Koran Jakarta | July 22 2019
No Comments

Menggali Informasi Sebelum Memilih Furnitur

Menggali Informasi Sebelum Memilih Furnitur

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Informasi tentang furnitur menjadikan barang tersebut tepat guna dan tepat penempatannya. Hasilnya, furnitur dapat memenuhi konsep interior dalam suatu ruang.

Hal tersebutlah yang sebagian besar masih diabaikan konsumen. “Karena, orang terbutakan look atau tampak depan,” ujar Rohadi, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Pusat, yang ditemui dalam ajang pameran Homedec di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (11/7). Lantaran tolak ukur tersebut, maka orang kerap melupakan kualitas barang yang dimilikinya.

Seperti lima atau sepuluh tahun yang lalu, orang memilih membeli furnitur yang dapat berfungsi sebagai tempat tidur maupun kursi untuk mengisi apartemennya yang berukuran mungil. Ternyata, barang tersebut tidak bertahan lama. “Karena teknologinya tidak memadai,” ujar dia menambahkan. Hal itu karena teknologi yang berkembang masih kurang memadai.

Untuk itu ia menyarakan bahwa pemilihan barang furnitur tidak hanya menilai dari tampak mukanya saja. Konsumen perlu melihat barang secara fisik termasuk menggali informasi tentang kualitas barang yang akan dibelinya.” Harus melihat, barang diamati dan dipelajari,” ujar dia.

Berbeda dengan barang aksesoris, barang tersebut cukup dilihat kemudian dipajang. Untuk barang yang bersifat fungsional, konsumen perlu mempelajari dimensi barang maupun ruang yang akan digunakan.

Pasalnya jika, ruang tidak mencukupi, konsep interior yang diinginkan tidak akan terwujud bahkan biasa merusak suasana ruang. “Seperti pemasangan AC, baiknya menghadap jendela, menghadap pintu atau menghadap tempat tidur,” ujar dia.

Selain itu, pemahaman kegunaan menjadikan furnitur digunakan sesuai fungsinya. Seperti kitchen set Yang digunakan untuk dapur bersih tidak digunakan untuk mencuci wajan dalam ukuran besar. Jika tidak menggunakan furnitur sesuai kegunaannya maka furnitur akan kehilangan kualitas sebagai produk interior.

Menggunakan jasa desainer interior menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan konsep interior yang lebih tepat. Di sisi lain, desainer interior tidak selalu tepat 100 persen dalam menghasilkan karya. “(Desainer interior) adalah salah satu masukkannya tapi kami juga bukan dewa,” ujar dia.

Setidaknya dengan pengetahuan sebagai desainer interior serta latar belakang yang dimilikinya, mereka dapat mengukur dimensi sebuah ruang dengan barang furnitur. Sehingga, barang furnitur yang digunakan dapat tepat guna dan tepat penempatannya. din/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment