Koran Jakarta | September 18 2019
No Comments
EDISI KHUSUS KEMERDEKAAN

Perkuat Setiap Peranan

Perkuat Setiap Peranan

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Inisiatif positif ini perlu disambut baik, dan yang perlu di­perkuat pertama, menurut Catrini, ialah peran keluarga, sebagai satu kebudayaan kecil.

Jika Anda renungkan, masuknya gempuran budaya asing sebenarnya merupakan sesuatu yang wajar dan tak dapat dicegah di era globalisasi. Yang perlu dipertanyakan sebetul­nya, seberapa cintakah Anda terhadap Indonesia, beserta keberagaman yang dimilikinya.

Catatan penting, beberapa gerakan kecil kebudayaan di ru­ang sosial yang begitu majemuk berhasil mencuri perhatian, bahkan menjadi sumber pembelajaran masyarakat yang meli­hatnya. “Fenomena ini mudah kita temui, contohnya komu­nitas berkebaya disambut sangat baik, bisa Anda bayangkan di era yang serba modern ada penampakan tradisionil yang begitu eksotik. Dan membuat siapapun akan tertular rasa bangga ketika berbusana khas itu,” ceritanya.

Kelebihan era baru ini, generasi muda tergolong aktif untuk mencari tahu. Mereka merasa lebih tertantang terhadap suatu hal yang menarik perhatiannya, akses pencariannya pun ba­nyak, bisa melalui sosial media, browsing internet, berdiskusi dengan teman, atau komunitas tersebut. Hasilnya ialah sebu­ah pemahaman budaya baru, yang cukup unik. ima/R-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment