Upaya Memajukan Hortikultura Indramayu | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 11 2019
No Comments
Agro Wisata Situ Bolang

Upaya Memajukan Hortikultura Indramayu

Upaya Memajukan Hortikultura Indramayu

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Agro Wisata Situ Bolang (AWSB) ini merupakan suatu objek wisata yang unik karena bunga, buah, dan tumbuhan yang biasa berbuah di dataran tinggi, ternyata bisa hidup di dataran rendah.

Hal yang sangat luar biasa yakni keberadaan mangga Agrimania yang merupakan mangga khas Indramayu menjadi mangga terbaik di Indonesia ada di tempat itu.

“Saya harap, mangga Agrimania yang menjadi mangga terbaik di Indonesia ini bisa menjadi ikon di tempat ini. Selain itu, berharap an­eka jenis mangga lainnya bisa juga ditampilkan,” ungkap Wakil Bupati Indramayu H Taufik Hidayat.

Taufik menambahkan, Pemkab Indramayu akan melengkapi berb­agai kekurangan fasilitas yang akan masuk ke AWSB ini seperti jalan, dan pendukung lainnya.

Sementara itu H Urip, yang merupakan penggagas AWSB men­gatakan, selain wahana rekreasi dan edukasi, AWSB merupakan upaya untuk memajukan hortikul­tura di Kabupaten Indramayu.

“Sebelum diresmikan pengun­jung sudah ramai, bahkan setiap bulan sudah banyak kelompok anak sekolah, mahasiswa, dan kelompok petani dari Jawa, Kali­mantan, dan Bali berdatangan ke AWSB,” tutupnya.

Indramayu berbatasan langsung dengan Laut utara Jawa. Kabupaten ini konon terbentuk dari cerita leg­enda tentang Raden Arya Wiralo­dra dan Nyi Endang Dharma Ayu. Berikut beberapa fakta tentang Kabupaten Indramayu.

  1. Jalur Pantura

Indramayu dilalui jalur Pantai Utara (pantura). Jalur ini melintasi kecamatan- kecamatan di bagian utara Indramayu, seperti Patrol, Kandanghaur, Losarang. Jalur pantura ini adalah salah satu fak­tor yang menyebabkan Indramayu menjadi kota yang ramai. Dan itu memberi manfaat pada Indramayu mengenai kemudahan akses dan perekonomiannya, misalnya men­jadi tempat singgah para pemudik. Ini memberikan penduduk lapan­gan kerja meskipun hanya semen­tara, misalnya jasa bengkel, klinik pantura, dan membuka warteg.

  1. Kota Mangga

Indramayu terkenal karena mangganya yang ‘tak habis-habis’ , dan juga menjadi ‘surganya’ mang­ga. Karena banyak bermacam jenis varietas mangga yang merupakan khas Indramayu. Misalnya:

  1. Mangga Gedong GincuDi antara jenis mangga Indra­mayu yang lain, jenis inilah yang paling banyak dicari. Warna kulitnya yang mempesona, yaitu dominasi warna merah, oranye , kuning , dan sedikit hijau. Serta daging buahnya yang mayori­tas berasa manis tanpa asam (namun kadang ada juga yang asam). Meski harganya mahal, mangga ini sering dicari khusus­nya untuk oleh-oleh.
  2. Mangga GajahSeperti namanya, jenis ini berukuran sangat besar (diband­ingkan dengan jenis lainnya). Mangga ini banyak diminati orang karena daging buahnya banyak dan manis.
  3. Mangga CengkirMangga jenis ini mirip harum ma­nis, bedanya kulit mangga cengkir lebih tebal sehingga membuatnya tahan benturan serta tahan lama dalam penyimpanan.
  4. Mangga Harum manisJenis buah mangga yang satu ini dinamai Harum dan Manis sebab memang kedua kata tersebut mewakili kualitasnya. Buah ini memang memiliki bau yang khas dan manis. Rasanya merupakan percampuran manis dan asam.
  1. Kota Minyak

Indramayu terkenal sebagai kota minyak, namun bukanlah tempat pengeboran minyak tapi sebagai tempat pengolahan min­yak, dari minyak mentah menjadi produk-produk seperti bensin dan solar. Dan pusatnya di Kecamatan Balongan.

  1. Basa Dermayu

Berbeda dengan kota-kota di Jawa Barat yang lain, Indramayu dan Cirebon bukanlah Tanah Pa­sundan dan menggunakan Bahasa Sunda. Sebagian besar penduduk Indramayu mempergunakan Baha­sa Jawa Cirebon dialek Indramayu, masyarakat setempat menyebut­nya dengan Basa Dermayon, yakni dialek Bahasa Jawa Cirebon yang hampir serupa dengan Bahasa Jawa Cirebon yang dipergunakan di wilayah pusat Keraton Cirebon di Kota Cirebon. pur/R-1

Tradisi yang Masih Dilestarikan

Indramayu merupakan salah satu kabupaten yang masih mempertahankan tradisi den­gan sangat kuat. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Mapag Sri

Hasil gambar untuk mapag sri

Pesta rakyat Mapag Dewi Sri ini, menurut kepercayaan masyarakat setempat merupakan kegiatan yang wajib diadakan setiap tahun. Konon pada 1970-an kegiatan ini pernah tidak dilaksanakan karena hasil panen sedikit, karena tidak dilaksanakannya pesta rakyat Mapag Dewi Sri akibatnya banyak masyarakat setempat yang sakit. Semenjak kejadian itu, sekecil apa­pun hasil panen yang diperoleh, pesta rakyat Mapag Dewi Sri tetap dilaksanakan.

2.Ngarot

Hasil gambar untuk ngarot

Tradisi ini hanya diikut pemuda-pemudi yang masih perawan dan perjaka. Tradisi Ngarot bermaksud mengumpul­kan para pemuda-pemudi yang akan diberi tugas bertani. Inti­nya para pemuda-pemudi akan saling bekerja sama dan gotong royong mengolah sawah. Tradisi Ngarot bertujuan untuk membina pergaulan yang sehat, agar saling mengenal, saling menyesuaikan sikap, kehendak, tingkah laku, yang sesuai dengan adat budaya.

  1. Cimplo Tolak Bala

Bagi penduduk asli Kabupaten Indramayu, yang hingga kini ma­sih patuh terhadap adat istiadat nenek moyang, memasuki bulan Safar atau sebutan bulan bala oleh penduduk setempat selalu syuku­ran dengan membuat kue Cimplo (sejenis apem yang terbuat dari tepung beras dicampur ragi) setiap bulan Bala (Jawa) atau bulan Safar (Islam). Bulan Safar atau Bala juga bertepatan dengan musim tanam padi oleh mayoritas penduduk Indramayu, sehingga dengan syukuran semacam itu semoga masyarakat Indramayu subur dan makmur atas ridho Allah SWT.

  1. Sintren

Hasil gambar untuk sintren

Di Indramayu, kesenian Sintren dipentaskan pada acara-acara ter­tentu, misalkan hajatan atau syu­kuran, atau pentas seni tradisional. Dahulu ada pentas seni Sintren yang berkeliling kampung, namun sekarang sangat sulit untuk dite­mukan karena semakin tergeser oleh pentas dan hiburan modern.

  1. Tarling

Tarling merupakan seni musik dan lagu yang pada awalnya dit­ampilkan dalam bentuk nyanyian (kiser) yang diiringi gitar dan sul­ing saja. Sejalan dengan perkem­bangan zaman, kesenianTarling mengalami perkembangan dan perubahan yang cepat. Saat ini Tarling sudah dilengkapi dengan alat-alat musik modern. Kendati demikian Tarling klasik masih banyak diminati wisatawan.

  1. Gadis Indramayu

Kecantikan gadis Indramayu sudah terkenal sejak dulu. Karena kecantikannya itulah banyak kaum Adam yang datang atau mencari gadis yang berasal Indramayu. Mer­eka terpesona dengan kecantikan gadis Indramayu yang alami, sopan dan telaten sehingga disukai pria.

Kecantikan gadis Indramayu sebenarnya sudah turunan dari za­man dahulu. Penyebabnya, gadis Indramayu merupakan keturunan Nyi Endang Dharma yang cantik jelita.Kemudian, gadis Indramayu jarang terkena sinar matahari. Mereka sering berdiam dan mem­bantu di rumah, dan tidak diwajib­kan untuk membantu ke sawah. pur/R-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment