Warga Talaud Meminta Kepastian | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 11 2019
No Comments
Pelantikan Bupati Terpilih

Warga Talaud Meminta Kepastian

Warga Talaud Meminta Kepastian

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Hingga kini pasangan Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih Elly E Lasut dan Moktar A Parapaga belum juga dilantik. Padahal, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo telah mengeluarkan SK pengesahan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Talaud. Tapi Gubernur Sulawesi Utara belum juga melantiknya. Warga Talaud pun sudah mendesak, kapan kepastian pelantikan dilakukan.

Wakil Bupati Talaud terpilih, Moktar A Parapaga, di Jakarta, Selasa (15/0). Menurut Moktar, saat ini masyarakat Talaud bertanya-tanya kenapa pelantikan tidak juga dilakukan. Ia pun berharap, dirinya dengan Bupati terpilih segera dilantik. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo diharapkan bisa mendorong pelantikan secepatnya dilakukan.

“Kami mohon secepat mungkin, bulan Oktober ini Bapak Mendagri Tjahjo Kumolo bisa melantik. Hari apapun, jam berapapun, kalau bisa sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Karena kami hasil Pilkada Serentak 2018 di era pemerintahan Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla,” katanya.

Apalagi lanjut Moktar, Mendagri telah menerbitkan SK Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Wabup Talaud Nomor 131.71-2750 dan Nomor 132.71-2751 tertanggal 1 Juli 2019. Tidak hanya itu, Mendagri juga telah mengeluarkan surat dengan Nomor 131.71/7419/SJ kepada Gubernur Sulut pada 5 Agustus 2019 yang meminta gubernur segera melantik. ”Sayangnya, Gubernur Sulut tetap tidak mau melantik. Tolong Pak Tjahjo selamatkan daerah perbatasan yang merindukan pemimpin daerah definitif,” ujarnya.

Saat ditanya, kenapa Gubernur Sulut tak juga melantik, Moktar menjawab, gubernur berdalih, Elly E Lasut tidak memenuhi syarat sebagai calon bupati. Padahal, KPU telah mengeluarkan surat yang yang menjelaskan Elly Lasut memenuhi syarat.

“Intinya, Pak Elly memenuhi syarat sebagai calon bupati Talaud terpilih tahun 2018. Mahkamah Konstitusi pun tidak mengubah hasil keputusan KPU Talaud yang digugat pasangan calon lainnya,” kata Moktar. ags/AR-3

Tags
Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment