Koran Jakarta | August 18 2019
No Comments
Kasus Makar

Polda Metro Jaya Tahan Eggi Sudjana

Polda Metro Jaya Tahan Eggi Sudjana

Foto : ANTARA/Jaya Kusuma
Eggi Sudjana
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kepolisian telah menahan tersangka dugaan makar Eggi Sudjana selama 20 hari ke depan. Hal ini berdasarkan Surat Perintah Penahan yang merujukNomor: SP.HAN/587/V/2019/Ditreskrimum, tanggal 14 Mei 2019.

“Iya, Pak Eggi saat ini sudah ditahan selama 20 hari ke depan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, saat dikonfirmasi, Rabu (15/5). Argo menjelaskan, Eggi menolak menandatangani surat penahanan dan dan berita acara penahanan tersebut. Eggi pun menandatangani berita acara penolakan tanda tangan surat perintah penahanan serta berita acara penahanan.

“Tersangka menandatangani Berita Acara Penolakan Tanda Tangan Surat Perintah Penahanan dan Berita Acara Penahanan,” jelasnya. Diakui Argo, Eggi sudah masuk ke rumah tahanan (rutan) Polda Metro Jaya sejak Selasa, pukul 23.00 WIB. “Saat ini yang bersangkutan sudah ada di dalam rutan Polda Metro Jaya sejak tadi malam,” ujarnya.

Menurut Argo, ada beberapa alasan tersangka tidak mau tanda tangan surat penahanan. Pertama, yang bersangkutan sedang mengajukan praperadilan. “Kemudian, Eggi juga menyampaikan ke penyidik bahwa saksi yang diberikan kepada penyidik pada saat pemeriksaan itu belum diperiksa oleh penyidik, ada beberapa nama yang disampaikan,” jelasnya.

Selain itu, Eggi keberatan dijadikan tersangka dan ditahan karena dia juga berprofesi sebagai advokat. Menurut Eggi, seharusnya sebelum diperiksa polisi dilakukan terlebih dahulu pemeriksaan kode etik di lembaga advokat. Karena itu yang bersangkutan tidak mau tanda tangan.

Seperti diketahui, Eggi Sudjana dilaporkan seorang relawan dari Jokowi-Mar’uf Center (Pro Jomac), Supriyanto, ke Bareskrim Polri dengan nomor laporan nomor: LP/B/0391/IV/2019/BARESKRIM tertanggal 19 April 2019 dengan tuduhan penghasutan. 

 

jon/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment