Mau Unduh Mobile JKN Sambil Urus Tilang? Sekarang Bisa | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 11 2019
No Comments

Mau Unduh Mobile JKN Sambil Urus Tilang? Sekarang Bisa

Mau Unduh Mobile JKN Sambil Urus Tilang? Sekarang Bisa

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta Selatan, Jamkesnews – Semenjak diresmikan pada bulan Juli 2019, Hadirnya Booth layanan informasi dan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat. Hal ini terbukti dari banyaknya warga yang mendatangi booth tersebut, seperti yang terjadi pada hari Jumat (11/10) dimana warga yang sedang mengurus tilang juga datang ke booth untuk mengurus kepesertaan JKN-KIS mereka.

Beti Rahmawati selaku Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan mengatakan jika disiapkannya booth informasi dan pelayanan peserta untuk membantu warga yang sedang mengurus persyaratan tilang sambil mengurus kepesertaan JKN-KIS. Tapi yang paling utama, petugas booth tersebut akan mengenalkan aplikasi Mobile JKN.

“Aplikasi Mobile JKN ini adalah solusi untuk peserta dan calon peserta JKN-KIS untuk mengurus beberapa keperluan tanpa harus datang ke kantor cabang. Aplikasi ini menyediakan fasilitas untuk pendaftaran peserta baru kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), memperbarui data kepesertaan, mengganti fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) peserta dan anggota keluarga, melakukan skrining kesehatan, mendapatkan informasi fasilitas kesehatan terdekat, dan juga fasilitas KIS digital,” Ujar Beti.

Beti menambahkan, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas pendaftaran autodebit dengan menggunakan skema Mobile Cash. Dengan skema itu, peserta dapat mengikuti skema autodebit tanpa perlu memiliki nomor rekening bank yang bekerjasama.

Hadirnya booth ini mendapatkan sambutan yang sangat baik dari warga, salah satunya Irfan. Laki-laki yang sedang mengurus pembayaran tilang kendaraannya mengaku tertarik dengan kemudahan yang diberikan Mobile JKN.

“Saya sempat dengar tentang aplikasi ini, katanya aplikasi ini lengkap menunya buat bantu peserta kaya saya. Apalagi saya bisa ganti tempat berobat tanpa harus ke kantor cabang, cukup pake smartphone saya saja. Makanya pas tahu BPJS Kesehatan ada di Kejarisaya langsung datang. Petugasnya langsung bantu saya install aplikasinya sambil dipandu cara pakainya. Menurut saya pribadi, aplikasi ini ternyata tidak seribet yang saya kira. Walaupun saya belum paham semua menunya, tapi aplikasi ini cukup mudah dimengerti oleh saya,” Ujar Irfan. (RI/sw)

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment