Strategi Mendongkrak Penjualan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 11 2019
No Comments

Strategi Mendongkrak Penjualan

Strategi Mendongkrak Penjualan
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, saya dan keluarga menjalankan bisnis pencucian mobil. Setelah setahun bisnis kami mulai berkembang. Saya tertarik untuk mencoba program loyalitas pelanggan dengan pemberian poin setiap kali meng­gunakan jasa kami. Apakah cara seperti ini efektif?

Jawaban:

Mendapatkan konsumen dalam jumlah besar tentu jadi salah satu tujuan bisnis. Se­bab ini merupakan jalan Anda menciptakan angka penjualan yang tinggi.

Namun bukan hanya seka­dar mendapatkan konsumen saja, sebagai pebisnis Anda juga harus berupaya keras membuat konsumen loyal pada bisnis yang Anda jalan­kan. Anda perlu membuat konsumen menjadi pelanggan tetap sehingga mereka akan senantiasa setia dan tidak ber­paling pada produk serupa di pasaran.

Ada banyak cara yang di­lakukan para pebisnis untuk mendapatkan pelanggan yang seperti ini, salah satunya de­ngan memberikan program lo­yalitas dalam berbagai bentuk. Program loyalitas merupakan bentuk strategi bisnis yang di­gunakan untuk menumbuhkan kesetiaan pada pelanggan lama dan sekaligus menarik para pelanggan baru ke dalam bisnis itu sendiri.

Program loyalitas ber­beda dengan program diskon yang biasanya langsung bisa dinikmati ketika membeli pro­duk tertentu. Di dalam program loyalitas, pelanggan baru akan menikmati program loyalitas ini setelah mereka melakukan pembelian produk.

Ini alasan mengapa program loyalitas bisa efektif mendong­krak penjualan, seperti dikutip dari Cermati.com.

  1. Membhat Bisnis Jadi Ber­beda dengan yang Lainnya

Saat Anda memiliki program loyalitas dan menawarkan ke­untungan lebih kepada pelang­gan, maka secara otomatis Anda sedang membangun merek produk sehingga merek Anda menjadi lebih dikenal luas.

Bisnis Anda akan menon­jol dan berbeda dari bisnis sejenis lainnya di pasaran, sehingga bisnis tersebut men­jadi lebih mudah dikenal. Pelanggan menyukai hal-hal seperti ini, terutama penawar­an dalam bentuk poin dan hal lainnya yang bisa memberi­kan mereka keuntungan ke­tika berbelanja.

  1. Membuat Konsumen Se­ring Belanja

Ketika Anda memberikan poin dalam program loyalitas di bisnis Anda, maka para pelang­gan akan menjadi lebih aktif dan mencari tahu berbagai pe­nawaran menarik yang Anda berikan. Pelanggan mengingin­kan keuntungan ketika berbe­lanja dan hal ini membuat me­reka lebih sering membeli.

Mereka akan lebih sering belanja dan memanfaatkan program yang Anda tawarkan, sehingga mereka bisa me­lakukan pembelian yang lebih menguntungkan. Di lain sisi, hal ini juga tentu akan mening­katkan angka penjualan bisnis Anda tersebut.

  1. Merek Mudah Terba­ngun Karena Melibatkan Pelanggan

Tidak sekadar melakukan pembelian ulang, pelanggan juga cenderung memamer­kan berbagai hal yang mereka anggap menguntungkan. Pro­gram loyalitas akan membuat pelanggan senang dan lebih percaya pada bisnis Anda.

Hal ini biasanya ditunjuk­kan dalam berbagai hal, mulai dari promosi secara langsung kepada teman atau keluarga mereka, hingga memamerkan produk Anda pada media sosial yang mereka miliki.

Apapun bentuknya, sikap pelanggan yang seperti ini bisa membantu Anda membangun merek bisnis dengan lebih maksimal.

  1. Meningkatkan Nilai Pembelian Pelanggan

Saat Anda memberikan reward melalui poin kepada pelanggan, mereka akan men­jadikan ini sebagai salah satu alasan untuk kembali lagi dan melakukan pembelian. Hal se­perti ini juga akan terjadi pada pelanggan baru, bahkan yang baru pertama kali membeli produk Anda.

Anda akan mendapatkan lebih banyak pesanan, baik itu dari pelanggan baru maupun pelanggan lama yang semakin loyal pada produk Anda. Sistem pengumpulan poin seperti ini juga membuat pelanggan cen­derung membelanjakan lebih banyak uang jika dibandingkan waktu pertama kali membeli­nya.

Dengan lebih banyak kun­jungan pelanggan dan lebih banyak pembelian dengan ni­lai pesanan yang lebih tinggi, maka angka penjualan Anda tentu akan meningkat dengan tajam. Untuk memberikan ke­nyamanan dan juga daya tarik yang lebih maksimal, Anda bisa menciptakan program loyalitas berjenjang dengan berbagai penawaran beragam buat para pelanggan.

  1. Memperbesar Peluang untuk Direferensikan

Angka penjualan sangat mungkin tercipta ketika pelanggan mereferensikan bisnis Anda kepada kolega atau bahkan keluarga mere­ka. Hal ini tentu hanya Anda dapatkan jika pelanggan me­rasa puas dengan produk dan layanan dari bisnis Anda.

Peluang seperti ini akan menjadi lebih besar saat Anda memiliki program loyalitas bagi para pelanggan bisnis Anda. Sebab pelanggan akan cende­rung mereferensikan berbagai hal yang membuat mereka se­nang dan merasa diuntungkan.

Hal ini tentu memberikan peluang meningkatnya angka penjualan Anda, bukan? Jadi, jangan ragu lagi melakukan program loyalitas buat para konsumen.

Maksimalkan Kinerja Bis­nis Anda

Program loyalitas menjadi salah satu sarana terbaik un­tuk meningkatkan bisnis yang Anda jalankan. Ada banyak ke­untungan yang bisa Anda da­patkan dari program ini, salah satunya meningkatnya angka penjualan produk di dalam bis­nis Anda. Manfaatkan program loyalitas ini, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari bisnis tersebut di masa yang akan datang.

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment