corbuzier dengan Menteri Kesehatan RI periode 2004-2009 Siti Fadilah Supari, pada Rabu (20/5/2020), di RSPAD Gatot Soebroto,...
Selengkapnya

30% Dana Bantuan Negara Diusulkan untuk Perempuan

Senin 24/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk bisa menyiapkan calon pemimpin bangsa yang berintegritas, khususnya dari kalangan perempuan maka partai harus anggarkan dana khusus kederisasi kaum hawa. JAKARTA - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengusulkan 30...
Selengkapnya

Panwas Pilkada Soppeng Dilindungi Asuransi

Jumat 7/2/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR - Panitia pengawas (Panwas) pemilihan ke­pala daerah (Pilkada) Kabupaten Soppeng mendapat per­lindungan asuransi dari Badan Penyelenggara Jaminan So­sial Ketenagakerjaan. Sebanyak 611 pengawas didaftarkan pada dua...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

Pasokan BBM

Selasa 7/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

UMKM “Go Online”

Selasa 7/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Empat Bank Ajukan Dana Talangan

Selasa 7/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jika tidak ada klaim yang diajukan perbankan maka akan terjadi potensi keterlambatan pembayaran pemerintah atas biaya-biaya yang dikeluarkan bank penyalur. Jakarta – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah (KUKM)...
Selengkapnya

Semester I-2020, Perusahaan IPO Meningkat 65%

Selasa 7/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai minat perusahaan melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) hingga semester I lalu meningkat sekitar 65 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Bursa...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Sepeda Konversi yang Menawan

Jumat 26/6/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dari laman Trendhunter.com terkuak bahwa kini penggemar sepeda bisa menikmati kegiatan bersepeda atau belanja dengan mengendarai sepeda konversi yang menawan. Sepeda konversi ini bisa dikembangkan bagian tengahnya untuk penyimpanan barang ketika belanja atau berkegiatan lainnya.

Jika bepergian untuk bekerja dengan sepeda, lalu  membutuhkan tumpangan yang andal dan ringkas lalu ingin membeli bahan makanan, membawa anak-anak ke taman, atau memindahkan barang-barang yang lebih berat,  maka diperlukan sepeda kargo yang selalu dapat diandalkan. Convercycle Bike menyajikan disain yang cerdik yang merupakan  gagasan dari disainer produk David Maurer-Laube, yang muncul dengan ide tersebut ketika belajar di Universitas Seni dan Desain di Offenbach. Ini adalah solusi 2-in-1 di kota dan sepeda lengkap.

Convercycle Bike adalah solusi transportasi perkotaan yang tampaknya sederhana bagi penumpang yang ingin menghindari angkutan umum atau mobil. Sepeda ini  sebenarnya menyembunyikan desain dua-dalam-satu yang pasti akan didambakan oleh kaum urban. Sepeda  ini memiliki bagian bagasi tersembunyi yang dapat dibuka ketika diminta sebuah  tempat bagi pengendara untuk menyimpan hingga 60 kilogram perlengkapan. Unit ini dapat digeser ke mode kargo dengan satu gerakan cepat dan akan menjadi kabar baik  bagi konsumen metropolitan yang mencari cara untuk mempertahankan pergerakan kegiatannya   dalam hal transportasi sehari-hari.

Convercycle Bike telah dirancang dalam versi sepeda standar serta variasi listrik yang akan menawarkan kecepatan maksimum 24km per jam.  Convercycle eBike hadir dengan motor 250W dan baterai yang dapat dilepas. Tergantung pada mode dukungan beban dan motor, sepeda listrik dapat mencapai jarak antara 60 hingga 100 kilometer.

Convercycle Bike  terlihat seperti sepeda standar, tetapi bagian belakang terangkat dan meluas untuk mengubahnya menjadi sepeda kargo saat dibutuhkan. Versi kargo dapat memuat dua peti air besar. Ruang penyimpanan cocok untuk segala hal, mulai dari kursi anak-anak hingga koper dan tas belanjaan.

Sepeda ini  dilengkapi dengan hub roda gigi 5-kecepatan Shimano Nexus, rem cakram profesional dan roda 28 inci serta pegangan ergonomis. Pengguna dapat memilih bingkai dan ukuran rel sadel, yang berarti bahwa sepeda cocok untuk orang yang lebih tinggi atau orang pendek. ars

Tampilkan Semua

Mewujudkan Bengkulu yang Maju, dan Berdaya Saing

Senin 24/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Gubernur Bengkulu saat ini, Rohidin Mersyah bertekad untuk mewu­judkan Bengkulu yang ma­ju, sejahtera dan bermartabat dan berdaya saing tinggi. Un­tuk mengupas itu lebih lan­jut Koran Jakarta berkesempa­tan...
Selengkapnya

Layanan Kereta Api Cibatu-Garut Gratis di Awal Operasional

Jumat 31/1/2020 | 17:55
A   A   A   Pengaturan Font
GARUT – PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap menggratiskan layanan transportasi kereta api Stasiun Cibatu-Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada awal operasional sebagai bentuk pelayanan dan menarik minat masyarakat untuk...
Selengkapnya

Pemkot Bandung Bangun Kolam Retensi di Jalan Bima Guna Cegah Banjir

Jumat 31/1/2020 | 09:44
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai membangun kolam retensi di Jalan Bima yang dirancang untuk mampu menampung air untuk menahan luapan dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Citepus. Wali Kota Bandung, Oded M Danial,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Sedan "Hybrid" Pertama Maserati Ghibli Hadir Tahun Ini

Senin 15/6/2020 | 14:16
A   A   A   Pengaturan Font

 

Jakarta- Perusahaan mobil mewah Italia, Maserati akan mengenalkan mobil hybrid pertamanya, Ghibli Hybrid, pada tahun ini.

Ghibli Hybrid akan menjadi tonggak mobil ramah lingkungan yang menandai era baru Maserati.

Dalam siaran pers di laman resmi perusahaan yang dikutip Senin, Maserati mangatakan bahwa "hibridisasi adalah katalisator perubahan, dengan elemen-elemen berbeda yang saling berbenturan dan bersatu, bertemu, saling menemukan dan berevolusi, untuk memunculkan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya."

"Dari inspirasi itu, muncul Ghibli Hybrid baru, yang pertama dalam barisan kendaraan di era baru Maserati," tambah pernyataan itu.

Perusahaan berlogo trisula "lightning-rod" itu tidak mengungkap sedikit pun spesifikasi Ghibli Hybrid. Mereka juga tidak memberikan bocoran foto mobil terbaru itu.

Mereka hanya menyebutkan bahwa mesin yang dipakai Ghibli Hybrid akan menjadi sejarah bagi Maserati, juga pengembangan otomotif berkinerja tinggi.

Sebelumnya, Ghibli Hybrid direncanakan hadir pada April 2020, namun pandemi COVID-19 yang menerjang dunia membuat mereka menunda rencana itu.

Beberapa media otomotif Eropa menyebut bahwa Maserati Ghibli akan hadir pada akhir tahun .Ant/P-4

 

Tampilkan Semua

MG Motor Donasi 10.000 APD untuk Tenaga Medis

Kamis 21/5/2020 | 18:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Meski baru masuk pasar otomotif Indonesia pada awal tahun ini, namun Morris Garage (MG) Motor Indonesia turut berkontribusi memberikan bantuan langsung kepada warga dan tenaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19...
Selengkapnya

Pembelian Honda secara “Online” Meningkat

Kamis 21/5/2020 | 17:20
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – PT Honda Prospect Motor mencatatkan peningkatan pembelian mobil secara online atau daring sebesar 20 persen dari seluruh total penjualan pada April 2020 atau bertepatan dengan pemberlakuan aturan Pembatasan Sosial...
Selengkapnya

MPV dengan VIP Wall Anti Covid-19

Rabu 13/5/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di tengah wabah virus korona seperti sekarang ini pengguna kendaraan membutuhkan pengaman khusus untuk mengindari penularan Covid-19. Perusahaan modifikasi PT Lombardi Auto Indonesia Mobil melakukan desain ulang sedemikian rupa agar...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Hadapi New Normal, BAKTI Siapkan 2.000 Titik Akses Internet

Kamis 4/6/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan 2.000 titik akses internet di lokasi baru sebagai respons New Normal, dimana hal itu kegiatan bekerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah di tengah pandemi COVID-19. 
 
“Kita coba solusikan secara cepat dengan menyiapkan lokasi baru akses internet sebanyak 2.000 titik. Karena inilah solusi jangka pendek yang bisa kita lakukan khususnya dalam periode sekarang pandemi COVID-19 ini,” kata Direktur Utama BAKTI Anang Latif pada Web dan Seminar (Webinar) yang mengambil tema "Solusi Bakti Kominfo di Tengah Pandemi" di Jakarta, Kamis (4/6).
 
Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang menyusun titik-titik dimana saja yang menjadi  prioritas dari 2.000 titik ini, sehingga rencananya pasca pandemi covid-19 ini, tim akan dibentuk untuk segera menyusun dan bergerak ke lapangan. 
 
Sejauh itu, kata Anang, BAKTI telah menyelesaikan pembangunan peningkatan sebanyak 600 BTS USO 2G menjadi 4G. Saat ini total 1.000 BTS USO telah ditingkatkan ke 4G. BAKTI menargetkan untuk menyelesaikan peningkatan 600 BTS USO pada akhir Juni ini. 
 
“Dengan harapan bahwa adanya layanan 4G ini memudahkan mereka melakukan aktivitas semuanya dari rumah, WFH, belajar dari rumah, dan lain-lain. Tentunya ini memeratakan kesempatan tidak hanya kita yang ada di kota besar, namun juga bisa dirasakan di daerah 3T dan perbatasan,” katanya.
 
Dalam upaya percepatan penanganan COVID-19, jelas