Polandia Siap Tingkatkan Kerja Sama Maritim dan Pertanian di Indonesia | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 11 2019
No Comments
Hubungan Bilateral

Polandia Siap Tingkatkan Kerja Sama Maritim dan Pertanian di Indonesia

Polandia Siap Tingkatkan Kerja Sama Maritim dan Pertanian di Indonesia

Foto : KORAN JAKARTA/MARIO CAISAR
Beata Stoczynska
A   A   A   Pengaturan Font
Tahun depan akan diperingati hari jadi ke-65 hubungan diplomatik RIRI-Polandia. Bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Polandia ke-101 pada 11 November ini, Dubes Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczynska, membeberkan beberapa fokus pada peningkatan kerja sama dengan Indonesia.

Untuk mengetahui apa sa­ja harapan Polandia terha­dap upaya peningkatan ker­ja sama bilateral dengan Indonesia, wartawan Koran Jakarta telah me­lakukan wawancara khusus dengan Duta Besar Polandia untuk Indone­sia, Beata Stoczynska. Berikut peti­kannya.

Potensi kerja sama antara Po­landia-RI apa saja yang masih bi­sa dieksplorasi?

Sudah sejak lama Polandia dan Indonesia melakukan kerja sama. Kami akan selalu menjadi teman yang sangat baik bagi Indonesia seperti pernah terjadi pada era ’60 - ‘90-an, dimana banyak orang Indonesia belajar di Polandia. Sebagian besar insinyur politeknik, teknik statika atau kedokteran. Kerja sama itu (people-to-people) merupakan contoh kerja sama yang luar biasa.

Bagi kami, Indonesia adalah mitra ekonomi besar yang potensial. Karena Indonesia adalah negara maritim, amat banyak yang saya pikir berpotensi untuk kerja sama sektor ini dan Polandia memiliki galangan kapal. Kami dapat membangun kapal dan kami dapat menyediakan feri atau teknologi baru di sektor perikanan laut. Saya pikir secara umum pasar maritim sangat bagus untuk kita bersama. Selain itu juga sektor energi. Dua tahun lalu perusahaan Polandia hadir untuk membangun blok energi di Pulau Lombok.

Jadi maritim, sektor energi tentu saja juga pertanian dan karena kami membeli banyak produk pertanian dari Indonesia ke Polandia. Jadi saya pikir juga Polandia harus menjual lebih banyak produk pertanian ke Indonesia. Saya dengan menteri pertanian akan berupaya untuk meningkatkan akses yang lebih baik ke pasar Indonesia dari produk Polandia.

Tanggapan Anda terkait dilak­sanakannya forum bisnis Indone­sia-Visegrad?

Saya benar-benar menikmati fo­rum bisnis grup Indonesia-Viseg­rad yang merupakan forum perta­ma. Jadi saya pikir terima kasih ke­pada Kementerian Luar Negeri RI karena telah mengorganisir dengan sempurna. Kami memiliki banyak pebisnis karena Polandia adalah negara terbesar di Eropa Tengah seperti Indonesia adalah negara terbesar di Asia Tenggara.

Polandia sangat mendukung ide agar Indonesia memiliki forum bis­nis setiap tahun dan saya harus mengatakan sangat bangga bahwa banyak perusahaan Polandia da­tang mengunjungi Jakarta tahun ini untuk menjadi bagian dari fo­rum bisnis dan mencoba menjela­jahi pasar di Indonesia. Saya sa­ngat senang Indonesia menjadi tu­an rumah yang mengatur forum bisnis ini.

Apakah ada rencana kunjung­an tingkat tinggi bilateral dalam waktu dekat?

Sebenarnya pada Novem­ber 2018, menteri luar negeri ka­mi telah datang ke Indonesia. Itu= adalah momen yang sangat pen­ting dalam hubungan kita, karena dia mengunjungi Indonesia sete­lah bertahun-tahun lamanya. Pada September tahun ini, Menteri Lu­ar Negeri Indonesia, Retno Marsu­di, mengunjungi Warsawa. Jadi hu­bungan dinamis itu benar-benar sangat baik.

Untuk tahun depan, kunjung­an tingkat tinggi masih akan dirundingkan. Namun saya ingin seka­li Wakil Menteri Pertanian Polandia untuk mengunjungi Indonesia, un­tuk membantu kami dalam meng­akses pasar.

Apa yang Anda sukai dari In­donesia?

Saya selalu mendapat pertanya­an ini hampir setiap hari. Ketika sa­ya datang ke sini pertengahan ta­hun lalu, yang paling saya sukai adalah orang-orangnya. Saya pikir orang-orang disini sangat terbu­ka, sangat tertarik pada orang lain dan mereka memiliki banyak ener­gi dan antusiasme. Disetiap tem­pat yang saya kunjungi, mereka se­lalu memiliki minat besar tentang Polandia dan tentang diri saya. Itu sangat baik. Ini benar-benar mem­beri saya energi positif untuk be­kerja di sini.

Saya juga suka makanan lezat dari negara kalian. Saya sangat su­ka hidangan sederhana seperti mie goreng, nasi goreng, dan saya sa­ngat suka sup soto atau gado-gado. ang/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment