Pengamanan Bandara Ditingkatkan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 19 2020
No Comments
Jelang Natal l Belasan Posko Kesehatan Disiapkan di Kawasan Bandara Soetta

Pengamanan Bandara Ditingkatkan

Pengamanan Bandara Ditingkatkan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Bandara Soekarno – Hatta Tangerang siap melayani penumpang libur Natal dan Tahun Baru 2020. Periode libur Natal dan Tahun Baru 2020 di mulai 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020.

TANGERANG – Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang meningkatkan pengamanan jelang libur Natal dan Tahun Baru 2020. Sebanyak 1.200 personel dari Komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombata), yakni petugas Avsec, Imigrasi, Bea dan Cukai, dan TNI/Polri disiagakan. Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang, mengatakan akan ada ribuan personel yang akan terlibat dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020.

“Sekali shift atau berjaga itu ada sekitar 1.200 personel. Bahkan bisa lebih, tergantung tingkat keramaian,” ujarnya di Terminal 2 Bandara SoekarnoHatta, Tangerang, Selasa (10/12). Febri menjelaskan pihaknya pun telah siap melayani penumpang libur Natal dan Tahun Baru 2020. Periode libur Natal dan Tahun Baru 2020 di mulai 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020.

“Persiapannya ya kami ada process dan facility. Kami mempersiapkan SDM kami siap untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru. Semua pejabat tinggi pun ikut piket melayani libur Natal dan Tahun Baru. Artinya ada tambahan kerja lembur,” jelasnya.

Febri menambahkan saat ini pihaknya telah menerima beberapa pengajuan ekstra flight atau penerbangan tambahan dari maskapai untuk Natal dan Tahun Baru. “Ada permintaan tapi masih dalam proses. Kami memastikan bahwa kami akan melakukan tugas-tugas kami sesuai dengan SOP yang berlaku terkait ekstra flight,” ungkapnya.

Saat ditanya terkait prediksi peningkatan lonjakan penumpang, Febri belum mempunyai bayang-bayang terhadap kemungkinan nanti. Ia hanya berharap ada kenaikan penumpang dari tahun sebelumnya. “Kami belum bisa memprediksi, karena permintaan ekstra flight itu terus berlanjut. Tahun lalu kurang lebih 3,3 juta penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru. Kami berharap tahun ini bisa lebih dari itu,” katanya.

Posko Kesehatan Sementara itu, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan 14 posko yang tersebar di wilayah Bandara Soekarno-Hatta. Kepala KKP Bandara Soekarno-Hatta Anas Maaruf mengatakan hasil rapat koordinasi dari stakeholder, KKL Bandara Soekarno-Hatta akan menyiapkan layanan kesehatan khusus untuk periode Natal dan Tahun Baru 2020.

“Ada 14 pos yang akan kita siapkan dalam rangka untuk pelayanan publik dalam rangka arus mudik balik Natal dan Tahun Baru 2020,” kata Anas Tahun Baru Anas mengatakan, pelayanan kesehatan untuk periode Natal dan Tahun Baru 2020 akan dimulai pada 19 Desember 2019. Pelayanan akan berlangsung selama 19 hari dan berakhir tanggal 6 Januari 2020.

Anas juga mengatakan akan disiapkan petugas medis baik dokter maupun perawat di setiap pos yang sudah disebar. Sekitar 100 petugas akan mengusi selama 24 jam di masing-masing pos.

“Diupayakan minimal dua orang setiap titik. Ada yang 4 dan 5 tergantung tingkat keramaian pos masing,” kata dia. Selain itu, terdapat juga petugas yang akan memonitor pergerakan penumpang pada periode Nataru tersebut.

Dengan demikian, lanjut dia, akan ada penempatan tenaga medis sesuai dengan beban penumpang yang bergerak. “Terutama terminal internasional kita ada mengerahkan banyak lagi personel, terutama pengamatan kedatangan para penumpang baik pulang dan pergi dari kedatangan internasional,” ucap dia. emh/P-5

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment