Koran Jakarta | July 22 2019
No Comments

Tips Membeli Mobil Secara “Online”

Tips Membeli Mobil Secara “Online”
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, apa saja yang ha­rus diperhatikan saat membeli mobile secara online?

Jawaban:

Sekarang ini mobil ter­masuk hal yang bisa dibilang dibutuhkan banyak orang. Har­ga mobil juga sudah lebih ber­variatif, bahkan kurang dari Rp 100 juta. Harganya yang murah membuat siapa pun kini sang­gup untuk membelinya.

Pada umumnya, orang-orang membeli mobil secara langsung, yaitu dengan me­ngunjungi dealer atau show­room mobil. Namun, sebagian orang lebih memilih untuk membeli mobil secara online karena dianggap lebih praktis.

Bagi Anda yang ingin mem­beli mobil secara online, inilah tips yang perlu Anda ketahui seperti dikutip dari Cermati. com:

  1. Lakukan Pencarian

Langkah pertama yang ha­rus dilakukan adalah mencari situs jual mobil online yang tepat. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali situs jual mobil online. Melakukan pencarian merupakan suatu keharusan sebelum akhirnya memutus­kan untuk mengunjungi dealer yang bersangkutan.

Selain menghemat waktu, Anda juga akan menghemat tenaga dan bensin. Carilah dua atau tiga website jual mobil online terbaik yang sesuai dengan mobil yang Anda inginkan. Setelah itu, bandingkanlah harga yang ditawarkan dari setiap website untuk mendapatkan harga yang paling murah.

Jangan lupa pula untuk membandingkan bodi mobil dan setiap spesifikasinya. Har­ga yang ditawarkan tergantung pada spesifikasi dari mobil tersebut. Apabila performa mobil masih bagus, sudah pasti harganya lebih mahal diban­dingkan dengan mobil lainnya.

  1. Lakukan Negosiasi

Tidak semua harga yang tertera pada website yang ber­sangkutan merupakan harga net dari mobil yang dijual. Beberapa dealer memperbo­lehkan calon pembeli untuk melakukan negosiasi harga. Apabila mobil yang Anda inginkan masih bisa ditawar, buatlah penawaran terbaik yang menguntungkan bagi ke­dua belah pihak.

Negosiasi dalam jual beli mobil tidaklah sama dengan negosiasi di pasar. Penurunan harga biasanya tidak terlalu jauh dari harga yang tertera sebelumnya. Misalnya, har­ga sebelumnya Rp 100 juta, kemungkinan harga netnya menjadi Rp 95 juta.

  1. Kunjungi Dealer yang Ber­sangkutan

Setelah Anda dan dealer menyepakati harga mobil, kini saatnya untuk mengunjungi dealer yang bersangkutan. Pada poin ini, perlu dilakukan pemeriksaan mobil secara keseluruhan, terutama bagian mesinnya. Setelah itu, lakukan test drive untuk membuktikan apakah performa mobil sesuai dengan deskripsi atau tidak.

Apabila Anda menemu­kan kendala, laporkan kepada dealer untuk segera ditindak­lanjuti. Apabila kondisi dan performa mobil telah sesuai dengan yang diinginkan, Anda boleh membawa pulang mobil tersebut setelah menyelesaikan pembayaran.

  1. Minta Bantuan Pihak Ketiga

Apabila Anda tidak punya waktu untuk mengujungi dealer, mintalah bantuan pihak ketiga untuk mengecek kondisi mobil secara keseluruhan. Sebaiknya, pihak ketiga yang dipilih paham betul tentang otomotif agar dapat menilai performa mobil secara teliti hingga ke aspek terkecil seka­lipun.

Anda juga bisa menggu­nakan jasa mekanik setem­pat untuk mengecek kondisi mobil. Akan tetapi, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa sang mekanik selama proses pengecekan. Biaya pengiriman hanya akan dibayarkan ketika jarak antara dealer dan Anda berjauhan.

Biaya yang dibayarkan biasanya tergantung pada jauh dekatnya jarak dan jenis dari mobil itu sendiri. Mobil yang masuk kategori mobil mewah memiliki biaya kirim yang cu­kup tinggi.

Sebaiknya, Anda mena­nyakan betul perihal biaya pengiriman ini dengan baik. Berhubung karena mobil bukanlah barang murahan, pilihlah jasa pengiriman yang aman dan terpercaya. Guna­kan jasa pengiriman terbaik di kota Anda agar mobil dapat sampai dengan selamat ke tujuan.

Lebih Teliti Ketika Membeli Mobil Online

Itulah poin penting yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil online. Karena pembeliannya secara online, Anda perlu ketelitian ekstra agar tidak salah pilih dan me­rugi. Semoga bermanfaat!

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment