Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | December 4 2020
iklan koran jakarta

RI Akan Hadapi Lonjakan Angka Pengangguran

Jumat 4/12/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Jumlah Pengangguran akibat Covid-19 mencapai 2,67 juta orang per Agustus 2020. » Survei GCB 2020, Indonesia berada di posisi ketiga dari 17 negara di Asia...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

RI Akan Hadapi Lonjakan Angka Pengangguran

Jumat 4/12/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font

» Jumlah Pengangguran akibat Covid-19 mencapai 2,67 juta orang per Agustus 2020.

» Survei GCB 2020, Indonesia berada di posisi ketiga dari 17 negara di Asia terkait suap layanan publik.

 

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia ke depan akan menghadapi tantangan lonjakan angka pengangguran akibat banyaknya rasionalisasi karyawan seiring dengan terpukulnya dunia usaha oleh pandemi Covid-19. Lonjakan pengangguran itu se­makin meningkat karena jumlah angkat­an kerja baru terus meningkat tiap tahun.

Berdasarkan data Badan Pusat Statis­tik (BPS) jumlah pengangguran akibat Covid-19 hingga Agustus 2020 meningkat 2,67 juta orang, sehingga total angkatan kerja yang menganggur menjadi 9,77 juta orang atau 7,07 persen dari total angkat­an kerja sebanyak 138,22 juta orang.

Dalam sambutan Presiden yang di­sampaikan secara daring pada Pertemu­an Tahunan Bank Indonesia di Jakar­ta, Kamis (3/12), mengatakan sebelum pandemi, kebutuhan akan lapangan kerja sudah tinggi. Data yang disampai­kan Menteri Keuangan sebelumnya me­nyebutkan jumlah angkatan kerja baru setiap tahun terus meningkat.

Selama periode Agustus 2019 hingga Agustus 2020, terdapat tambahan ang­katan kerja baru 2,36 juta orang. Di sisi lain, akibat Covid-19 terjadi penurunan lapangan kerja sebanyak 0,31 juta.

“Kita harus bergerak cepat karena masih banyak pekerjaan rumah yang belum kita selesaikan,” kata Jokowi.

Untuk memperbaiki kondisi tersebut, Presiden kembali mengingatkan pen­tingnya melakukan reformasi struktural dan birokrasi. Reformasi tersebut dimak­sudkan agar iklim investasi semakin kon­dusif dan daya saing Indonesia membaik. Hal itu diharapkan menarik investasi ma­suk dan lapangan kerja terbuka luas.

Lebih lanjut, Presiden menegaskan bahwa rantai birokrasi yang berbelit-be­lit, terbukti menyebabkan investor eng­gan menanamkan modal di Indonesia. Padahal iklim investasi yang baik sangat mendukung penciptaan lapangan kerja yang memadai.

Menurut Kepala Negara, Indonesia saat ini berada di posisi pertama sebagai negara yang memiliki birokrasi rumit.

“Karena itu, pemerintah berketeta­pan hati melakukan reformasi struktural, membenahi regulasi yang kompleks dan birokrasi yang rumit. Kita semuanya tahu posisi nomor 1 di global complexity index yang paling rumit di dunia dan itu harus kita akhiri,” tegas Jokowi.

Suap Layanan Publik

Makin kompleksnya dan rumitnya birokrasi itu ditengarai karena perilaku birokrat yang korup. Hasil survei Global Corruption Barometer (GCB) 2020 oleh Transparency International Indonesia (TII) menunjukkan Indonesia berada pada posisi ketiga dari 17 negara Asia terkait tingkat suap layanan publik.

Indonesia dengan persentase 35 ber­ada di bawah India 39 persen dan Kam­boja 37 persen terkait suap di pelayanan publik.

“Tingkat suap di Indonesia tertinggi ke-3 di antara 17 negara Asia yang disur­vei; tidak turun signifikan dari hasil GCB 2017,” sebut TII dalam keterangan tertu­lisnya yang dipublikasikan Kamis (3/12).

Berdasarkan survei yang dilakukan, sebanyak tiga dari 10 responden me­ngaku pernah membayar suap ketika mengakses layanan publik. Alasan res­ponden melakukan suap, antara lain sebagai tanda terima kasih, memang diminta untuk membayar biaya yang ti­dak resmi dan, ditawari agar membayar suap, supaya proses lebih cepat.

“Lebih dari 90 persen mengakui tidak pernah melaporkan praktik suap yang dialaminya,” sebut TII.

Lembaga pegiat antikorupsi itu juga mengungkapkan mayoritas warga ber­usia muda dan mengaku pernah me­lakukan suap dalam satu tahun terakhir.

Pengalaman suap masyarakat paling tinggi terjadi di layanan Kepolisian yakni 41 persen, jauh di atas rata-rata negara di Asia 23 persen. Suap di layanan kepo­lisian tahun ini meningkat dibanding­kan data GCB 2017 dengan persentase 25 persen. Selain di kepolisian, peng­alaman suap untuk layanan di Sekolah dan Dinas Pendudukan dan Catatan Si­pil (Dukcapil) juga naik dibandingkan GCB 2017.

Untuk Dukcapil, GCB 2020 mencatat angka 31 persen atau lebih tinggi diban­ding GCB 2017 yakni 23 persen. Adapun GCB 2020 untuk Sekolah sebesar 22 per­sen dan GCB 2017 sebesar 15 persen.

Data survei TII juga menyebutkan lebih dari 80 persen responden meng­anggap koneksi pribadi penting jika ingin mendapatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik.

“Penggunaan koneksi pribadi untuk mengakses layanan publik di Indonesia merupakan proporsi tertinggi kedua se­telah India,” tulis TII. n ers/SB/E-9

Tampilkan Semua

Jaga Momentum Pertumbuhan yang Positif

Jumat 4/12/2020 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) sepakat memperkuat sinergi kebijakan fiskal dan moneter untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi yang sudah mengarah positif. Gubernur BI, Perry Warjiyo, dalam sambutannya pada...
Selengkapnya

KPK Tangkap Bupati Banggai Laut

Jumat 4/12/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Dalam penangkapan itu, KPK menyita dua kardus. Masing-masing kardus berisi satu miliar rupiah dan 650 juta rupiah.   JAKARTA – Komisi Pembe­rantasan Korupsi (KPK) kem­bali menangkap pejabat nega­ra. Kali ini yang...
Selengkapnya

WARGA MENGUNGSI

Jumat 4/12/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
WARGA MENGUNGSI I Sejumlah warga tiba di pengungsian di SDN Supiturang 04 Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (3/12). Warga mengungsi setelah terjadi banjir lahar Gunung Semeru akibat hujan turun deras di kawasan tersebut.
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

AS Terima Pengiriman Vaksin Pfizer Pertengahan Desember

Jumat 4/12/2020 | 00:02
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON – Amerika Seri­kat (AS) akan menerima pengiriman pertama vaksin Covid-19 produksi Pfizer/BioNTech pada 15 Desember.

Informasi itu tertuang dalam do­kumen Operasi Warp Speed, operasi pengendalian virus korona peme­rintah AS. Dalam dokumen Operasi Warp Speed juga dijelaskan pengi­riman pertama vaksin Moderna yang akan dikirimkan pada 22 Desember.

Tanggal distribusi tersebut ber­gantung pada keputusan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS un­tuk mengesahkan setiap vaksin untuk penggunaan darurat.

Pfizer mengajukan aplikasi izin penggunaan vaksin ke The United States Food and Drug Administration atau FDA (BPOM AS) pada 20 No­vember, dan Moderna mengajukan aplikasi pada 30 November.

Panel Ahli Independen Komite Penasihat Vaksin dan Produk Bio­logi akan bertemu pada 10 Desem­ber untuk meninjau data Pfizer dan membuat rekomendasi kepada FDA tentang apakah akan mengizinkan penggunaan vaksina atau tidak.

Dokumen tersebut menguraikan sela waktu empat hari antara 11 De­sember dan 14 Desember untuk di­tinjau oleh FDA dan Komite Penasihat Praktik Imunisasi CDC, yang membuat rekomendasi tentang siapa yang harus menerima vaksin terlebih dahulu.

Pada 15 Desember, dosis pertama vaksin virus korona Pfizer akan diberi­kan, menurut garis besar prakiraan waktu yang disebut dalam dokumen.

Dokumen itu juga menyebut per­kiraan pembuatan vaksin, sebanyak 22,5 juta dosis vaksin Pfizer dan 18 juta dosis vaksin Moderna akan di­produksi pada bulan Desember.

Sementara pada Selasa, penasihat vaksin untuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS memberi­kan voting 13-1 untuk merekomen­dasikan bahwa pekerja perawatan kesehatan dan penghuni fasilitas perawatan jangka panjang, menjadi yang pertama untuk menerima vaksin Covid-19 apa pun yang mendapatkan otorisasi darurat dari BPOM AS.

Komite Penasihat untuk Praktik Imunisasi (ACIP) memilih untuk me­masukkan kedua kelompok dalam apa yang mereka sebut fase 1a dari rencana distribusi vaksin virus ko­rona CDC. “Mereka berada pada ri­siko yang sangat tinggi,” kata Dr. Jose Romero, Ketua ACIP.

Tiga Mantan Presiden

Sementara itu, tiga mantan Pre­siden AS yakni George W Bush, Bill Clinton, dan Barack Obama, men­jadi sukarelawan percobaan vaksin Covid-19. Langkah tersebut dilaku­kan ketiga mantan presiden itu demi meningkatkan kepercayaan publik terhadap keamanan dan efektivitas vaksin, terutama setelah Badan Peng­awas Obat dan Makanan AS menye­tujui anti-virus tersebut.

Di tempat terpisah, Perdana Men­teri Boris Johnson memuji persetuju­an dari otoritas kedokteran Inggris dan menjadikanya sebagai keme­nangan global serta secercah harap­an di tengah kesuraman akibat virus korona yang telah menewaskan ham­pir 1,5 juta orang di seluruh dunia.

n SB/AFP/P-4

Tampilkan Semua

Biomarker Sinyal Peringatan Gejala Sakit Berat Covid-19 Ditemukan

Kamis 3/12/2020 | 19:35
A   A   A   Pengaturan Font
BERLIN - Para peneliti di berbagai Universitas Jerman mengidentifikasi dua tipe sel dalam darah, yang menjelaskan masalah penggumpalan darah pada Covid-19. Dengan itu kemungkinan gejala parah penyakit bisa dikenali lebih dini. Hingga...
Selengkapnya

Sekjen PBB Antonio Guterres: Tak Ada “Vaksin” untuk Planet Ini

Kamis 3/12/2020 | 19:18
A   A   A   Pengaturan Font
Rekor kenaikan suhu, kekeringan parah, dan pemanasan suhu laut yang cepat memastikan bahwa emisi masih terus meningkat. Oleh karena itu Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengajak dunia berkoalisi untuk capai netralitas karbon. ...
Selengkapnya

Pemimpin Dunia Sebut Laut jadi Kunci untuk Atasi Krisis Iklim

Kamis 3/12/2020 | 19:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di bawah julukan “ekonomi biru”, 14 negara yang tergabung dalam Ocean Panel telah menyatakan komitmennya untuk 100 persen mengelola laut secara berkelanjutan pada 2025. Indonesia salah satunya. WASHINGTON DC - Mencakup lebih dari...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

. Polisi Ungkap Avsec Bandara Soetta Terkait Kerumunan Massa

Kamis 19/11/2020 | 23:46
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Polda Metro Jaya mengungkapkan Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta diklarifikasi terkait protokol kesehatan saat kedatangan kembali Rizieq Shihab di Indonesia.

"Kalau yang dari bandara itu kita harus mengetahui apakah pada saat RS datang ke sini sudah melalui protokol kesehatan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kamis.

Beberapa keterangan yang akan diklarifikasi dari pihak Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta antara lain dokumen protokol kesehatan Rizieq saat memasuki Indonesia.

"Misalnya apakah sudah ada pengecekan swab test atau rapid test atau sudah memiliki surat bahwa memang bebas atau sudah dilakukan pengecekan protokol kesehatan sehingga perlu pendalaman terhadap beliau," katanya.


Pemprov DKI Jakarta melalui surat resmi Satpol PP bernomor 2250/-1.75 yang ditujukan kepada Rizieq Shihab selaku penyelenggara pernikahan dan FPI sebagai panitia penyelenggara acara Maulid Nabi Muhammad SAW mendenda Rp50 juta.

Polda Metro Jaya kini menyelidiki dugaan pelanggaran protokol kesehatan dengan melakukan klarifikasi terhadap Pemda DKI Jakarta, panitia acara dan tamu acara tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah salah satu pihak yang dipanggil oleh Polda Metro Jaya terkait kegiatan tersebut.

Selain itu, penyidik juga memanggil Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW), satpam atau linmas, lurah dan camat setempat serta Wali Kota ant/P-5

 

Tampilkan Semua

Panglima TNI Beri Ucapan Selamat Atas Pengabdian Korps Marinir

Senin 16/11/2020 | 05:35
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa perjuangan dan pengabdian Korps Marinir telah mewarnai sejarah perjalanan bangsa Indonesia."Saya mengucapkan selamat hari ulang tahun...
Selengkapnya

Tangkap Ikan Secara Ilegal di Pulau Berhala, Kapal Ikan Malaysia Ditangkap Satgas 115

Minggu 15/11/2020 | 17:57
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Tim Satgas 115 berhasil meringkus kapal ikan asing berbendera Malaysia dan dinakhodai oleh warga negara Myanmar, yang tengah menangkap ikan secara ilegal di dekat perairan Pulau Berhala, Sumatera Utara."Waktu kita tangkap, kapal...
Selengkapnya

Trump Klaim Menang Pilpres,Usai Biden Suarakan Keyakinan Akan Menang

Rabu 4/11/2020 | 18:00
A   A   A   Pengaturan Font
Wilmington - Presiden Donald Trump pada Rabu dengan salah mengklaim dirinya telah memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat dengan jutaan suara yang masih belum dihitung, setelah lawannya dari Partai Demokrat Joe Biden menyampaikan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
beriklan di koran jakarta
Ekonomi

BNI Sabet Dua Penghargaan pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia

Kamis 3/12/2020 | 22:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2020  yang berlangsung secara daring di Jakarta, Kamis (3/12) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mendapatkan dua award sekaligus yaitu penghargaan bank konvensional pendukung pengendalian moneter rupiah dan valas terbaik serta penerima penghargaan bank peserta Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan Kantor Pengelolaan Daftar Hitam Nasional (KPDHN) terbaik bank BUKU 3 dan BUKU 4.

Penganugerahan kedua penghargaan tersebut disaksikan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo yang juga dihadiri secara daring oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beserta seluruh jajaran kabinet. Kedua penghargaan tersebut diterima oleh Komisaris Utama BNI, Agus DW Martowardojo dan Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar.

Penghargaan itu diberikan secara tahunan sebagai bentuk apresiasi dan sekaligus pengakuan BI kepada para mitra strategisnya yang telah mendukung pelaksanaan tugas-tugas bank sentral. Penghargaan juga merefleksikan jalinan sinergi antara BI dengan para pelaku ekonomi, Pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebagai upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional, dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar mengatakan perseroan menjadi salah satu bank nasional yang dinilai Bank Indonesia (BI) mampu terus menjaga komitmen dalam memberikan layanan yang prima dan solusi yang bernilai tambah bagi seluruh nasabah dan mitra pilihan utama.

Dalam rangka menjaga komitmen tersebut, BNI secara konsisten terus melakukan perbaikan tiada henti baik dari aspek kinerja, compliance, maupun tata kelola perusahaan. Komitmen itu berbuah hasil salah satunya ditandai dengan penghargaan BI tersebut.

“Layanan transfer dana melalui SKNBI merupakan sistem kliring BI yang meliputi layanan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal yang penyelesaian akhirnya dilakukan secara nasional,” kata Royke.

Layanan transfer dana melalui SKNBI BNI dapat dinikmati oleh nasabah di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan dukungan lebih dari 1.880 outlet BNI.bud/E-9

Tampilkan Semua

PT PPI Kembangkan Ekosistem Perdagangan “Online” Ayam Potong

Kamis 3/12/2020 | 17:47
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta – PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI sebagai BUMN perdagangan sedang mengembangkan ekosistem perdagangan daring atau online guna mengoptimalkan serapan ayam potong (livebird). “Salah satu upaya...
Selengkapnya

10 Bank Syariah Berikut Jadi Penyalur Dana FLPP Tertinggi

Kamis 3/12/2020 | 17:46
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) mengungkapkan 10 bank syariah dengan penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP)...
Selengkapnya

BI: 14 Sektor Usaha Butuh Stimulus pada 2021

Kamis 3/12/2020 | 17:45
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta – Bank Indonesia (BI) memaparkan ada 14 sektor usaha yang masih membutuhkan stimulus berupa insentif usaha, penjaminan kredit, dan subsidi bunga untuk menumbuhkan penyaluran kredit dan mendorong pemulihan ekonomi pada...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
beriklan di koran jakarta
Daerah

Kemenparekraf Merevitalisasi Gerai Kuliner di Labuan Bajo

Kamis 3/12/2020 | 05:35
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) merevitalisasi gerai kuliner di destinasi wisata super prioritas Labuan Bajo, NTT, melalui program Bedah Gerai Kuliner (BEGERAK).

Direktur Industri Kreatif Fesyen, Desain, Kuliner Kemenparekraf/Baparekraf, Erwita Dianti, Rabu (2/12), mengatakan pihaknya menggagas program BEGERAK yang akan diluncurkan di Labuan Square, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis (3/12).

“Program ini digagas setelah mengejawantahkan visi dan arahan Presiden Joko Widodo agar kebijakan dan program pemerintah langsung menyentuh dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dengan kata lain, tugas pemerintah kini memastikan ‘delivered’ bukan hanya sekadar ‘sent’ saja,” katanya seperti dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan, BEGERAK merupakan program revitalisasi dan re-branding beberapa tempat usaha dan gerai kuliner sebagai bentuk edukasi praktik branding atau desain grafis gerai, desain interior, serta arsitektur kepada para pelaku usaha kuliner di suatu tempat yang menunjang pariwisata.

Hasil re-branding dan revitalisasi tempat usaha dan gerai kuliner di suatu tempat merupakan bantuan pemerintah kepada pemilik gerai kuliner yang dapat dijadikan contoh edukasi bagi pelaku usaha kuliner lainnya dan masyarakat di daerah tersebut.

Untuk tahun anggaran 2020, BEGERAK diselenggarakan di dua destinasi pariwisata, yaitu Bali sebagai destinasi pariwisata utama Tanah Air dan Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super prioritas. Jika di Bali program ini diwujudkan dalam bentuk gerobak, maka di Labuan Bajo dalam bentuk warung atau kedai.

"Melalui BEGERAK, sebuah gerai dire-branding dan direvitalisasi untuk meningkatkan fungsi estetikanya termasuk desain eksterior, desain tata ruang, dan desain interior, fungsi etalase, fungsi kesehatan termasuk sanitasi, tata pencahayaan, serta fungsi produksi peralatan masak dan alat makan," terang Erwita Dianti.

Ia melanjutkan, BEGERAK dilaksanakan dengan visi agar dapat membantu pelaku usaha kuliner memiliki gerai kuliner dengan tampilan tata ruang atau desain yang lebih menarik, berkarakter dan profesional, sehingga semakin menarik perhatian konsumen.

"Selain itu, BEGERAK diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri pelaku kreatif kuliner dalam persaingan serta membantu pelaku kuliner untuk meningkatkan nilai tambah produk mereka dan mengedukasi para pelaku kuliner dalam branding dan desain gerainya dengan memanfaatkan jasa para desainer komunikasi visual, interior dan arsitek," ujarnya.

Dalam BEGERAK, Erwita Dianti melanjutkan, tim pakar dan ahli kuliner, desainer interior, desainer grafis dan arsitek melakukan mekanisme audit teknis dan penilaian kebutuhan di lapangan terlebih dahulu terhadap gerai kuliner yang dimiliki pelaku usaha.

Hasil analisis tim ahli selanjutnya digunakan sebagai bahan penyusunan daftar kebutuhan dan desain sebuah gerai.

“Desain final berupa gambar teknis dan daftar kebutuhan sebuah gerai akan digunakan oleh penyedia atau kontraktor konstruksi sebagai dasar sekaligus acuan dalam merevitalisasi atau membangun gerai seutuhnya dengan memperhatikan bentuk dan fungsional tata ruang gerai yang akan dipakai," ujarnya.

Dipaparkannya, rangkaian kegiatan BEGERAK telah diselenggarakan sejak Agustus 2020 diawali dengan pendaftaran peserta yang merupakan pemilik gerai kuliner di Bali dan Labuan Bajo.

Hal itu dilanjutkan dengan tahap verifikasi, termasuk audit teknis dan survei lapangan pada September-Oktober 2020 serta tahap desain ulang pada bulan yang sama, sampai akhirnya pembuatan prototipe gerobak dan proses revitalisasi-konstruksi gerai pada akhir Oktober-awal Desember 2020.

Pada BEGERAK Bali, terdapat 15 pelaku usaha kuliner yang dibuatkan gerobaknya dan telah dieksibisikan prototipe gerobak tersebut dalam gelaran sosialisasi CHSE di Inna Bali Beach Garden 5-6 November 2020.

"Pada BEGERAK Labuan Bajo kali ini, terdapat 16 jenama kreatif kuliner yang gerainya direbranding dan direvitalisasi. Gerai-gerai ini tersebar di berbagai lokasi di Labuan Bajo dan terdiri diri berbagai jenis makanan dan minuman yang dijajakan," ujarnya.

Melalui BEGERAK juga diharapkan dapat tercipta ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif melalui keterlibatan komunitas lokal dalam pendataan dan penyeleksian penerima manfaat, tiga asosiasi profesi desain interior, arsitek dan desainer grafis (HDII, IAI, ADGI) dalam hal peran sebagai tim ahli desainer yang bekerja sama dengan desainer lokal dalam rancang bangun revitalisasi gerai untuk pemberdayaan desainer setempat.bud/E-9








Tampilkan Semua

RSI Tebar Benih Ikan Nila di Danau Toba

Kamis 3/12/2020 | 05:30
A   A   A   Pengaturan Font
MEDAN- Regal Springs Indonesia (RSI) kembali melakukan restocking atau tebar benih ikan nila/tilapia sebanyak 100.000 ekor di perairan Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Rabu."Tabur benih ikan itu merupakan program...
Selengkapnya

Trigana Tambah Frekwensi Penerbangan ke Wamena

Kamis 3/12/2020 | 05:05
A   A   A   Pengaturan Font
WAMENA-  Maskapai Trigana Air yang melayani penerbangan penumpang di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua menambah jam operasional menjadi empat kali dalam seminggu selama Desember 2020.Manajer Trigana Air Wamena, Michael Biduri di...
Selengkapnya

Tim SAR Mencari Operator Alat Berat yang Hilang Saat Erupsi Gunung Semeru

Rabu 2/12/2020 | 18:45
A   A   A   Pengaturan Font
LUMAJANG-Tim SAR gabungan melakukan penyisiran untuk mencari operator atau sopir alat berat yang dikabarkan hilang saat erupsi Gunung Semeru di sekitar areal pertambangan pasir di kawasan Besuk Kobokan."Hari ini Basarnas, TRC dan relawan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
beriklan di koran jakarta
Otomotif

Hyundai Gunakan Teknologi Baru Pada Mobil Listriknya

Rabu 2/12/2020 | 16:55
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Bagi Anda yang ingin membeli mobil listrik Hyundai dan Kia sebaiknya ditunda dulu karena mulai 2021 grup pabrikan Korea ini akan menggunakan teknologi baru pada seluruh kendaraan ramah lingkungannya, termasuk IONIC 5.

Grup Hyundai telah meluncurkan Electric-Global Modular Platform (E-GMP) baru, platform kendaraan listrik baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) khusus. Diungkap secara online Rabu dalam acara 'Penemuan Digital E-GMP', platform ini akan berfungsi sebagai teknologi inti untuk jajaran BEV generasi berikutnya dari Hyundai Motor Group.

Mulai 2021, E-GMP akan mendukung serangkaian BEV baru khusus, termasuk IONIQ 5 dari Hyundai Motor Company, BEV khusus pertama Kia Motors Corporation yang akan diungkap pada tahun 2021, dan serangkaian model lainnya.

Didesain secara eksklusif untuk BEV, E-GMP memberikan berbagai keunggulan dibandingkan dengan platform grup Hyundai yang ada, yang masing-masing telah direkayasa terutama untuk mengakomodasi mesin pembakaran internal.

Manfaatnya meliputi peningkatan fleksibilitas pengembangan, performa berkendara yang bertenaga, jarak berkendara yang ditingkatkan, fitur keselamatan yang diperkuat, dan lebih banyak ruang interior untuk penumpang dan bagasi.

"Dengan E-GMP berbasis roda belakang, kami memperluas kepemimpinan teknologi kami ke dalam segmen di mana pelanggan menuntut dinamika berkendara yang sangat baik dan efisiensi yang luar biasa," kata Albert Biermann, Presiden dan Kepala Divisi Litbang Hyundai Motor Group, dalam acara yang disiarkan langsung di akun YouTube Hyundai.

"E-GMP adalah puncak dari penelitian dan pengembangan selama bertahun-tahun dan menyatukan teknologi kami yang paling mutakhir. Jajaran BEV kami akan berkembang dan diperkuat oleh platform baru yang inovatif ini," kata Fayez Abdul Rahman, Wakil Presiden Senior Pusat Pengembangan Arsitektur Kendaraan untuk Hyundai Motor Group.

E-GMP mengurangi kompleksitas melalui modularisasi dan standarisasi, memungkinkan pengembangan produk yang cepat dan fleksibel yang dapat digunakan di sebagian besar segmen kendaraan, seperti sedan, SUV, dan CUV.Ant/E-9

Tampilkan Semua

BMW Indonesia Luncurkan Kendaraan Listriknya Pada 2021

Rabu 2/12/2020 | 16:45
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- BMW Indonesia memastikan peluncuran kendaraan listrik mereka pada tahun 2021, setelah tahun ini dibatalkan karena pandemi Covid-19."Kami sudah rencanakan berapa kali ya, kemarin pada saat rem darurat sudah nyaris jadi. Sudah...
Selengkapnya

Hyundai dan Kia Bakal Ekspor 100 Ribu Lebih Kendaraan Listrik

Sabtu 28/11/2020 | 08:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Hyundai Motor Co bersama dengan afiliasinya Kia Motors Corp mengatakan bahwa mereka akan mengekspor lebih dari 100.000 kendaraan listrik tahun ini karena meningkatnya permintaan untuk mobil ramah lingkungan.Hyundai dan Kia...
Selengkapnya

Porsche Taycan Masuk Guinness Records Kendaraan Listrik

Sabtu 28/11/2020 | 08:47
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Porsche Taycan telah memasuki Guinness World Records untuk drift terpanjang dengan kendaraan listrik, yang dilakukan di Porsche Experience Center (PEC) Hockenheimring.Instruktur Porsche Dennis Retera melakukan 210 putaran pada...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Oppo Siap Luncurkan Reno5

Rabu 2/12/2020 | 16:56
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Setelah menghadirkan Reno4 pada 6 Agustus 2020, Oppo tengah mempersiapkan penerus perangkat tersebut, Oppo Reno5.

"Kami memang sedang mempersiapkan suksesor dari perangkat Reno4 di Indonesia. Mudah - mudahan jika tidak ada halangan dapat segera diperkenalkan dalam waktu dekat, kemungkinan pada awal tahun mendatang," kata PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A, dalam keterangan tertulis, Rabu (2/12).

Sementara itu, kepastian kehadiran Oppo Reno5 dapat dilihat melalui dua dokumen berupa sertifikasi postel dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan sertifikasi TKDN dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Pada situs sertifikasi postel terdapat sertifikat perangkat dengan kode CPH 2159 yang sudah terdaftar dengan nomor sertifikat 71283/SDPPI/2020. Sedangkan kode perangkat yang sama tercatat pula pada situs TKDN kemenperin dengan mendapatkan nilai TKDN sebesar 31,85 persen.

Meski begitu, Aryo belum mengungkap spesifikasi dari perangkat tersebut.

"Memang belum banyak yang dapat kami informasikan mengenai perangkat ini, pastinya perangkat ini akan membawa fitur baru yang akan direspon baik konsumen seperti halnya AI Color Portrait pada Reno4," ujar Aryo seperti dikutip dari Antara

Belakangan banyak beredar kabar mengenai spesifikasi Reno5, mulai dari prosesor, kapasitas RAM atau internal dan konfigurasi kamera.

Hal tersebut belum dapat dikonfirmasi, namun satu yang pasti, perangkat Reno5 nantinya dilengkapi dengan sistem operasi terbaru ColorOS 11 yang berbasis Android 11.

Menariknya, pada sistem operasi ini, Oppo menjanjikan akan membawa berbagai fitur baru dan kustomisasi baru pada perangkat Reno5.

Jika dilihat dari pola kehadiran perangkat Reno sebelumnya, diperkirakan setelah memperkenalkan fitur kamera AI pada Reno4, nantinya perangkat Reno5 akan berfokus pada fitur perekaman video berbasis kecerdasan buatan.bud/E-9

Tampilkan Semua

itel Resmi Vision1 Series di Indonesia

Rabu 25/11/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Sebagai sebagai salah satu merek ponsel di bawah TRANSSION Holdings yang bergabung dengan Infinix dan TECNO, kini itel juga resmi meluncurkan produk ponsel terbesar mereka di pasar Indonesia.    Hal ini menjadi...
Selengkapnya

Infinix Jadi Smartphone Terlaris di Lazada

Jumat 13/11/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Merek smartphone premium berbasis online Infinix Mobility Indonesia, berhasil menjadi brand smartphone terlaris di penjualan online 11.11 baru‐baru ini di Lazada di Indonesia. Tonggak ini menambah rekor kemenangan Infinix di...
Selengkapnya

Infinix Note 8 Gandeng Mobile Legends

Senin 9/11/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Infinix Mobility Indonesia resmi meluncurkan produk terbaru INFINIX NOTE 8 yang dibekali dengan chipset Helio G80 Hyper Engine Game Technology khusus bagi para pecinta mobile game di Indonesia dengan menggandeng Mobile Legends...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Topping Off Hotel Episode Serpong

Jumat 28/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Hotel Episode merupakan hotel berbintang empat yang terletak di Gading Serpong yang dikenal sebagai kota satelit yang ramai, terletak di lokasi yang strategis karena dekat dengan pusat pameran terbesar di Indonesia yakni ICE BSD dan berjarak 40 menit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 
 
Hotel ini mulai dibangun dari 9 Desember 2017 dan akan beroperasi pada semester pertama di tahun 2021. Nantinya, Hotel Episode Gading Serpong akan dikelola oleh hospitality management yaitu JHL Collections yang merupakan salah satu unit bisnis dari JHLGroup.
 
Hotel dengan interior yang unik ini menghadirkan konsep kebudayaan Banten ditengah bangunan seluas 55.000 m2. Provinsi Banten yang kental dengan kebudayaan lokalnya yakni Baduy dan Peranakan serta topologi yang bervariasi menjadi inspirasi utama yang dituangkan dalam konsep perhotelan dan desain Hotel Episode Gading Serpong.
 
Dengan hal itu maka para tamu akan disuguhkan pengalaman yang unik. Episode akan membawa para wisatawan mengenal lebih jauh tentang Banten dengan beragam aktivitas terkait kebudayaan Banten di dalam area hotel hingga paket wisata kebudayaan di daerah Banten. 
 
Terdapat 320 kamar yang memiliki 2 konsep utama yakni Baduy dan Peranakan dengan beberapa tipe, diantaranya adalah Deluxe Room, Family Room,dan Junior Suite untuk masing-masingkonsep.
 
Bangunan 28 lantai ini memiliki fasilitas yang lengkap, terdapat Ballroom dan Exhibition Hall dengan kapasitas 1000 pax yang dapat digunakan untuk acara pernikahan, ulang tahun, gathering, dan pameran. Selain itu, terdapat Mini Ballroom, 8 meeting rooms, swimming pool, gym, spa, gift shop, dan organic shop.
 
Episode juga mempunyai restoran dengan pengalaman bersanta pall day dining dan hotel ini akan mengenalkan makanan khas lokal banten di menu breakfast maupun a la carte.
 
Sesuai dengan makna kata Episode yaitu sepenggal peristiwa dalam kehidupan manusia yang berarti, managemen berharap pengalaman tamu saat menginap, menikmati layanan dan sajian di Hotel Episode Gading Serpong ini menjadi pengalaman yang berarti dalam hidup mereka. mza
 
” Unfolding history and retelling the story” – Hotel Episode Gading Serpong
Tampilkan Semua

Di Tengah Pandemi, Struktur Pencakar Langit St Regis Selesai Dibangun

Senin 17/8/2020 | 18:58
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Meski sempat terhambat oleh kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19, PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN) anak usaha Rajawali Property Group (RPG) akhirnya berhasil menyelesaikan...
Selengkapnya

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut...
Selengkapnya

Pandemi Covid-19 Bakal Pengaruhi Desain Interior

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 dinilai bakal mampu menelurkan ide baru dan memengaruhi adanya perubahan dalam desain interior, baik untuk hunian maupun perkantoran. Selain itu, adanya pola hidup untuk selalu menjaga kebersihan juga akan menjadi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Queiroz Putuskan Mundur dari Pelatih Kolombia

Kamis 3/12/2020 | 15:38
A   A   A   Pengaturan Font

BOGOTA - Carlos Queiroz resmi meninggalkan posisinya sebagai pelatih tim nasional (timnas) Kolombia setelah hampir dua tahun memimpin La Tricolor.

Kepergian Queiroz diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Kolombia (FCF) pada Rabu (2/11) setelah timnya menjalani awal yang lambat di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kolombia hanya memenangkan satu dari empat kualifikasi pembukaan mereka dan hanya mengumpulkan empat poin untuk duduk di urutan ketujuh dalam kualifikasi zona Amerika Selatan. Kolombia telah dua kali ikut serta dalam ajang Piala Dunia terakhir yaitu pada 2010 dan 2018.

"Federasi Sepak Bola Kolombia dan direktur teknik Carlos Queiroz setuju bahwa pelatih tidak akan melanjutkan posisinya sebagai kepala Tim Nasional Pria Kolombia," kata FCF dalam sebuah pernyataan yang dikutip Goal.

"Bagi FCF, merupakan kebanggaan memiliki (Quieroz) selama hampir dua tahun, di mana dia memberi kami kapasitas, pengetahuan, dan pengalaman penuh.

"Kontribusi yang Anda tinggalkan kepada kami akan terus berlanjut untuk pengembangan proyek-proyek yang sedang dilakukan dengan semua tim nasional negara kami."

"Kami mendoakan yang terbaik bagi Profesor Carlos Queiroz dan timnya dalam rencana karier masa depan mereka."

"Mulai tanggal ini, Komite Eksekutif Federasi Sepak Bola Kolombia akan memulai proses untuk mencari pelatih yang akan menduduki, dalam waktu dekat, posisi direktur teknis Tim Nasional Pria Senior Kolombia."

Meskipun memulai kualifikasi Piala Dunia dengan hasil yang solid melawan Venezuela dan Chile, Kolombia mengalami kekalahan 0-3 di kandang melawan Uruguay sebelum dihajar 1-6 saat bertandang ke Ekuador.

Queiroz mendapatkan tekanan menyusul dua kekalahan tersebut dan memutuskan mundur sebagai pelatih timnas Kolombia pada Rabu. Kolombia perlu menunjuk pelatih baru sebelum Maret tahun depan, saat menghadapi Brasil dan Paraguay. ion/AFP/S-2

Tampilkan Semua

Alvaro Morata Diskorsing Dua Pertandingan di Serie A

Kamis 3/12/2020 | 15:33
A   A   A   Pengaturan Font
TURIN - Alvaro Morata dilarang tampil di dua pertandingan Serie A setelah mendapat kartu merah pada laga imbang Juventus 1-1 melawan Benevento pada akhir pekan lalu. Saat itu, Morata mencetak gol pertama pada menit ke-21. Namun pada...
Selengkapnya

Dick Advokaat Pensiun di Akhir Musim Ini

Kamis 3/12/2020 | 15:28
A   A   A   Pengaturan Font
FEYENOORD - Pelatih Feyenoord Dick Advokaat mengumumkan keputusannya pensiun akhir musim ini setelah hampir 40 tahun malang melintang menjadi arsitek di berbagai klub. Keputusan pensiun ini disampaikan melalui laman resmi Feyenoord,...
Selengkapnya

Krasnodar Pastikan Posisi ketiga Grup E Liga Champions

Kamis 3/12/2020 | 15:23
A   A   A   Pengaturan Font
KRASNODAR - Krasnodar mengunci posisi ketiga klasemen akhir Grup E Liga Champions setelah mengatasi Rennes 1-0 dalam laga putaran kelima di Stadion Krasnodar, Russia, Kamis (3/12) WIB. Dengan hasil itu Krasnodar memastikan posisi mereka...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

Teror di Sigi

Selasa 1/12/2020 | 12:23
A   A   A   Pengaturan Font

Satu keluarga, yang terdiri dari empat orang, di antaranya mertua, anak, dan menantu, dibunuh dalam aksi teror di Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (27/11) sekitar pukul 10.30 Wita. Mereka dibunuh oleh orang tidak dikenal.

Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dipimpin Kapolres Sigi, AKBP Yoga Priyahutamam dan tim inavis Polda Sulteng, pelaku sebanyak delapan orang. Tiga di antaranya membawa senjata api berupa laras panjang, dan senpi genggam. Selain membunuh korban, pelaku teror ini mengambil barang-barang milik korban keluarga Yasa dan membakar enam rumah warga.

Warga di sekitar lokasi transmigrasi tersebut ketakutan, lalu lari ke hutan untuk bersembunyi. Hingga kini, 150 kepala keluarga (KK) di desa tersebut diungsikan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Diduga, pelaku pembunuhan sadis dan tidak berperikemanusian itu kelompok teroris jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora, yang telah lama menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO). Ali beserta anggotanya melancarkan aksi teror beramai-ramai secara acak. Aksi tersebut dilakukan untuk menakut-nakuti masyarakat.

Untuk mencari pelaku, TNI kembali menugaskan dan menggelar operasi Tinombala. Operasi Tinombala ini telah tiga kali diperpanjang tahun ini dengan target menyelesaikan kelompok teroris MIT di Sulawesi Tengah.

Masa tugas satgas ini seharusnya berakhir pada 30 September lalu, tapi diperpanjang hingga 31 Desember karena masih ada 13 orang kelompok teroris pimpinan Ali Kalora yang berkeliaran.

Ali Kalora adalah petinggi yang tersisa dari kelompok militan yang berbasis di Poso, Sulawesi Tengah itu, semenjak Santoso alias Abu Wardah tewas dalam penyergapan aparat keamanan pada 2016 lalu.

Dia juga ditunjuk sebagai pemimpin kelompok itu menyusul diringkusnya pentolan kelompok Muhajidin Indonesia Timur (MIT), Basri alias Bagong, di tahun yang sama.

Mantan deklarator Perdamaian Malino, Pendeta Rinaldy Damanik, dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu (28/11) mengatakan jika benar pelaku adalah kelompok MIT, ia menyimpulkan Satuan Tugas (Satgas) Tinombala belum berdaya untuk mengatasi kelompok tersebut.
Kita sepakat aparat keamanan mengusut tuntas pelaku pembunuhan sadis itu. Kita juga berharap aparat keamanan, baik Polri maupun TNI, dapat memberangus gerakan teror ini.

Pembunuhan terhadap satu keluarga di Sigi itu adalah kejahatan yang melukai keadaban dan melampaui batas kemanusiaan. Tindakan kekerasan tersebut bertujuan untuk menciptakan provokasi dan teror di tengah masyarakat. Mereka ingin merusak persatuan dan kerukunan di antara anak bangsa Indonesia ini. Karena itu, negara harus hadir memberikan jaminan rasa aman di masyarakat.

Sangat disayangkan, aktivitas terorisme masih membayangi masyarakat. Peristiwa ini harus menjadi alarm untuk kita semua, bukan saja untuk masyarakat Sulteng, tapi bagi Indonesia sebagai sebuah negara bangsa, bahwa masih ada jejaring teroris aktif yang bisa secara serampangan melakukan pembakaran, pembunuhan, dan menebar ketakutan kepada masyarakat.

Meski jumlahnya kecil, tapi mereka terbilang efektif dalam bertindak dan terus berusaha menebarkan ketakutan di tengah masyarakat dengan melakukan aksi-aksi teror. Jika didiamkan, sel-sel ini akan tumbuh dan berkembang menjadi kanker ganas di Sulawesi, yang berpeluang untuk terus menebar efek domino ke seluruh Indonesia.

Aparat keamanan selama ini telah berupaya keras dalam menumpas kelompok teroris yang ada di Indonesia. Namun, masih perlu usaha keras lagi untuk menumpas kelompok teror tersebut hingga akar untuk memastikan tidak ada gerakan teror serupa di Tanah Air.

Terorisme adalah musuh bersama bagi seluruh umat manusia. Terorisme bertentangan dengan prinsip kemanusiaan dan ajaran agama. Tindakan mereka merusak keadaban. Karena itu, butuhkan dukungan semua pihak untuk memberangus kelompok ini. Harus dilakukan perlawanan secara bersama-sama tanpa rasa takut. Tidak ada tempat untuk terorisme di negeri ini. ν

Tampilkan Semua

Timur Tengah setelah Terbunuhnya Mohsen

Senin 30/11/2020 | 11:56
A   A   A   Pengaturan Font
Situasi politik internasional memanas, khususnya di Timur Tengah, setelah dibunuhnya ilmuwan nuklir terkemuka Iran, Mohsen Fakhrizadeh. Selain Mohsen, beberapa ilmuwan nuklir Iran lainnya juga telah tewas dibunuh dalam satu dekade...
Selengkapnya

Pejabat Korupsi di Tengah Pandemi

Sabtu 28/11/2020 | 07:10
A   A   A   Pengaturan Font
Dua operasi penangkapan dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap pejabat negara dalam rentang waktu yang berdekatan di minggu ini. Mereka ditangkap KPK saat rakyat di negeri ini sedang dilanda pandemi Covid-19 yang belum...
Selengkapnya

Pentingnya Transisi Pemerintahan di AS

Jumat 27/11/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di pemilihan presiden 2020 ini, Donald Trump masih berat untuk mengakui Joe Biden sebagai presiden terpilih. Proses transisi pemerintahan di Amerika Serikat (AS) untuk seorang presiden terpilih sangat penting dan strategis sekali...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

Buku Detektif Klasik “The Hardy Boys” Diadaptasi Jadi Film Televisi

Kamis 3/12/2020 | 17:56
A   A   A   Pengaturan Font

HOLLYWOOD - Serial buku detektif klasik “The Hardy Boys” telah diadaptasi menjadi film misteri di televisi, dengan latar masa kini.

Film ini menggambarkan bagaimana kakak-adik Frank Hardy, yang berusia 16 tahun, dan Joe Hardy, 12 tahun. Mereka mengalami tragedi keluarga dan pindah ke Bridgeport, Connecticut, untuk tinggal bersama bibi mereka. Tokoh Frank dan Joe diperankan oleh Rohan Campbell dan Alexander Elliot.

Ayah mereka, Fenton, yang diperankan oleh Joe Tupper, adalah seorang detektif, dan mereka terobsesi dengan salah satu kasus yang sedang ditangani ayahnya dan berupaya memecahkannya sendiri.

“Saya kira ini berbeda dengan versi bukunya. Ini lebih menceritakan kisah tersebut secara panjang lebar. Ini salah satu misteri yang dikisahkan dalam episode sepanjang 13 jam. Ini jelas lebih suram, lebih nyata dan lebih manusiawi dibanding yang pernah diadaptasi bagi film televisi sebelumnya,” ujar Campbell.

Tupper mengatakan ia adalah penggemar buku “The Hardy Boys” yang besar dengan kisah-kisahnya.

“Saya kira sebagai seorang remaja laki-laki, buku itu mengajar kita untuk berani. Ketika menghadapi tragedi ini, mereka berjuang memecahkan misteri dengan menggunakan kepandaian dan keberanian untuk menyelesaikan kasus itu. Jadi saya benar-benar menikmatinya. Saya salu menjadi penggemar mereka,” ujar dia.

Sejak buku “The Hardy Boys” dirilis pada 1927, serial baru ini merupakan adaptasi TV keenam.

“The Hardy Boys” akan ditayangkan di Hulu pada 4 Desember, tetapi juga akan ditayangkan di Kanada pada 2021. VoA/I-1

Tampilkan Semua

Camila Cabello: Cinta Menjadi Terang dalam Kegelapan

Kamis 3/12/2020 | 13:47
A   A   A   Pengaturan Font
Bagi seseorang, cinta sungguh berarti, menyemangati, dan menghidupkan. Demikian juga bagi aktris Camila Cabello. Dia telah belajar banyak tentang cinta, terutama selama menjalin hubungan dengan pesohor Shawn Mendes. Penyanyi berusia 23...
Selengkapnya

Presiden: Hak Berkarya Penyandang Disabilitas Dijamin

Kamis 3/12/2020 | 13:46
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa para penyandang disabilitas memiliki hak yang sama untuk berkarya. Bahkan hak mereka untuk berkarya dijamin. Penegasan ini disampaikan Staf Khusus Presiden, Angkie Yudistia. “Pemerintah sudah...
Selengkapnya

Kasus Juga Merebak di Eropa

Kamis 3/12/2020 | 13:43
A   A   A   Pengaturan Font
Wabah flu burung dari strain H5N8 bukan hanya melanda Korea. Menurut laporan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC), sejak 16 Oktober, beberapa negara di kawasan itu seperti Belgia, Denmark, Prancis, Jerman, Irlandia,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Perahu Covid-19 Disiagakan di Lokasi Banjir

Kamis 3/12/2020 | 22:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto memastikan perahu Covid-19 disiagakan di lokasi pengungsian banjir jika bencana tahunan tersebut kembali terulang di tengah pandemi Covid-19.

“Perahu Covid-19 itu artinya apabila ada yang bergejala atau terindikasi Covid-19 akan ditangani di situ,” kata Sabdo, di Lapangan STU Karet Tengsin, Rabu (2/12).

Lebih lanjut Sabdo mengatakan nantinya petugas yang menarik perahu atau bertanggung jawab mengangkut warga yang terindikasi Covid-19 itu dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. APD yang diberikan kepada petugasnya itu berfungsi untuk menghindari potensi penyebaran Covid-19.

“Kita sudah lakukan pemetaan untuk perahu-perahu Covid-19 itu, di tiap pengungsian nanti ada sekitar 5-10 perahu dengan petugas yang pakai APD,” ujar Sabdo.

Pengungsian bagi warga yang terdampak banjir sudah disiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta di lima wilayah kota, tiap kelurahan di DKI Jakarta memiliki Kampung bernama Kampung Tangguh Bencana yang telah dilatih untuk menanggulangi bencana seperti banjir secara mandiri.

Mulai awal Desember 2020, Kampung-Kampung Tangguh Bencana itu melakukan simulasi penanganan banjir yang diperkirakan terjadi pada pergantian tahun.

Protokol kesehatan menjadi salah satu prioritas yang diutamakan di pengungsian-pengungsian banjir di Ibu Kota imbas dari masih adanya pandemi Covid-19.

Kampung Tangguh

Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat disiaplan menjadi Kampung Tangguh Bencana, saat menghadapi banjir selama musim hujan akhir tahun ini dan awal tahun depan.

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, di Jakarta, Rabu (2/12), mengatakan pemilihan lokasi RW 01 Rawa Buaya menjadi role model atau percontohan Kampung Tangguh Bencana telah diinstruksikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Penunjukan Kampung Tangguh Bencana di lokasi tersebut bukan tanpa alasan. Selama musim penghujan, kawasan tersebut selalu tergenang air dengan ketinggian sekitar satu meter.

Uus mengatakan di lokasi tersebut akan dibangun posko Kampung Tangguh Bencana untuk menempatkan berbagai sarana dan prasarana di musim penghujan.  n Ant/P-5

Tampilkan Semua

Camat Tanah Abang dan Lurah Petamburan Dijabat Plh

Kamis 3/12/2020 | 22:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Posisi Camat Tanah Abang dan Lurah Petamburan saat ini digantikan dan diisi oleh Pelaksana Harian (Plh) pasca dibebastugaskannya Bayu Meghantara dari jabatan Wali Kota Jakarta Pusat. “Camat Tanah Abang sebelumnya Yassin...
Selengkapnya

Pondok Ranggon Penuh, Beberapa Jenazah Dikubur Satu Liang Lahat

Kamis 3/12/2020 | 20:00
A   A   A   Pengaturan Font
  JAKARTA - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon menyisakan 30 liang lahat di blok nonmuslim untuk jenazah Covid-19. Sementara di blok muslim sudah penuh, sehingga sistem pemakaman dimungkinan ditumpang, satu lahat dua...
Selengkapnya

DKI Komitmen Permudah Permudah Proses Perizinan

Kamis 3/12/2020 | 19:14
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam integrasi data administrasi pertanahan untuk meningkatkan Penerimaan Asli Daerah (PAD), perbaikan ease of Doing Business (EoDB) atau kemudahan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

Super-Yacht Berani Bermimpi

Jumat 4/12/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kapal pesiar super dengan balon udara. Konsep ini dipersembahkan oleh pikiran George Lucian, pemimpi yang tinggal di Monako. Ada dua hal yang ada di pikirannya ketika dia bangun di hari yang cerah itu, berperahu pesiar dan terbang. Dengan dua hal tersebut, ide Dare to Dream lahir.

Pesawat superyacht 'Dare to Dream' yang konseptual telah dirancang oleh George Lucian sebagai yang paling mewah yang akan memberi penumpang pengalaman yang tidak seperti sebelumnya.

Kapal dan pesawat yang diberi nama 'Flying Diamond' menarik inspirasi dari kapal militer dan yacht untuk menawarkan akomodasi premium yang tidak dibatasi oleh apa yang tersedia di kapal. Ini berkat pesawat itu sendiri yang akan menampung beberapa tamu untuk naik ke udara untuk makan malam atau koktail serta helipad yang membuat mengakses kapal dari pantai menjadi sangat mudah.

Pesawat superyacht 'Dare to Dream' menawarkan ruang yang cukup untuk 12 tamu bersama dengan 40 awak, sementara juga menyediakan fasilitas mewah seperti jacuzzi, lounge elegan dan ruang makan.

“Konsep saya terinspirasi dari industri berperahu pesiar dan desain kapal militer, tetapi juga dari daya tarik yang saya miliki untuk awal abad ini, zeppelin yang mengangkut penumpang melintasi Atlantik dengan cara yang mewah dan romantis,” kata George Lucian.

Saat ini telah kehilangan rasa keanggunan dan ketenangan dalam perjalanan, yang ditawarkan oleh kapal pesiar dan kapal udara pada awal abad ke-21. Konsep ini ingin mengembalikan perasaan kepada pemiliknya di masa depan.

Ditargetkan untuk klien yang menikmati udara sama seperti laut, Dare to Dream menggabungkan kesenangan penerbangan dan berperahu pesiar dalam satu paket berbentuk aneh.

Tentang balon udara itu sendiri, tidak banyak yang bisa dikatakan. Ini balon udara yang cukup klasik. Tidak banyak yang berubah dari itu, kecuali mungkin kabin yang dibawanya di bawah perutnya yang besar. Tetapi sebagai aksesori kapal pesiar super, pasti bisa mengharapkan semacam fasilitas atau desain.

Meski demikian, balon ini mampu menampung pemilik dan beberapa tamu selama beberapa hari di udara. Dilengkapi dengan segala sesuatu mulai dari bar, hingga ruang makan malam dan ruang yang dirancang untuk bersantai dan menikmati pemandangan dari atas, karena apa lagi yang akan dilakukan di udara selama tiga hari.

Sisi negatifnya adalah balon udara tersebut hanya dapat membuat tetap di udara untuk waktu yang lama. Pada akhirnya harus turun ke permukaan laut. Saat melakukannya, kapal pesiar sepanjang 460 kaki (140 meter) akan menunggu untuk berlabuh.

Dari sana, sisa kapal berlanjut ke arah belakang, tetapi seperti yang dilihat, bentuk anehnya terlihat hampir seperti kereta pengantin pengantin. Haluan kapal mengembang secara vertikal sesuai desain, sedangkan bagian belakang mengembang secara horizontal, rendah dan lebar. Memberi kesan bahwa bejana terus menerus keluar dari air. arn

Tampilkan Semua

Kapal Feri Tanpa Emisi Zeabuz

Jumat 4/12/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dunia semakin mengalami urbanisasi dan sebagian besar kota terletak di daerah pesisir atau di sepanjang aliran air. Ini mensyaratkan bahwa solusi transportasi baru harus hemat biaya, bebas emisi dan harus menggunakan saluran air. Lalu...
Selengkapnya

Tuhura Yacht Kembali ke Zaman Kuno

Jumat 4/12/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bekerja sama dengan Lobanov Design Studio, BMT Nigel Gee dan desainer interior Achille Salvagni, Oceano Merilis Kapal Pesiar Tuhura, kapal pesiar super setinggi 377 kaki tidak seperti yang lain di pasar. Desain baru ini terinspirasi...
Selengkapnya

Barang-Barang yang Dibatasi Ekspornya

Kamis 3/12/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menjual barang ke luar negeri sedikit berbeda dengan menjual barang ke dalam negeri. ada beberapa barang yang dilarang dan dibatasi dalam ekspor, tidak semua barang bebas untuk diekspor. Ini yang biasa dinamakan dengan Lartas (Larangan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Perlu Revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan

Selasa 1/12/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Guru memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Hal ini juga sejalan dengan visi misi Presiden Joko Widodo. Guru kompeten dapat menghasilkan pelajar-pelajar berkualitas para penerus bangsa di masa mendatang.

 

Untuk itu, perlu pembenah­an dalam rekrutmen guru dan desain pengembangan kompetensi guru ke depan. Ma­salah terkait guru mulai dari hulu seperti menyiapkan calon guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Kesejahtera­an para guru, terutama honorer, juga harus jadi fokus perhatian. Pengembangan dan peningkatan kompetensi guru adalah keharusan yang mesti dipenuhi oleh nega­ra, baik tingkat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Untuk mengupas terkait kompe­tensi guru, Koran Jakarta mewa­wancarai Koordinator Nasional Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru (P2G), Satriwan Salim. Berikut petikan wawancaranya.

Bagaimana penilaian P2G ter­kait kompetensi guru saat ini?

Kami memandang perlunya pembenahan dalam rekrutmen guru dan disain pengembangan kompetensi guru ke depan. Dalam konteks rekrutmen guru, perso­alannya sebenarnya sudah muncul di level hulu, yakni ketika maha­siswa calon guru masuk kampus LPTK. Harus ada pembenahan se­leksi masuk LPTK bagi calon guru, termasuk revitalisasi pengelolaan LPTK secara nasional.

Bagaimanapun juga LPTK masih menjadi “pabrik” calon guru. Ren­dahnya kompetensi guru Indonesia hingga sekarang, tak lepas dari buruknya pengelo­laan guru mulai dari hulunya yakni LPTK tersebut.

Untuk proses rek­rutmennya sendiri seperti apa?

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebuda­yaan (Kemendikbud), harusnya juga me­laksanakan perintah Pasal 22–23 UU No 14 Tahun 2005 ten­tang Guru dan Dosen.

Pada Pasal 22 Ayat 1 dituliskan bahwa pemerintah dan/atau peme­rintah daerah dapat menetapkan pola ikatan dinas bagi calon guru untuk memenuhi kepentingan pembangunan pendidikan nasional atau kepenting­an pembangunan dae­rah Pasal 22 Ayat 1.

Lalu dalam Pasal 23 Ayat 1, pemerin­tah mengembangkan sistem pendidikan guru ikatan dinas berasrama di lemba­ga pendidikan tenaga kependidikan untuk menjamin efisiensi dan mutu pendidikan. Pola rekrutmen seperti ini belum terwujud hingga sekarang.

Apa manfaat yang didapat dari pelaksanaan pola rekrutmen se­perti ini?

Rekrutmen guru pola ikatan di­nas ini memberikan setidaknya dua manfaat sekaligus. Pertama, guru yang direkrut adalah benar-benar guru pilihan dan memiliki kompe­tensi sejak mulai kuliah di LPTK yang berstatus PNS. Lalu, rekrut­men guru pola ikatan dinas sejak di LPTK ini dapat memenuhi keku­rangan guru secara nasional.

Bagaimana keterlibatan peme­rintah daerah dalam peningkatan kompetensi guru ini?

Masih banyak daerah provinsi dan kota/kabupaten yang anggaran pendidikannya dalam APBD masih jauh di bawah 20 persen. Pada­hal anggran pendidikan adalah menjadi kewajiban daerah juga. Kami menemukan ada pemda yang anggaran pendidikannya di bawah 5 persen APBD. Kalau begitu, tak bisa berharap banyak akan terjadi peningkatan kualitas guru kalau.

Pemda jangan lepas tanggung jawab. Politik anggaran pendidik­an khususnya untuk peningkatan kompetensi guru adalah kebutuhan mendesak. Jika tidak, guru-guru kita masih berkutat di urusan kom­petensi yang menyedihkan.

Pemerintah tengah menyiap­kan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi para guru honorer. Bagai­mana respons P2G terkait ini?

P2G mengapresiasi pemerintah pusat, Kemdikbud, dan Kemenpan RB plus Komisi X membuat kebi­jakan membuka lowongan seleksi guru honorer menjadi Guru P3K sebanyak satu juta lowongan tahun depan. n muhamad marup/P-4

Tampilkan Semua

BSU Berdampak Positif pada Pertumbuhan Ekonomi

Sabtu 28/11/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan. Sektor-sektor lain seperti ketenagakerjaan juga terdampak.   Merespons hal tersebut, pemerintah Indonesia mengeluarkan ber­bagai macam kebijak­an penanganan dan...
Selengkapnya

Seleksi Itu untuk Buktikan Kompetensi Mereka

Jumat 27/11/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah berencana mengadakan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi para guru honorer.   Seleksi dilaksanakan pada tahun 2021. Formasinya terbilang massal dengan jumlah yang dibutuhkan, sebanyak satu juta...
Selengkapnya

Pengambilan Keputusan Sering Terhambat karena Panjangnya Rantai Komando

Rabu 25/11/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Penyederhanaan birokrasi terus dikebut pemerintah. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) diberi mandat untuk jadi lokomotif.   Diharapkan dengan tun­tasnya penyederhanaan birokrasi,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Bansos Ringankan Beban dan Gerakkan Perekonomian Rakyat

Sabtu 28/11/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi cukup tinggi. Namun,sekitar 24,79 juta penduduknya masih hidup di bawah garis kemiskinan. Diperlukan kepekaan dan strategi negara mengentaskan kemiskinan agar hidup rakyat lebih sejahtera dan mandiri.

Di sisi lain, dampak Covid-19 memengaruhi semua lini kehidupan, termasuk mas­yarakat miskin dan rentan, baik aspek kesehatan, sosial, maupun ekonomi. Aktivitas perekonomian dan pendapatan masyarakat jatuh sehingga angka kemiskinan men­jadi 9,78 persen.

Pemerintah berupaya mena­ngani dampak pandemi Covid-19 melalui Jaring Pengaman Sosial dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Adapun alokasi anggarannya sebe­sar 695,2 triliun rupiah pada tahun 2020 dan 408,8 triliun rupiah pada tahun 2021.

Pemerintah melalui Kemen­terian Sosial terus menggulirkan bantuan sosial (bansos) sebagai salah satu jaring pengamangan sosial. Bansos diberikan kepada masyarakat yang terdampak ke seluruh pelosok negeri. Bansos penanganan dampak Covid-19 diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dalam meme­nuhi kebutuhan dasar, menjaga daya beli, dan menggerakkan roda ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Untuk mendalami seputar bantuan sosial, wartawan Koran Jakarta, Muhamad Ma’rup, mewa­wancarai Menteri Sosial (Mensos), Juliari P Batubara. Berikut petikan wawancaranya.

Bisa dijelaskan upaya peme­rintah dalam menangani pan­demi Covid-19 ini?

Sampai sebelum ketemu vaksin, penanganan akan ada terus. Per­masalahan virus ini hanya bisa dikalahkan dengan vaksin. Sebe­lum vaksin ketemu, yang bisa kita lakukan adalah menghindari.

Saat ini aktivitas dibuka kembali, tingkat keterpaparan akan me­ningkat. protokol kesehatan harus dilaksanakan. New normal ini mengatur aktivitas harian kita de­ngan aturan-aturan dan protokol-protokol baru.

Ini pilihan sulit antara kese­hatan dan ekonomi. Ini harus berjalan berbarengan. Kalau fokus kesehatan, masyarakat juga akan kelaparan. Kalau fokus ekonomi, orang terpapar semua. Jadi pilih­annya, termasuk di beberapa nega­ra, aktivitas dibuka dengan aturan main baru atau new normal.

Pemerintah berupaya mena­ngani dampak pandemi Covid-19 melalui Jaring Pengaman Sosial dan Pemulihan Ekonomi Nasional dengan mengalokasikan ang­garan sebesar 695,2 triliun rupiah pada tahun 2020 dan 408,8 triliun rupiah pada tahun 2021. Ang­garan tersebut digunakan untuk penanganan kesehatan, perluasan bantuan sosial untuk perlindung­an masyarakat miskin, rentan, dan terdampak. Kemudian, dukungan UMKM serta berbagai kegiatan strategis sektoral kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Bagaimana keterlibatan Kemensos dalam penanganan Covid-19?

Pemerintah melalui Kemensos terus menggulirkan bantuan sosial yang termasuk dalam program ja­ring pengaman sosial kepada mas­yarakat yang terdampak ke seluruh pelosok negeri. Bantuan sosial yang termasuk ke dalam program jaring pengaman sosial di antaranya ban­tuan sosial reguler untuk KPM PKH dan BPNT. Bansos sembako untuk wilayah Jabodetabek. Bansos tunai untuk wilayah luar Jabodetabek dan bansos utuk KPM PKH.

Bansos penanganan dampak Covid-19 diharapkan dapat meri­ngankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar, men­jaga daya beli, dan menggerakkan roda ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Selama penyaluran bansos sejauh ini, bagaimana koordinasi dengan pemerintah daerah mau­pun kementerian lain?

Kami ingin menyampaikan, pertama, sebelum meluncurkan bansos sifatnya nasional, kami sudah melakukan sosialisasi mela­lui webinar beberapa kali dengan pemkot dan pemprov. Kami tindak lanjuti dengan surat-surat menge­nai mekanismenya.

Kami ingin tegaskan bahwa data penerima bansos itu kami mem­berikan keleluasaan untuk seluruh pemda tidak harus mengambil semua data yang ada di data ter­padu kami atau yang biasa disebut Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jadi, pemerintah dae­rah (pemda) silakan memberikan nama-nama penerima bansos yang tidak ada dalam DTKS tersebut.

Untuk Bansos tunai di luar Jabo­detabek, Kemensos akan melaku­kan koordinasi untuk bansos yang diambil dari dana desa. Ini harus kami atur dengan baik agar tidak terjadi penumpukan. Misalnya, sudah ada keluarga yang menerima dana dari Kemensos 600 ribu ru­piah, lalu terima dari dana desa 600 ribu. Ini harus kita hindari supaya tidak terjadi kekacauan di bawah.

Untuk bansos dari pemda, ba­gaimana menghindari tumpang tindih dengan pemerintah pusat?

Sekali lagi, kami memberikan keleluasaan kepada daerah me­nyangkut program bansos yang diambil dari anggaran daerah baik provinsi maupun kabupaten atau kota. Mereka punya kebijakan masing-masing. Tidak perlu takut dan khawatir, apabila satu keluarga sudah menerima bansos sembako atau tunai, jangan diberi lagi.

Yang kami atur hanya seluruh bansos dari APBN. Tentunya kami atur agar tidak menumpuk. Kami bisa mempertanggungjawabkan akuntabilitasnya. Jadi, daerah yang mau menggunakan bansos dari APBD, silakan. Tidak perlu khawatir untuk mengecek data dengan pusat.

Ada yang kecewa

Kami membutuhkan kerja sama dan koordinasi yang baik. Kami ter­buka untuk masukan dan kritikan. Apa pun yang kami putuskan tidak bisa memuaskan semua pihak. Tapi yakinlah, pemerintah pusat bekerja sekuat tenaga melindungi segenap rakyatnya.

Apa yang akan dilakukan Kemensos ke depan agar bantuan pemerintah dapat tepat sasaran?

Kami melakukan beberapa terobosan pada tahun 2021 untuk melakukan perbaikan data peneri­ma bantuan pemerintah. Pertama, mengevaluasi terhadap data 15 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Ini untuk penerima man­faat program Kemensos, yaitu Pro­gram Sembako yang dulu bernama Bantuan Pangan Nontunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi mereka yang terdampak pe­nyebaran Covid-19. Saya minta pada para direktur jenderal Kemen­sos agar dilihat lagi data penerima BPNT. Jangan sampai yang sudah terlalu lama dari zaman raskin, rastra, masih terima terus.

Langkah lain?

Selain itu, Kemensos juga akan mengusulkan kepada Kementeri­an Keuangan agar daerah-daerah yang tidak melakukan pembaruan data kemiskinan mendapat pengu­rangan dana dari pusat. Langkah ini bukanlah ancaman, tetapi sebaliknya untuk memberi motivasi kepada daerah. Lalu, tahun depan akan ada pemutakhiran DTKS. Akan banyak stok keluarga yang kita bantu. Jadi enggak ada alasan itu-itu saja yang kita bantu.

Bagaimana upaya Kemensos membarui data tersebut?

Kemensos serius dan terus ber­upaya memperkuat akurasi data penyaluran bansos. Meski begitu, saya minta koordinator pendam­ping PKH berani ikut “membersih­kan” penerima bansos dalam DTKS yang sudah terlalu lama menerima bantuan.

Kami kerap mendapat kritik­an sekaligus masukan bahwa ada yang 8–10 tahun terus menerima PKH. Koordinator pendamping PKH adalah petugas lapangan yang berperan penting memastikan kualitas DTKS. Saya meminta peran nyata mereka. Data penerima PKH tidak sepenuhnya bergantung pada Kemensos. Data penerima ban­tuan, lanjut dia, diproses dari desa/kelurahan termasuk dicek oleh pendamping PKH. Setelah itu, baru naik secara berjenjang, kemudian baru disahkan oleh Kemensos.

Seberapa besar peran PKH da­lam pemutakhiran DTKS?

Pendamping PKH sejalan de­ngan proses berjenjang dalam pe­mutakhiran data tadi. Oleh karena itu, saya menantang mereka untuk berani mengganti nama-nama penerima PKH yang sudah terlalu lama menerima bantuan.

Saya menduga antara pendam­ping dan penerima manfaat PKH sudah terjalin hubungan erat. Se­hingga sulit mengganti nama-nama yang sudah lama menerima ban­tuan tersebut. Apakah pendamping berani mengganti nama-nama itu? Harus berani karena itu kan tugas mulia dan memperjuangkan mere­ka yang harusnya berhak mendapat bantuan. Itu tugas mulia.

Tahun 2021, apakah masih ada penyaluran bansos untuk pan­demi Covid-19?

Bantuan sosial untuk tahun 2021 sudah disiapkan Kemensos dengan batas pengeluaran (pagu) alokasi anggaran 87 triliun rupiah bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Alokasi ang­garan tersebut PKH, BPNT, dan BST. Jumlah ini sewaktu-waktu bisa saja berubah.

Selain penanganan Covid-19, apalagi upaya Kemensos untuk tahun kedua periode kedua masa pemerintahan Presiden Joko Widodo?

Kemensos terus bergerak mem­bangun optimisme negeri untuk kemandirian sosial ekonomi pen­duduk miskin dan rentan. Upaya yang dilakukan yaitu meningkat­kan sumber daya manusia dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Meningkatkan kualitas data terpadu kesejahteraan sosial, dan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel dengan melibatkan publik.

Dalam kurun waktu satu tahun banyak yang telah dicapai Ke­mensos. Seperti telah mencapai peningkatan kualitas sumber daya, peningkatan kualitas data terpadu kesejahteraan sosial sebagai sum­ber data utama dalam penyeleng­garaan kesejateraan sosial agar dapat dilakukan secara terpadu, te­pat sasaran, dan berkelanjutan. Pe­nguatan perlindungan dan jaminan sosial. Penguatan pemberdayaan soisal hingga ke wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar.

Langkah Kemensos untuk mendorong berbagai pihak bersama-sama meningkatkan ke­sejahteraan sosisal masyarakat?

Tentu, Kemensos tidak bisa bekerja sendirian. Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Tidak hanya pada pandemi Covid-19, tapi sekalipun dalam kondisi normal. Banyak keterbatasan pemerin­tah. Kami sangat berharap baik perusahaan-perusahaan BUMN swasta nasional, perusahaan swasta multinasional, serta pilar-pilar so­sial ikut bersama-sama bergotong royong. Kita bergandeng tangan untuk memperbaiki kehidupan masyarakat.

Ke depannya, peran pemerintah harus diperkecil dibanding peran swasta. Kesejahteraan sosial, walau negara kita kesejahteraan, ke de­pannya kalau semakin maju, peran pemerintah harus semakin kecil. Bukan sebaliknya. Kalau peran pe­merintahnya semakin besar, berarti negara tidak maju-maju.

Konkretnya?

Oleh karena itu, seluruh dunia usaha, saya selalu memotivasi bahwa ke depannya produk-pro­duk baik barang jadi atau bentuk jasa yang akan divaluasi lebih tinggi oleh konsumen adalah produk-pro­duk yang memiliki kepekaan sosial tinggi.

Saya sendiri lebih senang mem­bayar produk lebih mahal kalau saya tahu perusahaan itu memi­liki kepedulian sosial yang tinggi bagi lingkungannya. Tidak ragu saya membayar lebih mahal untuk membeli suatu produk apakah barang jadi atau service. Uang saya akan digunakan untuk meningkat­kan kesejahteraan sosial.

Apa yang mesti dilakukan dunia usaha agar bisa terlibat me­ningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat?

Ke depan, gabungan antara bisnis dan social envelopment ha­rus semakin digalakkan. Sebab ini value dan budaya bangsa Indonesia yaitu gotong royong. Tentu ber­usaha mengejar keuntungan juga. Tanpa untung, tidak ada CSR juga. Semakin banyak untung, kita sema­kin banyak CSR.

Tapi, kalau saya lihatnya ter­balik. Bukan mengejar keuntungan baru CSR. Semakin kita giat melak­sanakan kegiatan sosial, tambah profitable. Sebab, simple saja, yang mendoakan banyak. Kita tidak bo­leh mengecilkan arti dari doa. Doa itu intangable, tapi value-nya kita tidak tahu. Tidak bisa dinilai miliar, ratus miliar, atau triliun.

Jadi kita harus melihatnya terbalik. Meski pandemi, semua perusahaan mengencangkan ikat pinggang. Tapi, kita tidak akan begini terus. Kita akan normal kem­bali dan harus optimistis. Kelak, jangan mencari keuntungan, baru CSR, tapi dibalik. Semakin banyak kiat berbuat oleh usaha kita, akan semakin profitable dan bisnisnya lebih sustainable. n G-1

 

Tampilkan Semua

Perkuat Kerja Sama Ekonomi dan Stabilitas Kawasan Indo-Pasifik

Sabtu 21/11/2020 | 05:40
A   A   A   Pengaturan Font
Hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat dinilai sangat strategis, baik dalam hal untuk kemajuan ekonomi maupun penjagaan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.   Setelah resmi mengemban amanah sebagai Dubes RI untuk AS, Lutfi...
Selengkapnya

Unair Terus Bergerak untuk Berkontribusi bagi Bangsa

Sabtu 14/11/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebagai lembaga pendidikan Universitas Airlangga (Unair) terlibat dengan banyak aktivitas, di antaranya pembuatan vaksin Covid-19. Unair juga terus berinovasi untuk meningkatkan ranking dunia, Asia, dan dalam negeri. Sejak muncul di...
Selengkapnya

Wujudkan Desa tanpa Kemiskinan

Sabtu 7/11/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) berupaya mewujudkan desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, dan desa dengan pendidikan yang berkualitas.   Kemendes PDTT juga tengah fokus dalam...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta