Koran Jakarta | September 18 2019
No Comments

Menelusuri Tradisi Unik Minang yang Masih Eksis

Menelusuri Tradisi Unik Minang yang Masih Eksis

Foto : istimewa
Festival Siti Nurbaya
A   A   A   Pengaturan Font

Roman karya Marah Rusli yang berjudul Kasih Tak Sampai, dan melahirkan pemeran utama Siti Nurbaya, menjadi ciri khas Minangkabau, Sumatera Barat (Sumbar), sehingga dikenal juga dengan sebutan bumi Siti Nurbaya.

Selain memiliki keuni­kan budaya dari sosok perempuan Minang yang lahir dari karya Marah Rusli, Minang juga memiliki banyak keragaman budaya lain, yang memperka­ya keberagaman budaya di Nusantara. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Upacara Turun Mandi

Hasil gambar untuk Upacara Turun Mandi

Ini adalah salah satu upa­cara tradisional masyarakat Minangkabau yang dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas lahirnya anak ke dunia, sekaligus memperkenalkan sang bayi kepada masyara­kat. Upacara Turun Mandi ini digelar di sungai (batang aia), dengan prosesi arak-arakan.

  1. Balimau

Balimau adalah tradisi mandi membersihkan/men­sucikan diri menjelang Ra­madan. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan masyarakat Minangkabau di lubuak atau sungai.

  1. Makan Bajamba

Hasil gambar untuk Makan Bajamba

Makan bajamba sering juga disebut Makan Barapak, tradisi ini sampai sekarang masih jamak dilakukan masyarakat Minangkabau. Makan Bajamba adalah tradisi makan dengan cara makan bersama di sebuah tempat, biasanya dilakukan pada hari besar Islam, upa­cara adat, atau acara-acara penting lainnya.

  1. Batagak Pangulu

Masyarakat etnis Minangkabau hidup dalam budaya bersuku dan berkaum. Setiap suku biasan­ya memiliki penghulu suku atau Datuak. Ketika suku atau kaum mengangkat pimpinan kaumnya yang baru, maka diadakanlah upacara Batagak Pangulu. Acara ini biasanya diadakan dengan menyem­belih kerbau dan acara pesta selama 3 hari bahkan sampai seminggu lamanya.

  1. Batagak Kudo-kudo

Ini merupakan salah satu rangkaian panjang dari tradisi masyarakat Minangk­abau dalam membangun rumah. Upacara Batagak Kudo-kudo dilakukan saat rumah baru akan dipasang kuda-kuda.

  1. Tabuik

Perayaan Tabuik meru­pakan tradisi masyarakat Pariaman, Sumbar untuk memperingati meninggal­nya cucu Nabi Muhammad, Hasan dan Husein. Prosesi ini biasanya berlangsung selama satu minggu dengan perayaan puncak yang dinamakan Hoyak Tabuik yang dilaksanakan pada 10 Muharam setiap tahunnya.

  1. Pacu Jawi

Salah satu tradisi unik yang menjadi favorit dari Sumbar adalah Pacu Jawi. Pacu Jawi merupakan tradisi unik yang dilakukan masyarakat Tanah Datar.

Bedanya dengan Karapan Sapi di Madura, Pacu Jawi menggunakan sawah basah dan berlumpur, Karapan Sapi menggunakan sawah kering.

  1. Pacu Itiak

Pacu Itiak (Balapan Itik) adalah salah satu tradisi unik dari Sumbar. Even Pacu Itiak biasanya dilaksanakan di 11 tempat berbeda di Kota Payakumbuh dan Kabu­paten Limapuluh Kota.

Tata cara perlombaan Pacu Itiak ini adalah dengan melemparkan Itiak sehingga Itiak pun terbang menuju garis finish. hay/R-1

Destinasi yang Bikin Betah

Destinasi alam memang tidak ada habisnya membuat berdecak kagum. Berdiam dan men­enangkan diri sejenak untuk memper­hatikan keindahan panorama alam memang sangat baik untuk kesehatan jiwa.

Berikut beberapa destinasi alam di Padang yang patut Anda kunjungi.

Air Terjun Sarasah

Hasil gambar untuk Air Terjun Sarasah

Lokasinya terletak di Jalan Koto Baru, Pauh, Padang. Untuk mencapai tem­patnya, Anda hanya bisa berjalan kaki menyusuri perkebunan masyarakat.

Jarak yang diperlukan dari perkebu­nan menuju air terjun kira-kira 6 km. Berhati-hatilah ketika melewati sekitar air terjun ini karena bebatuannya licin dan berlumut.

Air terjun yang satu ini cukup unik karena bentuknya menyerupai pi­ramida. Ketinggiannya mencapai 10 hingga 15 meter. Anda bisa bermain air dan berfoto dengan latar air terjun. Jika ingin memacu adrenalin, cobalah untuk menjelajahi tingkatan-tingkatannya. Semakin tinggi tingkatannya akan se­makin terjal dan berbahaya. Maka dari itu, perhatikan langkah Anda agar tidak tergelincir.

Pantai Air Manis

Hasil gambar untuk Pantai Air Manis

Pantai Air Manis merupakan salah satu pantai yang populer di Padang dan ombaknya tidak terlalu besar. Pantai ini bisa dicapai 10 km dari pusat kota. Nama pantai ini berasal dari dialek Minang, yaitu aia manih. Anda ingat dengan legenda Malin Kundang? Di pantai ini, terdapat batu yang meny­erupai orang bersujud yang dipercaya sebagai Malin Kundang. Ada pula be­batuan yang menyerupai dinding kapal yang juga dipercaya sebagai kapal Malin Kundang yang karam.

Ngungun Saok

Ngungun Saok berasal dari kata ngungun yang berarti disiram air dan saok yang berarti tertutup. Tempat wisata yang satu ini membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai lokasin­ya. Anda harus berjalan kaki dan mele­wati medan yang menantang. Namun, tidak perlu cemas karena sesampainya di sana, Anda akan dimanjakan dengan keindahan air terjun yang jernih dan bernuansa hijau di dasarnya.

Teluk Bayur

Hasil gambar untuk Teluk Bayur

Teluk Bayur merupakan pelabuhan tertua di Pulau Sumatera, tepatnya dibangun pada era kolonial Hindia Be­landa dengan nama awal Emmahaven. Sampai saat ini, Teluk Bayur masih menjadi pelabuhan paling ramah dan terbesar di pantai barat Pulau Sumatera. Anda bisa menyaksikan lautan yang indah dengan kapal-kapal yang hilir mudik di sekitarnya.

Taman Nasional Kerinci Seblat

Hasil gambar untuk Taman Nasional Kerinci Seblat

Wisata selanjutnya adalah Taman Nasional Kerinci Seblat yang terletak di empat provinsi, yaitu Sumbar, Sum­sel, Jambi, dan Bengkulu. Di taman nasional ini, ada banyak mata air panas, sungai beraliran deras, air terjun, gua, dan beragam spesies flora dan fauna. Terdapat danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara, yaitu Danau Gunung Tujuh. Taman nasional terbesar di Sumatera ini memiliki luas hampir mencapai 14.000 km2.

Ada 4.000 spesies flora yang terdiri dari tanaman hias, pohon pelindung, dan apotek hidup. Flora yang paling terkenal dari taman nasional ini adalah bunga terbesar di dunia, rafflesia ar­noldii atau bunga raflesia, serta bunga tertinggi di dunia, Amorphophallus ti­tanum atau bunga bangkai raksasa. Se­dangkan fauna yang berada di wilayah ini, di antaranya adalah harimau Suma­tera, badak Sumatera, macan dahan, tapir melayu, gajah Sumatra, beruang madu, beserta 370 spesies burung.

Itulah sejumlah destinasi alam di Padang yang perlu diketahui dan jangan sampai dilewatkan. Ingin mencari tiket murah untuk ke Padang? Anda bisa gunakan layanan Airy untuk mencari berbagai pilihan tiket pesawat ke Padang yang sesuai keinginan. Jika terjadi kendala terkait pembayaran dan jadwal penerbangan, Airy melayani pelanggan dalam pengajuan reschedule maupun refund. hay/R-1

 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment