Koran Jakarta | May 23 2019
No Comments

Performa Super si Supercar Italia

Performa Super si Supercar Italia

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Mobil sport mengutamakan kemampuan kecepatan. Pabrikan Italia melakukan pengembangan dari sisi bobot, aerodinamika, mesin untuk menghasilkan kinerja yang super cepat.

Ferrari menghadirkan unit pertama dari supercar Ferrari 488 Pista. Sebagai penerus seri spesial Ferrari bermesin V8 - 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia dan 458 Speciale yang banyak mendapat pujian dari sisi performa dan handling.

Ferrari 488 Pista menandai sebuah langkah maju yang signifikan dari seri spesial sebelumnya baik dalam segi dinamika sporti maupun dalam tingkat teknologi yang diadopsi dari ajang balapan. Namanya merupakan penghormatan secara langsung terhadap kiprah Ferrari dalam dunia motorsport.

Peningkatan performa 488 Pista dilakukan dengan mengurangi berat, aspek dinamika, dan aerodinamis seperti yang dilakukan pada Ferrari 488 GTB dan 488 Challenge. Dibandingkan dengan 488 GTB, model baru lebih ringan 90 kg dari total 1280 kg bobot keringnya.

“Pengurangan bobot dan peningkatan performa mesin untuk mobil special series (+50 hp), menghasilkan standard performa baru untuk mobil sport Ferrari dengan mesin V8,” kata Pemilik Dealer & CEO Ferrari Jakarta Indraguna Sutowo di Jakarta.

488 Pista menggunana mesin V8 paling bertenaga dalam sejarah Ferrari. Mesin ini telah mengalami evolusi ekstrim dalam hal unit turbonya dan telah memenangkan penghargaan International Engine of the Year pada tahun 2016 dan 2017.

Mesin tersebut menghasilkan daya 720 CV yang merupakan tenaga terbesar di kelasnya (185 hp/l) dan juga yang paling ringan, berkat solusi yang diadopsi dari 488 Challenge, termasuk manifold knalpot Inconel serta poros engkol dan flywheel yang ringan, selain itu juga berkat fitur-fitur tambahan seperti con rods titanium dan intake plenum dari serat karbon.

Ferrari 488 Challenge juga menyumbang turbo dengan sensor rev terpadu serta disain saluran air intake yang telah dipindahkan dari bagian flank ke area sekitar spoiler belakang untuk memastikan aliran udara yang lebih bersih.

Torsi yang dihasilkan lebih tinggi dari 488 GTB pada semua tingkat putaran mesin, memberikan akselerasi yang bertenaga namun halus serta waktu respon turbo yang lebih cepat meski terjadi peningkatan daya.

Suara mesinnya unik dan khas Ferrari, jaminan sebuah mobil spesial. Kualitas suara dan intensitasnya lebih tinggi dari 488 GTB di semua tingkat perpidahan gigi dan pada semua tingkat putaran mesin seiring dengan peningkatan daya yang progresif.

Pengembangan kendaraan ini memanfaatkan sepenuhnya pengalaman Ferrari dalam performa aerodinamis pada arena balap ataupun jalan raya. Caranya dengan mengadopsi S-Duct yang terinspirasi F1 dan disain diffuser depan bersudut miring guna menciptakan daya hisap dan peningkatan downforce.

Generator vortex-nya telah didesain ulang, dan diffuser belakang menggunakan dudukan ganda seperti pada 488 GTE untuk meningkatkan ekstraksi udara dan menghasilkan downforce dibandingkan dengan diffuser tradisional.

Selain itu, spoiler belakang juga dibuat lebih tinggi dan lebih panjang serta bentuknya lebih optimal. Hasil akhir dari semua intervensi ini adalah kenaikan yang mengesankan dalam hal downforce sebesar 20 persen.

Pemilihan suspensi disempurnakan dengan ban baru yang dikembangkan khusus untuk 488 Pista oleh Michelin. Desain 488 Pista difokuskan pada konsep aerodinamis fungsional, sementara kokpit dirombak ulang sesuai dengan tema sporty.

Desain Ferrari menggunakan elemen inovatif, seperti S-Duct aerodinamis di bagian depan, untuk memberikan kesan visual bagian hidung yang lebih pendek dan menciptakan efek sayap mengambang.

Skema warna-warna balap merupakan bagian integral dari desain mobil dan caranya menyatu dengan S-Duct menonjolkan bentuk Berlinetta yang ringkas namun berkesan. Sisi yang kontras pada elemen aerodinamis seperti bemper dan struktur penguat tambahan pada desain.

“Konsep bagian depan juga tercermin pada spoiler belakang berbentuk ekor lumbalumba yang disanggah untuk memberi kesan ringan dan efisien, sementara volume bagian belakang menambah kesan bertenaga,” kata Indraguna.

Kesan dasar dari mobil untuk tujuan ekstrem ditegaskan dengan penggunaan untuk pertama kalinya pada Ferrari yaitu pilihan pelek karbon baru berukuran 20 inci, sementara bagian lain yang menggunakan bahan serat karbon adalah kap mesin, bemper dan spoiler belakang. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment