Spot “Instagramable” di Maribaya Lembang | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 11 2019
No Comments
Mulberry Hill

Spot “Instagramable” di Maribaya Lembang

Spot “Instagramable” di Maribaya Lembang

Foto : FOTO-FOTO: KORAN JAKARTA/TEGUH RAHARDJO
A   A   A   Pengaturan Font

Akhir pekan ini jalan-jalan ke Maribaya Lembang Yuk. Ada spot unik yang bisa dikunjungi, menginap, berkebun, hingga berfoto dengan latar unik alias selfie. Lokasinya tidak terlalu jauh dari air terjun Maribaya Lembang, namanya Mulberry Hill. 

Mulberry Hill berada di Jalan Maribaya Timur, RT 01/RW 10, masuk kawsa­san, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya sangat dekat dengan sejumlah tempat wisata hits di Bandung seperti Ke­bun Begonia, Tebing Keraton, Bukit Moko dan Taman Hutan Raya Juanda.

Dari arah Kota Bandung ke Mulber­ry Hill di Jalan Maribaya Timur berja­rak sekitar 20 Km, atau bisa ditempuh dengan 1 jam berkendara. Jika dari pusat Kota Lembang, Mulburry Hill lo­kasinya berada di utara Kota Bandung, 6 kilometer arah timur Lembang.

Tapi tentu saja akses ke lokasi wisata di kawasan Maribaya Lembang ini perlu perhatian ekstra. Jalannya yang menanjak dan turunan tajam perlu perhatian ekstra bagi sopir atau pengendaranya.

Tiba di Mulberry Hill, pemandan­gan pengunjung pasti akan langsung tertuju pada tenda-tenda warna pink yang ada di sisi tebingnya. Tenda itu adalah lokasi cottage atau glamping yang disewakan kepada pengunjung. Ada belasan tenda warna pink yang dibangun di sepanjang sisi tebing kawasan Mulberry.

Saat menyambanginya, pastilah pengunjung sudah langsung ingin memotretnya, berfoto selfie dengan latar tenda berbentuk unik. Dari kejauhan tenda itu mirip dengan botol bagian atas dengan tutup botolnya. Warna pink yang menyolok mata menambah unik tenda penginapan di Mulberry ini.

Di bagian depan tenda glamp­ing tersebut, terdapat teras yang menjorok ke bagian tebing. Dengan menaiki tangga kayu setinggi sekitar satu meter, pengunjung akan langsung merasa nyaman untuk duduk-duduk di terasnya. Ada meja kursi terse­dia di terasnya, duduk di situ, mata akan lang­sung berasa segar dengan pemandan­gan alam hutan pinus dan hijaunya bukit Lembang. Dari kejauhan nampak gunung Tangkuban Parahu.

Seperti halnya glamping yang sudah lama hits di Bandung, fasilitas di dalamnya pun cukup mewah. Meski berada di daerah pegunungan yang dingin, di dalamnya terdapat alat pendingin portabel. Ada dua kasur empuk di dalamnya, namun karena masih cukup luas, bisa dit­ambah dengan satu kasur tambahan, jika mengi­nap bersama keluarga. Dapur dan kamar mandi pun ada. Fasilitas hiburan seperti televisi layar lebar juga tersedia di dalam tenda.

Bagi yang tidak menginap atau han­ya sekedar ingin menikmati suasana bukit dan pegunungan di kawasan Lembang, pengelola memperboleh­kan. Misalnya berlama-lama di teras glamping Mullbery untuk mengambil spot foto yang menarik dengan latar Tangkuban parahu.

Outbound dan Selfie

Sebagai lokasi tujuan wisata lokal di Bandung, tentunya jika hanya me­nyediakan penginapan glamping tidak akan menarik minat banyak pengun­jung. Rupanya di kawasan Mulberry terdapat sejumlah spot menarik yang dapat dipilih untuk berlama-lama mengambil sesi foto.

Di sini juga tersedia aneka per­mainan untuk keperluan outbound. Mulai dari Flying Fox, Paintball hingga bermain Archery War Battle games pun bisa. Di Mulberry Hill juga terdapat area Camping Ground. Jika Anda misalnya mau mencoba menginap di alam terbuka dengan cara bercamping, maka di Mulberry Hill ini sudah tersedia area camping yang representatif tidak jauh beda dengan Ranca Upas Ciwidey, Cantigi Camp, Ciwangun Indah Camp dan lainnya.

Yang unik di areal camping ground Mulberry Hill adalah terdapat spot menarik dan unik, yaitu tempat lokasi untuk menyalakan api unggun, areanya sangat unik, sangat bagus sebagai tempat berkumpul di malam hari bersama keluarga atau bersama teman. Di sana terdapat tempat duduk melingkar dari kayu gelondongan seperti spiral dengan titik tungku api unggun berada di tengahnya.

Keindahan alam yang eksotis dan romantis juga sering kali dijadikan sebagai tempat foto prewedding. Pesta resepsi pernikahan pun bisa dilakukan di alam terbuka di kawasan ini.

Kemudian juga ada atraksi lain yang bisa Anda lakukan, yakni berkunjung dan memetik sayur hingga buah di kebun organik. Di sana terdapat green house dan kebun terbuka. Oleh-oleh hasil kebun organik menjadi tawaran menarik dari pengelola yang berkun­jung ke kawasan wisata alam ini.

Para tamu pun diperbolehkan untuk memetik atau sekedar berfoto di sana. Misalnya saja, Anda bisa berfoto sambil memanen atau pun melihat sayuran dan buah yang nampak segar.

Anak-anak juga bisa berinteraksi dengan hewan lucu, kelinci. Tem­pat kelinci dekat dengan area green house,di sini akan menemukan banyak kelinci di dalam kandang. Para tamu bisa memberi kelinci-kelinci pakan dan juga mengeluarkan kelinci dari kandang untuk berfoto bersama. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun diperbolehkan untuk masuk ke area tersebut. tgh/R-1

Menyambangi Taman Begonia

Tidak jauh dari Mulberry, saat hendak pu­lang Anda dapat mampir sejenak ke Jalan Maribaya Nomor 120 A , karena di sana ada Taman Begonia Glory.

Diberi nama Taman Begonia karena di taman ini mayoritas bunga yang ditanam adalah jenis Begonia yakni Balinea. Jenis bunga Begonia yang berasal dari Bali. Bunga Begonia Bali memang terlihat sangat indah dan cantik dari warna dan bentuknya.

Begonia jenis ini dapat tumbuh baik untuk kawasan dataran tinggi maupun rendah, bisa tumbuh lebat di sepanjang musim, sangat tahan cuaca ekstrem baik musim penghujan ataupun panas sehingga sangat mudah dalam pemelihara­annya.

Saat akhir pekan Taman Begonia ini tentunya ramai dikunjungi, terutama warga luar Bandung, seperti Jakarta, Semarang atau bahkan turis asing.

Setelah membayar tiket masuk, pengunjung dapat leluasa untuk menjelajahi taman bunga. Ada beberapa spot menarik yang segaja dise­diakan pengelolanya. Seperti kursi taman serba putih yang romantis. Lalu ada bunga yang diben­tuk hati atau tanda cinta berwarna pink.

Selain untuk berwisata di taman, ternyata ban­yak juga pengunjung yang ingin membuat foto prewedding di Begonia. Memang akan terkesan romantis berfoto dengan latar belakang bunga yang sedang mekar. Tapi pengelola meminta ong­kos tersendiri jika ada yang ingin melakukan foto prewedding di sini.

Oh iya, pengunjung hanya boleh berfoto menggunakan kamera handphone saja. Bukan berarti tidak bisa memotret dengan kamera DSLR, boleh saja, tetapi lagi-lagi harus membayar ongkos lebih.

Selain menikmati keindahan taman bunga, pengunjung juga bisa bertanya kepada pengelola tentang cara menanam bunga dan perawatan­nya. Dan membawa bibit Begonia untuk ditanam di taman rumah. Atau membeli sayuran sebagai oleh-oleh, karena di kawasan ini juga ditanami sa­yuran. Sayuran yang ditanam di areal perkebunan Taman Begonia Lembang ini di antaranya adalah cabe, jagung, terong ungu, tomat ceri, terong pu­tih, kaktus, brokoli, dan tanaman sayuran lainnya khas dataran tinggi pegunungan di Lembang. tgh/R-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment