MCS di Kelurahan Jagakarsa, Warga Sudah Antri Sejak Pagi | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 11 2019
No Comments

MCS di Kelurahan Jagakarsa, Warga Sudah Antri Sejak Pagi

MCS di Kelurahan Jagakarsa, Warga Sudah Antri Sejak Pagi

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta Selatan, Jamkesnews – Antusiasme warga Kelurahan Jagakarsa begitu tinggi terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), terbukti dengan banyaknya warga yang sudah datang ke kantor Kelurahan Jagakarsa dan menunggu mobil layanan Mobile Customer Services (MCS) BPJS Kesehatan pada hari Rabu (16/10).

Desfauzi Umar selaku Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta mengatakan jika Layanan MCS yang dilaksanakan setiap hari dan bergilir kelurahan setiap minggunya ini selalu ditunggu warga. Hal itu karena layanan MCS bisa memfasilitasi pengurusan kepesertaan JKN-KIS tanpa harus datang ke kantor cabang.

“layanan MCS ini meliputi layanan pendaftaran peserta baru, penambahan atau pengurangan anggota keluarga, perubahan kelas, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), pencetakan kartu KIS, termasuk memandu peserta yang datang untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi Mobile JKN,” Ujar Desfauzi.

Desfauzi juga menambahkan, warga yang datang hanya perlu membawa kartu identitas saja untuk mengurus keperluannya. Selama satu minggu di hari kerja, layanan MCS ini akan datang dan melayani satu kelurahan dari pukul 09.00 sampai pukul 16.00 WIB.

“Kami sudah berkoordinasi sebelumnya dengan pihak kelurahan yang akan ditempatkan layanan MCS agar pihak kelurahan dapat memberitahukan pada warganya mengenai kedatangan kami. Itulah mengapa warga biasanya sudah datang sebelum jam pelayanan kami dibuka,” Lanjut Desfauzi.

Hadirnya layanan MCS ini memang disambut positif oleh warga sekitar karena bisa memangkas waktu untuk datang ke kantor cabang. Seperti contohnya adalah Endah (35), yang mengaku sudah menunggu mobil layanan MCS sejak pukul 07.30 WIB.

“Saya memang akan mengurus penambahan data anak kedua saya menjadi peserta JKN-KIS, kebetulan sekarang sudah ada Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Kartu Keluarga (KK) saya. Ketika saya tahu jika BPJS Kesehatan akan datang ke kantor Kelurahan Jagakarsa, saya pun menyiapkan semua persyaratan dan langsung berangkat ke kantor kelurahan,” Ujar Endah.

Endah mengakui, adanya layanan MCS ini sangat memudahkan dirinya dan warga di Kelurahan Jagakarsa karena layanan yang diberikan seperti layaknya layanan di kantor cabang. Sehingga dirinya bisa lebih cepat mengurus keperluannya tanpa perlu harus datang ke kantor cabang. Endah berharap layanan ini terus diadakan karena akan sangat memudahkan peserta dan calon peserta JKN-KIS. (RI/sw)

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment