Koran Jakarta | October 16 2019
No Comments

Parlemen Eropa Setujui Lagarde sebagai Ketua ECB

Parlemen Eropa Setujui Lagarde sebagai Ketua ECB

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

STRASBOURG – Parlemen Eropa pada Selasa (17/9) me­nyetujui mantan ketua International Monetary Fund (IMF), Christine Lagarde, sebagai ketua European Central Bank (ECG) yang baru. Persetujuan Parlemen Eropa atas Lagarde ini hanya rekomendasi karena keputusan finalnya tergan­tung pada putusan para pemimpin Uni Eropa (UE) dalam KTT UE yang digelar pada pertengahan Oktober.

“Lagarde mendapat dukungan suara dari 394 anggota Parlemen Eropa, 206 suara menentang, dan 49 suara ab­stain, dalam voting rahasia di Parlemen Eropa,” demikian diwartakan AFP.

Lagarde adalah mantan Menteri Ekonomi Prancis dan ketua IMF selama 8 tahun. Ia diprediksi akan melanjut­kan kebijakan yang telah dibuat mantan ketua ECB, Mario Draghi, yang berhasil menyelamatkan zona euro keluar dari krisis pelemahan mata uang.

Draghi akan menyerahkan jabatannya pada Lagarde usai memimpin pertemuan kebijakan moneter terakhirnya pa­da Oktober. Mata uang Euro yang menjadi simbol bagi pa­sar tunggal Eropa, saat ini baru dipergunakan oleh 19 nega­ra dari 28 negara anggota UE dan isu untuk meningkatkan penggunaa Euro ini akan jadi pekerjaan rumah bagi Lagarde saat resmi menjabat sebagai ketua RCB.  SB/AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment