Koran Jakarta | July 22 2019
No Comments

Tips Dapatkan Tiket Penerbangan Termurah

Tips Dapatkan Tiket Penerbangan Termurah
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, kami sekeluarga ingin jalan-jalan hemat. Apa saja trik untuk mendapatkan tiket termurah Bu?

Jawaban:

Travelling yang disiapkan dengan baik dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun, tiket penerbangan yang terbilang mahal cukup menguras kantong. Selain itu, kita juga harus memikirkan biaya hidup selama di sana. Mulai dari biaya makan, hotel, transportasi, dan masuk tempat wisata. Kalau dihitung-hitung, dana yang dihabiskan bisa lumayan besar.

Kalau mau liburan ke Eropa, tiket penerbangan untuk be­rangkat saja hampir Rp 15 juta. Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan tiket penerbang­an termurah?

  1. Jelajah di Jendela Penya­maran

Kita sering kali cari-cari tiket penerbangan murah langsung dari website. Sadar atau tidak, harga tiket pesawat cenderung naik dari waktu ke waktu apa­bila terus-menerus melakukan pencarian di tempat yang sama. Sebelum memulai pencarian, Anda sebaiknya membuka tab atau jendela penyamaran.

Cara ini sangat membantu untuk mencari tiket penerbang­an murah. Karena searching dari tab penyamaran tidak dapat dilacak website yang ber­sangkutan, Anda bisa berjelajah sepuasnya tanpa rasa khawatir.

  1. Mengecek Kembali Har­ga Tiket Penerbangan

Setelah menemukan harga tiket yang pas dan di-booking, Anda perlu mengecek kembali harga tiket tersebut bebera­pa saat kemudian. Mengapa? Sebab perubahan harga tiket penerbangan sangat cepat terjadi. Dalam satu menit saja, harganya bisa berbeda dengan harga sebelumnya. Apabila harga tiket saat ini lebih murah daripada harga tiket yang sudah di-booking, lebih baik membatalkan tiket tersebut dan memilih tiket penerbangan yang lebih murah.

  1. Ikuti Sosial Media Maskapai Penerbangan

Ada banyak maskapai pe­nerbangan yang bisa digu­nakan untuk liburan. Setiap maskapai biasanya memiliki waktu spesial untuk mengada­kan promo penerbangan. Agar selalu update promo tersebut, Anda bisa mengikuti social me­dia dari maskapai penerbangan yang bersangkutan.

Anda juga bisa mendaftar­kan email dan mengaktifkan notifikasi agar setiap berita terbaru dari maskapai pener­bangan dapat diakses dengan cepat.

  1. Mendaftar Kartu Keang­gotaan

Cara lainnya dengan mendaftar kartu keanggotaan dari suatu maskapai. Hampir semua maskapai menawar­kan kartu keanggotaan. Cara pendaftarannya juga cukup mudah. Cukup mendaftarkan email pada situs resmi maska­pai itu. Kemudian mengisi formulir dan selesai.

Kartu keanggotaan ini sangat berguna apabila ingin mendapatkan tiket penerbang­an murah. Biasanya anggota lebih diistimewakan diban­dingkan yang bukan anggota. Maskapai penerbangan juga sering memberikan promo tiket penerbangan yang nominalnya tidak pernah disangka-sangka.

  1. Cari di Situs Penerbang­an yang Murah

Beberapa website yang me­nyediakan semua harga tiket penerbangan, baik penerbang­an dalam negeri maupun luar negeri. Untuk mendapatkan harga termurah, Anda bisa sering-sering mencari di be­berapa website tersebut dan lakukan perbandingan. Ketika dapat harga yang murah, Anda bisa langsung mem-booking-nya.

  1. Pesan Tiket Pulang-Pergi Sekaligus

Memesan tiket pulang-pergi juga dapat meminimalkan dana untuk tiket penerbangan. Perbedaan beli tiket pulang-pergi dengan satu per satu juga lumayan besar. Pemesanan tiket pulang-pergi biasanya akan mendapatkan diskon berupa smart combo yang ter­bukti ampuh untuk memang­kas pengeluaran. Kelemahan­nya adalah tiket pulang-pergi menggunakan maskapai yang sama dan di kota yang sama pula.

  1. Pilih Penerbangan di Pagi Hari

Kalau diamati, harga tiket penerbangan di pagi hari jauh lebih murah dibandingkan siang atau sore hari. Karena orang sangat jarang mengambil penerbangan pada pagi hari.

  1. Gunakan Agen Travel

Agen travel tentu lebih tahu mengenai waktu untuk men­dapatkan jadwal penerbang­an murah. Dengan jasa agen travel, Anda juga tidak perlu repot lagi untuk selalu meman­tau harga tiket pesawat setiap waktu. Anda bisa meminta agen travel untuk membantu dengan syarat harus mem­beli tiket di agen travel yang bersangkutan.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment