Koran Jakarta | September 18 2019
No Comments

Perusahaan Material Meriahkan HUT ke-74 RI

Perusahaan Material Meriahkan HUT ke-74 RI

Foto : istimewa
Direktur Engineering & Proyek Semen Indonesia, Tri Abdisatrijo (kiri) memberikan bantuan sarana air bersih saat peringatan HUT ke-74 RI di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/7).
A   A   A   Pengaturan Font

Menyemarakkan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, PT Semen Indonesia menggelar program “BUMN Hadir untuk Negeri” di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sejumlah program maupun kegiatan mewarnai kegiatan ini, mulai dari Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, Pasar Murah, Bantuan Sosial, Festival dan berbagai Jenis perlombaan rakyat.

Direktur Engineering dan Proyek PT Semen Indonesia, Tri Abdisatrijo menilai, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Contohnya, potensi sumber daya alam (SDA) dan pariwisata.

Dari sisi sumber daya alam, menurut Tri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Selayar dapat mengembangkan sektor perkebunan dan perikanan.

“Pemerintah bisa menggali SDA untuk dikembangkan dengen bekerjasama dengan BUMN atau pihak swasta dalam pengolaan produk maupun pemasaran,” ujarnya usai memimpin upacara peringatan HUT RI ke-74.

Sementara itu, dari sisi pariwisata, Tri menilai, Kepulauan Selayar memiliki potensi luar biasa. Dia pun mendorong Pemkab Kepulauan Selayar untuk mengembangkan Penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bidang Pariwisata.

Peringatan HUT RI ke-74 dilaksanakan di Lapangan Galung, Desa Harapan, Kecamatan Bontosikuyu, dengan melibatkan sekitar 1.000 peserta, dan akan dirangkaikan dengan beberapa kegiatan antara lain Pasar Murah, penyerahan bantuan CSR dan beberapa lomba rakyat, seperti Panjat Pinang, Balap Karung, Pencak Silat dan Tarik Tambang.

General Manager of CSR Semen Indonesia Edy Saraya mengemukakan, program BUMN Hadir untuk Negeri di Sulawesi Selatan, sebagian dilaksanakan di Kabupaten Pangkep dan yang terbesar dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Untuk Kabupaten Kepulauan Selayar beberapa bantuan yang diberikan yakni Program Pemenuhan Kebutuhan Dasar, antara lain pembangunan MCK 50 Pintu di Kec Benteng, Bontosikuyu, Bontoharu. Kemudian pembangunan sarana air bersih di Ponpes Babussalam dan Bonea Makmur, Kecamatan Bontomanai,” ungkap Edy Saraya.

Selain itu, lanjutnya, juga ada elektrifikasi 50 Pelanggan dan 7 Bantuan RTLH di Kabupaten Pangkep, sehingga total bantuan yang disalurkan untuk Sulawesi Selatan mencapai 1,72 miliar rupiah.

“Untuk pasar murah, panitia juga menyiapkan 2.000 paket sembako. Juga beberapa lomba untuk menyemarakkan HUT RI, dengan total hadiah yang kami siapkan ada puluhan juta rupiah” ujar Edy Saraya. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment