Xi Telepon Jokowi, Tiongkok Siap Bantu Indonesia Atasi Virus Korona | Koran Jakarta
Koran Jakarta | May 28 2020
1 Comment
Hubungan Bilateral

Xi Telepon Jokowi, Tiongkok Siap Bantu Indonesia Atasi Virus Korona

Xi Telepon Jokowi, Tiongkok Siap Bantu Indonesia Atasi Virus Korona

Foto : ANTHONY WALLACE/AFP
Presiden Tiongkok, Xi Jinping
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Presiden Tiong­kok, Xi Jinping, menyatakan pemerintahannya siap mem­berikan dukungan dan ban­tuan kepada Indonesia untuk mengatasi wabah virus korona baru atau Covid-19.

Dalam percakapan telepon dari Beijing dengan Presiden Joko Widodo, Kamis (2/4), Xi menyampaikan keprihatinan­nya mengenai penyebaran virus yang makin meluas ke berbagai negara dan kawasan, termasuk Indonesia.

Atas nama pemerintah dan rakyat Tiongkok, pihaknya me­nyampaikan rasa simpati ke­pada masyarakat Indonesia. Xi mengungkapkan, setelah melalui perjuangan yang be­rat, masyarakat Tiongkok telah keluar dari masa-masa paling kritis. Xi menambahkan bahwa Tiongkok telah mengidentifi­kasi kesulitan-kesulitan yang dialami Indonesia dan berse­dia menawarkan bantuan.

Walau begitu, Xi sangat yakin di bawah kepemimpinan Presi­den Jokowi, Indonesia bisa me­menangi pertempuran melawan wabah mematikan tersebut.

Menurut Xi, dalam mengha­dapi pandemi tersebut, Tiong­kok dan Indonesia telah saling memberikan dukungan sebagai bentuk persahabatan yang men­dalam dengan berbagi suka dan duka serta saling membantu an­tara satu dengan yang lainnya.

Dengan memperhatikan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Tiongkok-Indonesia, Xi menyampaikan keinginan Tiongkok untuk melanjutkan kerja sama yang mendalam de­ngan Indonesia dalam mem­bangun Sabuk Jalan (Belt and Road) dan meningkatkan jalinan kemitraan strategis kedua nega­ra. Presiden Xi juga menekankan pentingnya sinergi yang kokoh sehingga masyarakat internasio­nal mampu menaklukkan epi­demi yang telah menjadi musuh umat manusia di dunia itu.

Pemimpin Pusat Militer Tiongkok (CMC) itu juga meng­ajak Indonesia bekerja sama lebih erat lagi guna mendo­rong negara-negara maju G20 dan masyarakat internasional memainkan perannya dalam mengatasi krisis ekonomi global.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan di bawah kepemimpinan Xi Jinping, ma­syarakat Tiongkok telah mele­wati pencapaian penting dalam memerangi wabah tersebut sehingga dunia dapat belajar darinya. Tidak lupa, Jokowi me­nyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan Tiong­kok kepada Indonesia dalam mengatasi wabah tersebut.

“Bantuan Tiongkok sangat penting bagi Indonesia,” demi­kian pernyataan Jokowi.

Menurut Jokowi, virus ti­dak mengenal batas negara dan telah menjadi musuh ber­sama umat manusia sehingga pihaknya menekankan bahwa Indonesia sangat menentang stigmatisasi dan siap bekerja sama dengan Tiongkok guna memperkuat solidaritas dan kerja sama internasional.

Indonesia, lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, ber­harap dapat bekerja sama de­ngan Tiongkok dan menodo­rong peningkatan hubungan bilateral yang tahun ini sudah berusia 70 tahun.

Sebelumnya, Xi juga mene­lepon Jokowi pada 11 Febru­ari 2020 saat jumlah kematian akibat Covid-19 di Tiongkok tercatat 1.112 orang. Saat itu, Xi menyampaikan terima ka­sih atas bantuan material me­dis yang diberikan Indonesia. Pada saat itu, di Indonesia ma­sih belum ada kasus Covid-19, sedangkan di Tiongkok sudah mencapai 21.675 kasus. Ant/fdl/AR-2

Klik untuk print artikel

View Comments

jessi
Minggu 5/4/2020 | 12:02
Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik Net sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik Net paling best ya guys... <a href="https://dupa88.co/" title="Judi Online Terpercaya" rel="nofollow">Click Disini</a>

Submit a Comment